Mohon tunggu...
Melati Egi
Melati Egi Mohon Tunggu... Lainnya - trust your self

Hidupku hidupku. hidupmu hidupmu. jadi lakukan apa yang kamu bisa, dan jangan pernah merendahkan seseorang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi

20 Maret 2019   19:13 Diperbarui: 3 Juli 2021   04:36 7408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi (unsplash/annie spratt)

"Sistem informasi manajemen dipergunakan dengan bantuan teknologi informasi berbasis computer, yang memudahkan segala aktivitas dalam proses maupun mengakses informasi."

MAKALAH
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAN ORGANISASI IAIN JEMBER
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah sistem informasi manajemen

Kata pengantar

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang "sistem informasi manajemen dan organisasi icis ". 

Dan juga kami berterimakasih pada Ibu Nur Aini Mayasiana.SAP,M.si, selaku Dosen mata kuliah sistem informasi manajen yang telah memberikan tugas makalah kelompok.

Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita.kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. 

Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.

Semoga makalah  sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi saya maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami memohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan.

Jember, 17 maret 2019
penullis

Daftar isi
Kata pengantar
Daftar isi
BAB I Pendahuluan
Latar Belakang
Rumusan Masalah
Tujuan Makalah
BAB II Pembahasan
Pengertian sistem informasi manajemen menurut beberapa ahli
Peran sistem informasi manajemen dalam organisasi
Tujuan sistem informasi manajemen dalam organisasi
BAB II Penutup
Kesimpulan
Daftar pustaka

Bab 1
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Meningkatnya penggunaan system informasi telah memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk memperoleh informasi. Informasi sendiri merupakan salah satuhal yang harus dipenuhi oleh umat manusia karena merupakan kebutuhan utama, tanpa adanya informasi sangat sulit bagi manusia atau sebuah organisasi untuk mengambil suatu keputusan.

Sistem informasi manajemen dipergunakan dengan bantuan teknologi informasi berbasis computer, yang memudahkan segala aktivitas dalam proses maupun mengakses informasi.

Dalam suatu perusahaan atau organisasi peran system organisasi manajemen lebih diperlukan karena dapat mengumpulkan data dan informasi secara cepat dengan hasil yang besar dan hasilnya pun lebih besar dan akurat dan berkualitas.

Baca juga : Ancaman Terhadap Teknologi Sistem Informasi

Rumusan Masalah
Apa pengertian sistem informasi manajemen menurut beberapa ahli ?
Bagaimana peran sistem informasi manajemen dalam organisasi ?
Bagaimana tujuan dan fungsi sistem informasi manajemen dalam organisasi ?

Tujuan Makalah
Untuk mengetahui pengertian sistem informasi manajemen menurut beberapa ahli
Untuk mengetahui peran sistem informasi manajemen dalam organisasi
Untuk mengetahui tujuan dan fungsi sistem informasi manajemen dalam organisasi

BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Konsep sistem

Sistem adalah hubungan satu unit dengan unit-unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lainnya dan yang tidak dapat dipisahkan serta menuju suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang di tetapkan. 

Organisasi adalah tempat sumber daya manusia bekrja sama dan berinteraksi untuk meresialisasikan formulasi tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, sebuah sistem dengan sendirinya sangat rumit. 

Dalam suatu sistem, manajer memiliki suatu rangka pemikiran dan sistem juga dapat membantu mengatasi keruwetan sistem yang ada.

Konsep informasi

Informasi adalah segala sesuatu keterangan yang bermanfaat untuk para pengambil keputusan/manajer dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Baca juga : Manfaat Sistem Informasi Akuntansi pada Usaha Laundry di Pandemi Covid-19

Konsep manajemen

Manajemen adalah proses kerja sama antaradua orang bahkan lebih untuk mencapai tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan. Manajemen adalah proses perencanaan, perorganisasian, pemimpinan, dan pengawasan dalam rangka untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 

Manajemen adalah mendapatkan sesuatu melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

Secara keseluruhan sistem informasi manajemen memiliki arti adalah sebuah sistem informasi yang selain melakukan pengelolaan transaksi yang sangat berguna untuk kepentingan organisasi, juga banyak memberikan dukungan informasi dan pengelolaan untuk fungsi manajemen dalam pengambilan keputusan.

Secara historis , gagasan sebuah sistem informasi tidak dikenal sebelum munculnya konputer. Akan tetapi, komputer telah banyak memberikan dampak dengan terwujudnya gagasan tersebut menjadi realiltas. 

Organisasi dalam segala motif selalu membutuhkan sistem-sistem untuk mengklarifikasi, mengelola, menyimpan, melihat kembali dan mendistribusikan informasi.

Baca juga : Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan

Sistem informasi manajemen secara umum dapat dikatakan sebagai sebuah sistem manusia dan mesin yang terintegrasi dalam menyampaikan informasi guna mendukung fungsi operasi manajemen dan penentuan alternatif tindakan dalam sebuah organisasi sistem tersebut.

Selain definisi sistem informasi diatas, ada beberapa penjelasan menurut para ahli;

Gordon B. Davis (1984 : 6). Sistem informasi manajemen adalah sebuah kesatuan, sistem mesin pengguna yang terintegrasi dalam memrikan informasi untuk mendukung operasi, manajemen, dan fungsi pembuatan keputusan dalam suatu organisasi.

James A. O'Brien (1999:9). Sistem informasi adalah sebuah perpaduan orang-orang, perangkat keras. Perangkat lunak, jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi pada sebuah organisasi

Raymond McLeod Jr (1995:5). Manajer membuang informasi yang sudah kadaluarsa dan menggatinya dengan informasi terkini dan akurat.
peran sistem informasi manajemen dalam organisasi

Saat ini informasi teknologi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-har sebagimana teknologi sudah mnejadi hal yang tidak asing lagi. Sistem informasi mempunyai tiga tugas utama dalam sebuah organisasi, yaitu : mendukung kegiatan-kegiatan usaha/oprasional, mendukung pengambilan keputusan manajemen dan mendukung persaingan keuntungan strategis. 

Secara teknis komputer bukan persyaratan yang harus bagi sebuah sistem informasi, tetapi dalam adanya praktik sistem informasi ini baik yang menggunakan komputer atau tidak itu cuma bantuan kemampuan pemprosesan informasi komputer saja. Tapi alangkah baiknya agar pemprosesan dalam organisasin itu mudah , dan lebih baik menggunakan komputer.

Tujuan dan  fungsi  sistem informasi manajemen dalam organisasi

Tujuan informasi dalam organisasi

Teknologi  informasi banyak membawa perubahan dalam organisasi, teknologi informasi merupakan suatu kebutuhan bagi organisasi yang dapat membantu kinerja organisasi dan individu.

Pengumpulan data dapat menyediakan informasi yang bisa mendukung pengambilan keputusan

Informasi berguna dalam perencanaan, pengendalian, evaluasi, dan juga perbaikan lanjutan.

Sistem informasi digunakan sebagai dasar perhitungan harga  produk, jasa maupun tujuan lainnya yang diinginkan manajemen.

Fungsi informasi dalam organisasi

Manajemen sistem informasi memiliki fungsi utama yang harus bermanfaat
dalam operasional suatu organisasi, diantaranya :

Mempermudah manajer untuk merencakan, mengawasi, mengarahkan dan mendelegasikan pekerjaan kepada semua anggota tim melalui hubungan satu komando atau koordinasi.

Data yang tersaji menjadi lebih efektif dan efisien serta lebih akurat dan tepat

Dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas namun menurunkan biaya organisasi.

Melalui sistem kerja yang terkoordinir dengan baik dan sistematis dapat meningkatkan kuaitas sumber daya manusia.
cara mengolah data dalam organisasi.

Oleh kelompok 4 :
Egi melati sukma : E20171029
Qomariatul fitriyah : E20171002
Lailatus sakdiyah : E20171024
Dosen pengampu :
Nur Aini Mayasiana.SAP.M,si

PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER
TAHUN AJARAN 2018-2019

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun