Pengabdian Kepada Masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Tujuan dari kegiatan ini adalah  untuk membentuk kepribadian mahasiswa yang memiliki jiwa kepedulian terhadap sesama serta mengimplementasikan pengetahuan yang mahasiswa miliki terhadap kehidupan masyarakat.
Pada kondisi pandemi covid 19 ini, pemilik usaha harus tetap memutar otak untuk memastikan keuangan usahanya tetap sehat dan bisa bertahan di masa sulit ini. Oleh karena itu, pelaku usaha dituntut untuk melakukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kinerja penjualan pada masa pandemi covid 19.
Terkait permasalahan tersebut, kami para mahasiswa tertarik untuk melakukan sosialisasi dan pelatihan mengenai "Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan "ULIL BAKERY" Pada Masa Covid 19" dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pelaku usaha terkait pengambilan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kinerja penjualan pada masa covid 19.
Metode yang digunakan dalam kegiatan P(M)KM ini di kemas dalma bentuk mini seminar secara daring melalui google meet tentang strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja penjualan pada masa covid 19 kepada usaha ulil bakery. P(M)KM ini dilakukan pada tanggal 17 Oktober 2021 pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.10 WIB.
Adpun Teknik pelaksanaan P(M)KM diantaranya:
1. Penyampaian Materi Sosialisasi
Penyampaian materi sosialisasi dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Pamulang Akuntansi S1. Peserta di berikan pembekalan materi mengenai beberapa strategi pemasaran yang dapat diambil untuk meningkatkan kinerja penjualan.
2. Kegiatan Sharing
Peserta menceritakan kegiatan usaha serta strategi pemasaran yang di terapkannya dalam usaha.
3. Kegiatan Tanya Jawab
Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya terkait materi yang disampaikan. Dan akan dijawab oleh panitia pelaksana kegiatan.
Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) berupa sosialisasi dan pelatihan mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan kinerja penjualan pada masa covid 19 melalui pemberian materi presentasi yang diikuti oleh 23 peserta termasuk panita dan dosen pembimbing. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai strategi pemasaran yang dapat diambil untuk meningkatkan kinerja penjualan.
PEMBAHASAN
Wabah covid 19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun kini dampaknya telah menyebar keseluruh aspek kehidupan, salah satunya masalah ekonomi. Kondisi pandemi ini dihadapi dengan munculnya insan-insan kreatif yang menciptakan usaha-usaha baru. Pengembangan bisnis mereka lakukan agar bisnis yang mereka miliki mampu bertahan atau bahkan mampu berkembang sehingga tidak hanya bermanfaat bagi pelaku bisnis, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi sesama dengan membuka lapangan pekerjaan baru bagi mereka yang sama-sama terdampak covid 19.
Sederhananya pengembangan bisnis mengacu pada proses, strategi, dan tugas untuk meningkatkan dan memperluas peluang antar jenis usaha yang berbeda. Berbagai macam cara dapat dilakukan dalam pengembangan bisnis. Salah satunya adalah dengan melakukan pemilihan strategi pemasaran yang tepat terkait bisnis.
Strategi pemasaran adalah strategi  yang digunakan oleh perusahaan produsen barang atau jasa secara berkesinambungan untuk memenangkan persaingan pasar secara berkesinambungan. Penetapan strategi pemasaran digunakan untuk mencapai sasaran pemasaran. Salah satunya dengan melakukan pengembangan pasar.
Pengembangan pasar merupakan sebuah usaha yang dilakukan dalam meningkatkan penjualan dari hasil produk yang dihasilkan. Melalui pengembangan pasar, kita dapat meningkatkan pertumbuhan produktivitas perusahaan. Pengembangan pasar dapat diartikan sebagai strategi pertumbuhan dengan menarik lebih banyak pelanggan baru untuk produk yang sudah ada.
Pengembangan pasar dapat dilakukan dengan membuka cabang sendiri, saat bisnis dirasa sudah berjalan dengan stabil dan menghasilkan keuntungan yang cukup banyak, membuka cabang merupakan salah satu pilihan tepat untuk mengembangkan bisnis agar menjadi semakin besar. Artinya dengan membuka cabang baru, kita dapat menembus pasar yang lebih luas.
Selain membuka cabang baru, franchise/waralaba juga merupakan strategi yang tepat jika ingin usaha kita menembus pasar yang lebih luas. Franchise/ waralaba adalah hak khusus yang dimiliki perorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.
Strategi pemasaran yang dapat dilakukan berikutnya adalah reseller dan dropshipper. Reseller adalah orang yang mejual kembali produk dari pihak supplier kepada konsumen. Untuk menjadi seorang reseller, kita harus mengeluarkan modal sendiri, dan membeli produk langsung kepada supplier. Dan sebagai reseller, kita juga harus menyetok barang terlebih dahulu. Sementara dropshipper adalah orang yang menjual suatu produk dari supplier namun tidak menyetok barang terlebih dahulu. Dropshipper hanya menjual kepada konsumen dengan memperlihatkan gambar produk.
Pengembangan produk juga merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan. Pengembangan produk dapat dilakukan dengan cara seperti menambah rasa, bentuk, maupun kemasan yang berbeda dari pesaing dengan bisnis serupa.
Kemudian, strategi pemasaran yang sekarang banyak dilakukan adalah dengan menggunakan media internet. Promosi ini dapat dilakukan dengan menggunakan media internet seperti facebook, twitter, instagram, blog, dll. Dengan media intenet juga kita dapat memperluas binis tanpa harus membuka cabang usaha yang terbilang cukup mengeluarkan modal yang tidak sedikit. Cukup dari rumah, kita dapat memperluas cakupan bisnis yang ada.
Dan strategi yang paling sederhana ialah promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini terbilang sederhana karena kita hanya perlu bercerita dengan teman-teman atau kerabat terkait produk dari bisnis yang kita jalankan. Sehingga, secara tidak langsung kita dapat memperuas bisnis kita kepada masyarakat umum.
KESIMPULAN
Pada masa covid 19 seperti sekarang ini, kita perlu berpikir out of the box dalam melihat peluang bisnis yang ada. Menjalankan bisnis seperti biasa tanpa beradaptasi terhadap keadaan pasar seperti sekarang bisa jadi merugikan bisnis yang kita jalankan. Oleh karena itu pentingnya melakukan strategi yang tepat agar dapat bertahan atau bahkan memperluas bisnis.
Dengan adanya strategi pemasaran, kita dapat meningkatkan penjualan kita dengan mempromosikan produk kita baik dari mulut kemulut, dengan media internet, pengembangan produk, atau dengan pengembangan pasar seperti buka cabang, franchise, atau sistem reseller dan dropshipper. Agar bisnis kita dapat mencakup pasar yang lebih luas.
UCAPANÂ TERIMAKASIH
Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya:
Kepada Ibu Purwatiningsih, S.Pd., M.M. selaku dosen pembimbing kegiatan P(M)KM.
Kepada Ibu Juitania, M.Pd., S.Pd., selaku koordinator PKM mahasiswa.
Kepada Ibu Silvia Sari, S.P., M.Si.
Kepada Bapak Widayat, S.E., M.M.
Kepada Bapak Ruruh Dyatmiko, S.E., M.M., Ak., C.A.
Kepada Bapak Ali Munif selaku pemilik usaha Ulil Bakery.
Kepada Bapak Mumuh Muhammad Ikhsan selaku perwakilan dari pabrik tahu.
Kepada Ibu Yeti Nurhayati beserta Ibu-ibu PKK Kelurahan Kebon Besar -- Tangerang.
Serta kepada seluruh peserta dan panitia kegiatan P(M)KM yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.
REFERENSI
- LPT_YAI. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Ditinjau Dari Bauran Pemasaran Untuk Menunjang Perekonomian Di Era Digital Pada Masa Pandemi. MITRA K diakses dari https://www..yai.ac.id/index.php/gallery/strategi-pemasaran-umkm-ditinjau-dari-bauran-pemasaran-untuk-menunjang-perekonomian-di-era-digital-p
- Ihsan, Alfian. Pentingnya Pengembangan Bisnis Bagi Pengusaha,Yuk Simak Ulasannya diakses dari https://www.folderbisnis.com/pentingnya-mengembangkan-bisnis
- STIE TRISAKTI. Pentingnya Pengembangan Bisnis Dalam Wirausaha diakses dari https://www.tsm.ac.id/pentingnya-pengembangan-bisnis-dalam-wirausaha/
- Wikipedia. Pengebangan Pasar. diakses dari https://id.m.wikipedia.ord/wiki/pengembangan_pasar
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H