Syariah di Indonesia semakin berkembang pesat. Bank-bank Syariah seperti Bank Syariah Indonesia (BSI) kini menawarkan beragam produk dan layanan keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Mulai dari tabungan, investasi, hingga berbagai jenis pembiayaan seperti pembelian mobil dan motor (BSI OTO), rumah (BSI Griya), atau modal usaha (KPR).
Industri perbankanBank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kudus A yani 1 merupakan salah satu bank syariah yang juga menawarkan produk pembiayaan yaitu BSI OTO, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat yang berakadkan murabahah, dengan jangka waktu pembayaran hingga lima tahun. Akad dalam lembaga keuangan memiliki dasar operasional yang jelas. Salah satu bentuk pembiayaan syariah adalah murabahah, yang diatur dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) No. 04/DSN-MUI/IV/2000. Dalam fatwa tersebut, murabahah dijelaskan sebagai akad jual beli antara bank dan nasabah, di mana bank wajib memenuhi hak nasabah setelah kesepakatan akad tercapai. Dalam hal ini, bank menawarkan barang kepada nasabah dengan menetapkan harga jual yang mencankup harga beli ditambah keuntungan.Bank juga berkewajiaban untuk memberikan informasi secara transparan mengenai biaya yang diperlukan. BSI OTO adalah produk pembiayaan kendaraan berbasis syariah, dimana semua transaksi dilakukan sesuai dengan prinsip syariah. Dengan demikian, setiap aspek dari pembiayaan ini dirancang untuk mematuhi ketentuan syariah dalam operasionalnya.
keunggulanÂ
BSI OTO adalah layanan pembiayaan kendaraan, baik mobil baru, mobil bekas, maupun motor baru, dengan menggunakan akad murabahah. Pengajuan dapat dilakukan melalui kantor cabang, aplikasi, BSI Mobile, atau laman bsioto.muf.co.id.
Adapun keunggulan dari BSI OTO adalah proses pengajuan cepat dan mudah, tenor pembiayaan hingga 7 tahun, fasilitas autodebet dari tabungan, harga yang kompetitif, cicilan ringan, jaringan layanan luas, dapat diajukan melalui platform digital.
Mekanisme Pengajuan
Dalam pengajuan produk BSI OTO bersifat fleksibel, maksudnya dalam mengajukannya bisa datang secara langsung di kantor BSI atau bisa dengan pengajuan secara online melalui aplikasi BSI mobile dan bsioto muf. Dalam pengajuan pembiayaan produk BSI OTO, tentunya terdapat syarat dan ketentuan umum yang harus dipenuhi calon nasabah dalam mengajukan pembiayaan produk BSI OTO ini, antara lain:
- WNI (warga negara Indonesia) dan berrdomisili di Indonesia
- Minimal umur 21 tahun atau sudah menikah
- KTP (Kartu Tanda Penduduk)
- KK (Kartu Keluarga)
- SK Pekerjaan
- Slip gaji 3 bulan terakhir
- NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
- Rekening 3 bulan terakhir
- Laporan keuangan 2 tahun
Mekanisme Pembiayaan
Adapun terkait proses mekanisme pembiayaan produk BSI OTO di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kudus antara lain sebagai berikut:
- Nasabah datang ke kantor BSI KCP Kudus menemui BOSM (Branch Operting and Sevice Manager) untuk mengajukan pembiayaan BSI OTO dengan membawa persyaratan pembiayaan yang harus dipenuhi.
- Pihak BSI kemudian akan melakukan pengecekan kelengkapan berkas yang diajukan dan melakukan tanya jawab dengan nasabah untuk mendapatkan data dan memverifikasi keaslian data yang disampaikan, setelah itu pihak BSI membuat skema pembiayaan BSI OTO.
- Berkas yang telah dianalisi kelayakannya oleh pihak BSI kemudian akan diserahkankan kepada pihak MUF.
- Pihak MUF akan melakukan survey ke tempat tinggal nasabah untuk mengetahui secara langsung informasi yang disampaikan oleh nasabah guna meniai layak atau tidaknya nasabah tesebut mendapatakan produk layanan BSI OTO.
- Setelah dinilai cukup layak, MUF akan membuat PO (Purchese Order), setelah deal maka akan dibuatkan DO (Delivery Order) yang akan dikirimkan kepada nasabah. Dalam hal ini dealer dapat dipilih dari pihak Bank atau nasabah memilih sendiri dealer yang akan mengirimkan unitnya.
- Kemudia dealer memberikan tagihan kepada MUF, selanjutnya MUF akan memberikann kepada bank untuk ditagihkan kepada nasabah
- Setelah bank menerima tanda terima tagihan, maka dokumen tagihan akan diberikan kepada nasabah untuk dilunasi.
- Nasabah dapat membayar tagihan pembiayaan BSI OTO melalui dua lembaga, yaitu melalui BSI atau MUF.
Strategi Pemasaran BSI OTO
Keberhasilan sebuah bank dalam sektor pemasaran sangat ditentukan oleh taktik pemasaran yang digunakan. Strategi ini sangat penting untuk menarik perhatian masyarakat agar mereka mau menjadi nasabah dan memanfaatkan produk yang tersedia, sekaligus mempertahankan loyalitas mereka terhadap produk tersebut. Di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kudus, strategi pemasaran dirancang untuk meyakinkan target pasar yang ingin dicapai. Dalam memasarkan produk BSI OTO, bank ini memanfaatkan promosi sebagai salah satu langkah utama untuk menarik perhatian dan meningkatkan minat masyarakat terhadap produk tersebut.
Promosi adalah salah satu strategi pemasaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi, memengaruhi, meyakinkan, atau mengingatkan audiens mengenai perusahaan dan produk yang ditawarkan, Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kudus menggunakan berbagai strategi promosi, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu bentuk promosi yang diterapkan adalah periklanan, yang berupa gambar atau tulisan yang dipublikasikan melalui media seperti koran online, brosur, spanduk, dan media lainnya.Â
Bank Syariah Indonesia (BSI) Kudus juga melakukan promosi secara langsung melalui kegiatan sosialisasi ke berbagai instansi, baik instansi pemerintah maupun swasta. Adanya keterbatasan informasi yang diterima oleh masyarakat secara umum menjadi salah satu alasan utama perlunya  penyampaikan informasi kepada masyarakat secara langsung. Strategi pemasaran di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Kudus sudah cukup baik terlihat dari penjualan setiap bulannya, dalam setiap bulan BSI KCP Kudus rutin menjual 2-3 unit kendaraan, baik itu mobil baru atau bekas dan motor.
Kesimpulan
salah satu produk dari BSI ialah BSI OTO, BSI OTO dirancang untuk membantu nasabah mewujudkan impian memiliki kendaraan bermotor, baik mobil baru atau bekas, serta motor baru. Seluruh layanan tersebut dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi BSI Mobile.
Adapun strategi pemasaran yang dilakukan antara lain melalui periklanan, yaitu promosi yang dilakukan dalam bentuk gambar atau tulisan yang termuat dalam koran onlinw, brosur, spanduk dan lain sebagainya. Dan Bank Syariah Indonesia (BSI) Kudus juga melakukan promosi secara langsung melalui kegiatan sosialisasi ke berbagai instansi, baik instansi pemerintah maupun swasta.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H