Mohon tunggu...
Eis Nina Marlina
Eis Nina Marlina Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMA N 1 OKU

saya pribadi yang suka menulis dan belajar, kenal saya akan banyak tertawa....

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul 1.1.a.9 Aksi Nyata Penerapan Modul 1.1

11 November 2022   20:55 Diperbarui: 11 November 2022   21:21 1218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
kolaborasi dengan canva 

Assalamualaikum wr.wb

Hello.. hello 

Para pemerhati dan penggiat pendidikan, kali ini izinkan saya eis nina marlina calon guru penggerak angkatan 7 dari SMA N 1 OKU mencoba mendokumentasikan kontribusi nyata penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di kelas dan sekolah sebagai pusat pengembangan karakter.

Setelah mempelajari modul 1.1 Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan yang menuntun anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman, maka saya coba menerapkannya di kelas saya.

A. Latar belakang tentang situasi yang dihadapi oleh Calon Guru Penggerak

Saya mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris, Menurut Zaim (2016) di dalam konsep pembelajaran bahasa, ada empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasi oleh seorang pembelajar bahasa, yaitu keterampilan berbicara, keterampilan mendengarkan, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. .

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, siswa diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran untuk memahami pengetahuan Bahasa Inggris dengan caranya sendiri. Berdasarkan hasil pengamatan saya selama mengajar, ada beberapa hal yang menjadi masalah penting, antara lain: beberapa siswa sudah tertanam di mindset-nya "English is Problem", siswa takut mengekspresikan pencapaian kompetensi terutama di menulis dan berbicara. Akhirnya kelas menjadi pasif selain itu nilai socio cultural Kabupaten OKU yaitu Sebimbing Sekundang belum terintegrasi secara menyeluruh dalam pembelajaran sehingga di dalam proses pembelajaran nilai karakternya belum tertanam dengan baik dalam dirinya. Selain itu siswa merasa bosan dan jenuh tidak termotivasi dalam pembelajaran, mereka memerlukan media pembelajaran yang sesuai kodrat zamannya, yang setiap hari bersentuhan dengan android.

Menurut Asyhar (2012:44-45)) media pembelajaran Multimedia yaitu media yang melibatkan beberapa jenis media dan peralatan secara terintegrasi dalam suatu proses atau kegiatan pembelajaran. Pembelajaran multimedia melibatkan indera penglihatan dan pendengaran melalui media teks, visual diam, visual gerak, dan audio serta media interaktif berbasis komputer dan teknologi komunikasi dan informasi

Oleh karena itu saya mencoba menerapkan pendidikan menurut KHD yaitu menuntun anak sesuai dengan kodrat alam dan zamannya, yaitu bermain dan pembelajaran yang terintegrasi dengan TIK atau ketrampilan abad 21 berupa penggunaan   media pembelajaran multi media.

B. Deskripsi Aksi Nyata yang dilakukan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun