Zaman sekarang siapa sih yang belum pernah membeli barang atau menerima kiriman barang, hampir bisa dipastikan banyak orang yang mengalaminya atau bahkan rutinitas membeli dan menerima barang justru menjadi bagian dari kesehariannya.
Perkembangan teknologi secara pasti terus berkembang seiring kebutuhan manusia akan kenyamanan dan kemudahan masih ada. Perkembangan teknologi telah melahirkan banyak inovasi termasuk dalam sektor perekonomian.
Jika dahulu rutinitas jual-beli dilakukan secara konvensional, kini teknologi telah memudahkan proses jual-beli. Kehadiran platform e-commerce dan media sosial yang memicu banyak lajirnya pelaku-pelaku usaha baru bermunculan. Teknologi telah membuat proses jual-beli dari para pelaku usaha baru itu beralih menjadi online.Â
Dengan bermunculannya para pelaku usaha  dan transaksi jual-beli online yang mengalami pertumbuhan pesat membuat jasa pengiriman barang mendapatkan tempatnya. Jika dulu misalnya pengiriman barang belum terlalu masif, tapi dengan pertumbuhan jual-beli online membuat pengiriman barang menjadi sangat masif.
Bisa dikatakan bahwa hilir-mudik pengiriman barang tidak pernah berhenti setiap harinya pasti ada saja orang yang mengirimkan barang menggunakan jasa pengiriman barang atau mungkin saja aktivitas ekonomi ini terjadi bahkan setiap jam atau menit. Baik melalui jalur darat, laut dan udara. Banyak aplikasi e-commerce yang menjadikan J&T Ekspress sebagai salah satu pilihan jasa pengiriman barang yang dijual di tempat mereka.
Tidak mudah pastinya menjadi jembatan penghubung dalam proses pengiriman barang dari pengirim ke penerima barang. Ada banyak aspek yang membutuhkan perhatian dan kehati-hatian mulai dari waktu, jarak tempuh menuju lokasi penerima, moda transportasi yang digunakan, akses jalan, keamanan, dan lain sebagainya.
Satu sisi sebagai konsumen saya pribadi harus memaklumi proses pengiriman barang tidak mudah, dengan biaya yang murah mungkin tidak sebanding dengan perjuangan para kurir menuju lokasi. Belum lagi jika melihat aspek keamanan dan jarak tempuh misalnya biaya pesawat yang cukup mahal.Â
Kenyataannya ongkos kirim yang kita bayarkan tidak akan pernah  sebanding dengan biaya jika kita secara langsung pergi sendiri mengirimkann barang tersebut menggunakan trasportasi moda apa saja.
Logistik di Era Industri 4.0 memang sudah harus memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk memaksimalkan kinerja dan pelayanannya. Hal ini juga telah dilakukan oleh J&T Ekspress melalui beragam inovasinya. Kini, untuk mempermudah konsumen saat akan atau saat menunggu barang, J&T Ekspress sudah menghadirkan aplikasi J&T Ekspress yang bisa diunduh di gawai konsumen.
Aplikasi ini hemat penulis perlu terus disempurnakan sehingga konsumen dapat menggunakannya secara maksimal. Misalnya saja ada notifikasi atau misalnya pihak customer service menghubungi pengirim atau penerima jika terjadi keterlambatan dalam proses pengiriman barang sehingga konsumen akan mengetahui kendala apa yang membuat barangnya terlambat dan bisa memahaminya.Â
J&T Ekspress sendiri selama ini telah menerapkan sistem e-tracking sistem yang biasanya berupa sms yang dikirimkan kepada pengirim barang setelah melakukan pengiriman barang berupa nomor resi dan status pengiriman.
Kepercayaan konsumen adalah sesuatu yang sangat berharga dan perlu terus dijaga. Selain pelayanan yang optimal, faktor kepercayaanlah yang akan membuat konsumen terus memggunakan jasa J&T Ekspress untuk mengirimkan barang milik mereka.Â
Karena dalam proses pengiriman barang merupakan bentuk pengirim mempercayakan barang miliknya untuk dikirim memggunakan jasa kurir kepada penerima, barang yang diterima juga sudah dalam kondisi rapih, aman, dan sampai tepat waktu.
Selajutnya optimalisasi pelayanan konsumen  perlu terus ditingkatkan dan dimaksimalkan. Pengalaman penulis pribadi saat menggunakan jasa J&T Ekspress petugas melayani dengan ramah dan tentu saja juga dengan biaya ongkos kirim yang terjangkau. Barang yang dikirim pun bisa segera sampai.Â
Kebetulan lokasi kosan saya dekat dengan salah satu lokasi J&T Ekspress sehingga saat pulang dari beberapa kegiatan di malam hari, saya bisa tanpa sengaja bisa melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana banyaknya barang dan proses pengangkutan ke dalam truk J&T Ekspress.
Pemanfaatan teknologi di era industri bisa juga dilakukan dengan memberikan edukasi dan informasi mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan proses pengiriman barang atau langkah dan apa saja yang sudah dilakukan oleh J&T Ekspress melalui media sosial.Â
Salah satu daya tarik yang menurut saya selama ini menjadikan konsumen terus menggunakan jasa J&T Ekspress selain karena faktor harga ongkir yang terjangkau, kemanan dan ketepatan waktu adalah promosi potongan biaya ongkir yang biasanya berlaku di plaform e-commerce bagi para penjual atau pembeli barang yang akan menggunakan layanan J&T Ekspress
Semoga J&T Ekspress terus bisa melayani para konsumennya dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H