Bulan lalu, halaman Facebook yang saya kelola memperlihatkan sesuatu yang menakjubkan berkat efek Messi. Pengikut dan engagement meningkat hingga 3000 persen dari sebelumnya.Â
Lewat tulisan ini, saya akan berbagi tips meningkatkan pengikut Fanpage (FP) Facebook secara organik tanpa perlu menggunakan tools.
Selain beraktivitas sebagai penulis, saya memiliki kegiatan tambahan: mengelola akun Fanpage Paris Saint Germain Indonesia.
Sesuai namanya, ini adalah akun independen khusus membahas kabar terbaru Paris Saint Germain. Dikelola secara mandiri dan bukan bagian dari official klub.
Mengelola FP ini cukup menantang karena potensi pengikut tergolong kecil dalam semesta sepak bola elit. Jumlah fans Paris Saint Germain di Indonesia tidak sebanyak klub-klub besar Eropa lainnya.
Alasan kedua, dari segi konten. Saya memfokuskan konten FP memuat informasi faktual, tidak membahas topik lain yang meleset dari tujuan utama.
Dengan kata lain, akun ini memang benar-benar didedikasikan untuk melaporkan berita seputar Paris Saint Germain dengan nuansa positif.
Tentunya, ada sedikit hiburan tetapi tidak terlalu sering disampaikan.
Tetapi, hasilnya tetap kurang maksimal. Selama 2 tahun berdiri, pengikut FP hanya 1000 pengguna.
Jumlahnya sangat kecil, padahal saya pun tidak punya banyak saingan besar untuk topik sejenis tentang Paris Saint Germain.
Tetapi, hal ini tidak berarti bahwa konten informatif tidak laris manis atau tidak layak digunakan dalam pengembangan Halaman Facebook.
Justru, konten informatif dan faktual dapat meningkatkan pengikut Fanpage secara organik tanpa perlu iklan.Â
Saya telah mengalaminya sewaktu pemberitaan Lionel Messi pindah ke Paris Saint Germain pada medio Agustus lalu. Beritanya viral di mana-mana.
Hanya dalam empat hari, jumlah suka dan pengikut FP Paris Saint Germain Indonesia melonjak tajam mencapai 3000 persen.
Per 3 September ini, pengikut FP sudah mencapai 6000 pengguna lebih dari semula 1000 pengikut.
Inilah efek Messi terhadap Fanpage yang saya kelola. Viralitas membantu untuk meningkatkan jumlah pengikut FP.Â
Namun, mengandalkan momentum perlu disikapi dengan pengelolaan yang tepat.
Lalu, bagaimana saya menggunakan momentum Messi pindah ke PSG dalam menaikkan jumlah pengikut FP Paris Saint Germain Indonesia?
Berikut tips meningkatkan jumlah pengikut di Fanpage Facebook.
1. Jangan lewatkan momen viral, terus update informasi terbaru
Sampaikan informasi terbaru kepada pengikut Anda karena hanya itu yang mereka inginkan, terlebih saat terjadi momen viral.
Hal ini berhubungan dengan kuantitas postingan. Jika dalam momen viral, Anda jarang mengunggah postingan, maka dampaknya tidak akan terlihat sama sekali.
Dalam sehari, saya membuat 20 lebih postingan per hari membahas proses kepindahan Lionel Messi dari Barcelona ke Paris Saint Germain.
Memang saat itu, kabar Messi akan bergabung ke PSG masih sebatas isu, bukan sesuatu yang pasti.
Apakah ini bertentangan dengan tujuan saya membuat Fanpage tentang informasi faktual?
Jawaban saya: itu tidak bertentangan. Fanpage masih menjunjung kekuratan sebagai pilar utama membangun kepercayaan pengguna Facebook.
Alasannya, saya menyampaikan apa yang terjadi selama masa transfer Messi ke Paris Saint Germain untuk diketahui pengguna. Saya melaporkan kebenaran fenomenanya.
Dalam proses transfer pemain sepak bola, ada sesuatu keunikan mengenai parameter rumor atau isu yang berkembang. Hal ini akan dibahas di tulisan selanjutnya.
Yang paling penting adalah, dalam momentum viral, Anda harus menyampaikan kabar terbaru secepat mungkin.
Masih seputar konten, cobalah fokus pada topik utama.
Saya selalu memfokuskan diri untuk menyampaikan kabar bahwa Messi akan pindah ke Paris Saint Germain.
Ini adalah topik utama untuk keseluruhan konten selama empat hari.
Saya menghindari pembahasan yang terlalu jauh dan tidak ada hubungan kuat dengan Paris Saint Germain.
Saya tidak menyinggung bagaimana internal Barcelona saat itu berupaya melobi Lionel Messi untuk bertahan.
Tidak! Saya tidak mencampuri urusan rumah tangga Barcelona atau Manchester City yang kala itu dihubungkan dengan Lionel Messi.
Fokus saya adalah Paris Saint Germain. Ini adalah trek yang saya bangun selama pemberitaan transfer Messi sehingga pengikut tertarik untuk mengikuti postingan FP Paris Saint Germain Indonesia.
3. Postingan harus relevan dan akurat
Secepat apapun informasi yang disampaikan, Anda harus menyampaikannya secara jujur, akurat dan berasal dari sumber terpercaya.
Singkat kata, Anda harus selektif dalam memilih informasi yang berguna atau tidak ada nilainya sama sekali.
Ini adalah bagian  penuh tantangan karena momentum viral seringkali disusupi kabar bohong atau hoax.
Selama masa transfer Messi ke Paris Saint Germain, saya mengandalkan informasi dari pemberitaan media Prancis, cuitan wartawan Prancis, postingan fans Paris Saint Germain dan tentunya informasi dari jurnalis spesialis transfer, Fabrizio Romano.
Syukurlah, wartawan olahraga Prancis pada umumnya adalah orang yang sangat berhati-hati dalam menyampaikan rumor transfer sehingga saya mendapat petunjuk ke mana pergerakan informasi selanjutnya.
Ini modal penting dalam pengembangan konten selanjutnya.
Fans PSG sering menyiarkan siaran langsung di sekitar bandara dan titik-titik yang akan disinggahi Lionel Messi. Dengan kata lain, saya memperoleh banyak informasi untuk diandalkan.
4. Responsif terhadap komentar yang masuk
Cobalah untuk memeriksa postingan satu per satu termasuk melihat komentar warganet di postingan atau di kotak masuk DM.
Mayoritas pengikut baru FP Paris Saint Germain adalah pendukung Barcelona, menurut perkiraan.
Pada umumnya mereka mengajukan pertanyaan dan masukan.
Jawablah sesering mungkin komentar warganet karena hal-hal kecil seperti ini memberikan efek besar yang tidak akan terekam dalam data insight Facebook.
Walaupun pertanyaan-pertanyaan itu mengulangi hal-hal sama sebelumnya, jangan lupa untuk meluangkan waktu menjawabnya.
Dengan sudut pandang seperti ini, niscaya konten akan mudah dipahami orang-orang baru sehingga mempunyai alasan kuat untuk menjadi pengikut Fanpage Paris Saint Germain Indonesia.
5. Jangan lupa sertakan gambar atau foto
Gambar atau foto merupakan langkah penting berikutnya untuk menarik perhatian orang.
Ketika pengguna melihat foto Lionel Messi, seketika itu dia akan mengalihkan pandangannya terhadap postingan.Â
Cara serupa berlaku untuk postingan bertema lain, sebagaiman sering diajarkan oleh para ahli: tampilkan foto yang menarik dan memikat.
Itulah tips meningkatkan pengikut Fanpage Facebook berdasarkan pengalaman saya meroket hingga 3000 persen berdasarkan data yang dikumpulkan melalui fitur insight halaman FP.Â
Kenaikan pengikut ini murni berdasarkan keingingan untuk mengabarkan, tanpa tools, hanya mengandalkan keteguhan hati yang bisa diterapkan pada akun dengan topik apapun. Semoga bermanfaat.
Penulis: Efrem Siregar
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI