Siapa yang tidak kenal Bangtan Sonyeondan atau Bangtan Boys? Kalau BTS masih belum kenal juga? Kata Bang Rhoma (musisi, Rhoma Irama), terlalu!
Beralasan sebab boyband alias grup vokal pria asal Korea Selatan (Korsel) yang beranggotakan tujuh pemuda di antaranya RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin telah merajai industri permusikan dunia melalui manajamen yang dikelola Hybe Corporation, dulu Big Hit Entertainment.
Sejatinya, kesuksesan dan popularitas BTS di gelaran musik, baik domestik Negeri Ginseng sendiri maupun internasional tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, melalui gemblengan keras dan profesionalisme yang diusung manajemen, ketujuh anak muda ini mampu memukau dan merebut hati penggemarnya di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Grup pelantun "Dynamite" dan "Yet to Come" ini juga senantiasa menyuguhkan kualitas musik terbaik, sehingga alhasil memperoleh berbagai penghargaan di bidang musik tingkat internasional.
Salah satu prestasi yang kembali diperoleh BTS adalah penampilan mereka yang berhasil menembus jutaaan penonton pada konser "BTS: Yet to Come in Busan" pada 15 Oktober 2022 lalu.
Seperti dilansir dari laman Kpopchart belum lama ini, konser yang diselenggarakan secara 'gretongan' alias gratis tersebut mendapat apresiasi luar biasa dari penggemar dan penikmat musik di seluruh penjuru dunia.
Bahkan, kesuksesan konser mereka, "BTS: Yet to Come in Busan" diklaim tembus hingga 20 juta penonton yang diperoleh dari hasil tayangan off-air di Busan Asaid Main Stadium, Busan, Korea Selatan, dan on-air via dunia maya, sebut saja platform Naver NOW, Zepeto, Weverse, dan juga salah satu stasiun televisi Korea, JTBC.
Kesuksesan tersebut tidak berhenti sampai di situ. Sebab, konser "BTS: Yet to Come in Busan" telah didokumentasikan dan akan tayang di bioskop seluruh dunia pada Februari 2023 mendatang.
Pada Selasa 20 Desember 2022 lalu, Hybe Corporation secara resmi mengumumkan akan menggelar "BTS: Yet to Come in Cinemas". Artinya, mereka akan mempublikasikan momen-momen terbaik saat konser gratis BTS yang digelar di Busan Oktober 2022 lalu melalui layar putih alias bioskop.
Film berdurasi 103 menit itu bakal ditayangkan perdana di bioskop jaringan CGV pada 110 wilayah negara pada Rabu 1 Februari 2023. Sebelumnya, pembelian tiket secara online telah dimulai pada 11 Januari 2023.
Lantas, bagaimana antusiasme ARMY, sebutan untuk penggemar BTS atas dipublikasikannya film dokumentar terkait idola mereka?
Salah seorang Admin ARMY Nusa Tenggara Timur (NTT) Putry Ngurumata mengatakan, pihaknya sangat senang film terkait BTS akan tayang di bioskop Cinepolis di Kota Kupang, salah satu kota yang tak luput menayangkan film tersebut pada Rabu 1 Februari 2023.
"Sangat senang, bisa menyaksikan kegiatan di balik panggung BTS. Makanya, menggandeng dan bekerja sama manajemen Waroenk Seafood, kami langsung menggelar kegiatan 'Meetup and Giveaway' bagi anggota ARMY NTT," jelas Putry yang ditemui di Capital Cafe, Jalan Bundaran PU, TDM, Kota Kupang, Jumat 20 Januari 2023 lalu.
Putry yang ditemani mantan Ketua ARMY Kupang, Afriana mengungkapkan kegiatan memang untuk meramaikan event pratayang film 'BTS: Yet to Come in Cinemas".
"Ini sekaligus temu kangen dengan anggota ARMY lainnya. Di NTT sendiri, anggota ARMY ada seribuan orang," bebernya.
Dalam kegiatan pihaknya kali ini, sebut Putry, manajemen Waroenk Seafood memberikan lima tiket nonton gratis dan satu kalung emas untuk para anggota ARMY yang beruntung.
"Temu kangennya di Waroenk Seafood, Jalan Veteran, Fatululi, Kota Kupang. Jadi, kami makan bareng, karaoke, dan memutar konser-konser lama BTS di Classic VIP Room Lt 2 Waroenk Seafood. Di akhir acara, hadiah tiket nonton gratis itu dan juga kalung emasnya akan diundi," urainya.
Putry menjelaskan, kegiatan rutin yang dilakukan ARMY NTT tidak sekadar hura-hura, namun seperti visi yang diemban ARMY global, pihaknya lebih mengarahkan anggotanya untuk kegiatan sosial.
"Ya, kegiatan kami tidak sekadar 'just for fun'. Karena, biasanya sisa keuntungan penjualan HTM (harga tanda masuk) kami donasikan untuk bantuan-bantuan, seperti kepada mereka yang tertimpa bencana alam dan lain-lain," katanya.
Putry menambahkan, selain itu sisa keuntungan penjualan HTM juga untuk mengadakan gathering atau event ulang tahun member BTS.
"Februari nanti juga ada member BTS yang ulang tahun. Nah, di situ kita rayakannya secara kecil-kecilan bersama anggota ARMY lainnya," paparnya.
Sementara itu, salah seorang anggota ARMY NTT, Tita yang ditemui di tempat yang sama juga mengungkapkan hal serupa.
"Senang banget bisa mengulang nonton konser BTS (di bioskop). Nggak bosan, meskipun kami para ARMY sudah menontonnya pada Oktober 2022 lalu, tetapi nonton bareng kembali di bioskop sepertinya lebih asyik. Bisa jejeritan bareng, soalnya," seru Tita yang merupakan marketing Capital Cafe.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H