Mohon tunggu...
Efi MurniSari
Efi MurniSari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

_

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Tips mengatur waktu efektif untuk meningkatkan produktivitas harian

10 Desember 2024   18:49 Diperbarui: 10 Desember 2024   18:49 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

ditengah kesibukan sehari-hari, mengelola waktu dengan efektif adalah kunci mencapai tujuan tanpa merasa kesulitan. Dengan cara yang tepat bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, sekaligus menjadi keseimbangan hidup. berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas harian : 

1. Tentukan Prioritas Harian

setiap pagi,malam sebelumnya, buat daftar tugas berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensi.Gunakan metode Eisenhower Matrix untuk mengkategorikan tugas menjadi : 

* penting dan mendesak

* penting tapi tidak mendesak

* tidak penting tapi mendesak

* tidak penting dan tidak mendesak

fokuskan pada tugas yang penting terlebih dahulu untuk memastikan pekerjaan utama selesai tepat waktu

2. Menggunakan Teknik Time Blocking

metode ini melibatkan pembagian waktu kedalam blok-blok tertentu untuk tugas spesifik. Misalnya, alokasikan dua jam untuk menyelesaikan laporan, satu jam untuk rapat, dan setengah jam untuk membaca buku. Dengan cara ini, lebih fokus pada satu tugas tanpa terganggu oleh hal lain

3. Hindari Multitasking

Multitasking kerap dianggap efisien, tetapi sebenarnya dapat menurunkan kualitas pekerjaan. fokuslah pada satu pekerjaan setelah selesai baru mengerjakan yang lainnya dengan cara ini bisa menghasilkan kinerja yang bagus 

4. Berikan Waktu untuk Istirahat

bekerja terus menerus bisa mempengaruhi kinerja pekerjaan yang awalnya bagus menjadi buruk karena jika tidak ada waktu untuk istirahat akan menyebabkan energi tubuh menurun bisa saja menyebabkan sakit

5. Mengurangi gangguan 

sepeti mematikan notif apapun agar fokus terhadap apapun tidak terganggu oleh notif tersebut, Dengan begitu pekerjaan akan cepat selesai tepat waktu

6. Belajar untuk Mengatakan tidak 

belajar menolak permintaan yang tidak penting bisa cepat menyelesaikan pekerjaan yang sedang dilakukan

7. Evaluasi Harian

luangkan waktu beberapa menit untuk mengevakuasi pencarian hari ini dan indentifikasi apakah cara cara itu berhasil apa tidak dan kalau tidak berhasil mencari cara lagi untuk lebih baik kedepannya

Mengelola waktu yang efektif memang memerlukan komitmen yang sangat besar dan konsisten melakukannya. waktu adalah aset yang berharga yang tidak akan pernah diulang kembali, maka itu gunakanlah waktu sebaik-baiknya dan manfaat waktu sebaik mungkin.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun