Generasi Milenial adalah sering disebut juga dengan generasi Y Â yang lahir antara 1980-1995 kadang diasumsikan juga lahir tahun 2000 an,umur antara 15-30 -35 tahun.
Generasi milenial  ini adalah generasi yang memiliki kehidupan dimana tehnologi informasi sudah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan termasuk gadget sebagai sesuatu yang tak pernah lepas.
Ketika generasi X  yakni generasi sebelumnya sudah menuju kepada tolok ukur standar kemapanan versi masing-masing seperti berkeluarga ,melajang dan mengejar karier dan punya rumah,generasi Y ada pada posisi proses aktualisasi diri dan mendapatkan stempel sebagai generasi  yang sangat menikmati kehidupan.
 Banyaknya kedai kopi,restauran dan sarana pariwisata pasarnya adalah generasi milenial ini ,termasuk juga yang namanya Co -working space yang biasanya merangkap dengan kafe atau kedai kopi menjamur dimana-mana termasuk di mal.
Generasi ini menggunakan tehnologi informasi untuk mencari pekerjaan,menambah ilmu pengetahuan dan masih banyak lagi.
Orientasi sebagian besar generasi ini adalah lebih banyak berkarier dulu dan memundurkan usia untuk menikah  dan berbelanja pengalaman yakni traveling atau liburan.
Tuntutan strata pendidikan pada generasi inipun dianggap lebih tinggi dengan kecenderungan bukan hanya tamatan sarjana tetapi dilanjut dengan S2 baik lewat jalur fast track atau jalur reguler.Yang terkait pada orientasi gaji mereka agar lebih tinggi dan tuntutan lingkungan pekerjaan.
Pada milenial kreatif mereka lebih suka menjadi seorang enterpreneur atau bekerja di sebuah perusahaan asing daripada menjadi seorang pegawai negeri,bahkan disinyalir lulusan universitas terbaik negeri ini enggan menjadi pegawai negeri,hal yang berkebalikan dengan orientasi generasi X yang menuju pada tujuan menjadi pegawai negeri.
Para milenial kreatif ini juga berburu beasiswa baik pada saat sekolah,kuliah maupun melanjutkan S2 keluar negeri.
Pada milenial kraetif yang bekerja begitu lulus S1 ,mereka akan mencari uang tambahan ,baik kerja sampingan lewat online maupun yang bisa dilakukan di antara sela waktu luang,berwirausaha sesuai dengan trend anak muda dan kecenderungan traveling kemana-mana sebagai pencapaian diri dan bukan barang-barang branded seperti generasi sebelumnya.
Para milenial kreatif  biasanya hanya akan menggunakan media sosial seperti instagram ( mereka meninggalkan FB ,yang kini dihuni oleh orang-orang yang lebih berumur) hanya untuk kepentingan bisnis dan benar-benar perlu,begitu juga pertemanan lewat wa grup biasanya hanya mengenai pekerjaan atau urusan bisnis.Selain itu ditinggalkan.