Assalamualaikum wr.wb
Bagaimana kawan, hari ini saya harapkan kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT, aamiin
Pada kesempatan kali ini saya akan  menuangkan aksi nyata saya pada pembelajaran MODUl 1.3 Visi Guru Penggerak.
Tujuan Pembelajaran Khusus: Calon Guru Penggerak mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.
Pada modul 1.3 ini, para Calon Guru Penggerak mendapat tugas merevisi dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. Penerapan Aksi Nyata ini bukan semata penugasan modul Program Pendidikan Guru Penggerak, melainkan sebuah praktik dalam pengembangan profesi berkelanjutan.
Latar Belakang
Terilhami tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, yang dapat diartikan  bahwa Pendidikan sejatinya adalah menuntun anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya sehingga mereka bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya untuk dapat bersosialisasi dalam masyarakat di era globalisasi abad 21 ini tanpa meninggalkan kultur budaya pada lingkungan sendiri.
Latar Belakang Aksi Nyata
Melalui pendekatan Inquiry Apresiatif, saya mencoba mmerumuskan visi Guru Penggerak dan mencoba untuk mengejawantahkan visi tersebut melalui Prakarsa perubahan diri.
Visi:
Mewujudkan Murid yang berkualitas memiliki daya saing tinggi dengan menguatkan profil pelajar Pancasila.
Aksi Nyata
Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Mandiri dan Kreatif melalui pembiasaan positif di sekolah.
Prakarsa Perubahan Diri
Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila dengan berupaya menumbuhkan kaarakter disiplin, penuh semangat, dan motivasi yang tinggi, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan keaktifan murid melalui pembiasaan-pembiasaan positif dalam pembelajaran yang benar-benar berpihak kepada murid di SMA N 1 OKU
Aksi Nyata
Assalamualaikum wr.wb
Bagaimana kawan, hari ini saya harapkan kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT, aamiin
Pada kesempatan kali ini saya akan  menuangkan aksi nyata saya pada pembelajaran MODUl 1.3 Visi Guru Penggerak.
Tujuan Pembelajaran Khusus: Calon Guru Penggerak mampu menjalankan rencana manajemen perubahan yang telah dibuat.
Pada modul 1.3 ini, para Calon Guru Penggerak mendapat tugas merevisi dan mengeksekusi rancangan BAGJA untuk prakarsa perubahan diri yang sudah dibuat pada tahap Demonstrasi Kontekstual. Penerapan Aksi Nyata ini bukan semata penugasan modul Program Pendidikan Guru Penggerak, melainkan sebuah praktik dalam pengembangan profesi berkelanjutan.
Latar Belakang
Terilhami tujuan pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, yang dapat diartikan  bahwa Pendidikan sejatinya adalah menuntun anak mencapai kekuatan kodratnya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya sehingga mereka bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya untuk dapat bersosialisasi dalam masyarakat di era globalisasi abad 21 ini tanpa meninggalkan kultur budaya pada lingkungan sendiri.
Latar Belakang Aksi Nyata
Melalui pendekatan Inquiry Apresiatif, saya mencoba mmerumuskan visi Guru Penggerak dan mencoba untuk mengejawantahkan visi tersebut melalui Prakarsa perubahan diri.
Visi:
Mewujudkan Murid yang berkualitas memiliki daya saing tinggi dengan menguatkan profil pelajar Pancasila.
Aksi Nyata
Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi Mandiri dan Kreatif melalui pembiasaan positif di sekolah.
Prakarsa Perubahan Diri
Mengembangkan Kemandirian Murid yang Berprofil Pelajar Pancasila dengan berupaya menumbuhkan kaarakter disiplin, penuh semangat, dan motivasi yang tinggi, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan keaktifan murid melalui pembiasaan-pembiasaan positif dalam pembelajaran yang benar-benar berpihak kepada murid di SMA N 1 OKU
Aksi Nyata
2. Pembiasaan Disiplin Positif (Hadir tepat waktu, budaya antre, 5S,m mengaji dan literasi jam ke 0; pojok baca, pohon literasi dan kesepakatan kelas)
3. Pemberian motivasi dan semangat untuk menumbuhkan motivasi intrinsic
  Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk menumbuhkan kecintaan dan motivasi belajar
4. . Menumbuhkan karakter mandiri dan gotong-royong melalui kerja kelompok, diskusi, tugas kelompok.
5. Menumbuhkan karakter mandiri dan percaya diri melalui kegiatan presentasi dan seluruh siswa diberi kesempatan untuk tampil.
Refleksi:
Pada tahap refleksi, saya menuliskan pada jurnal refleksi mengenai pengalaman, perasaan, dan pembelajaran apa yang saya dapatkan dalam kegiatan aksi nyata. Saya juga membuat Tindak lanjut apa yang akan saya perbaiki dan perlu saya tingkatkan dari aksi nyata yang sudah saya lakukan.
Cukup sekian, semoga dapat menginspirasi, wassalamualaikum wr.wb