Mohon tunggu...
Efa Butar butar
Efa Butar butar Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Content Writer | https://www.anabutarbutar.com/

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Gara-gara Es Sirup

1 Juni 2018   23:28 Diperbarui: 2 Juni 2018   00:03 743
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: arah.com

Sebulan dua bulan sebelum memasuki bulan Ramadan, biasanya berbagai iklan sirup sudah mulai tayang di televisi. Baik yang telah melakukan inovasi pada produknya, maupun yang melakukan inovasi terhadap kemasannya.

Rata-rata dari rekan yang berpuasa, bilangnya sih, kalau makanan biasanya engga bisa mempengaruhi puasa mereka, beda kalau minuman. Begitu minuman muncul di depan mata, rasanya ketangguhan dalam menjalani puasa, runtuh seketika. Apalagi jika di minuman tersebut berwarna dan ada beberapa pecahan es batu di sana. Hancur deh pertahanan!

Nah, cerita ini datang dari salah satu rekan kerja, seorang pria yang memang katanya bodo amat terhadap makanan. Asal, ngga ditunjukin aja tuh minuman berwarna yang dikasih es batu. Sebut saja namanya Mas Arman

Rahasia Mas Arman tidak ada yang tahu. Entah kenapa, Mas itu memberitahunya pada saya yang saat itu tengah makan. Oke, saya simpan baik-baik 'pesan' tersebut. Dalam hati saya, pantangan utamanya itu. Mungkin agar saya mengetahuinya dan tidak dengan sengaja melakukannya di hadapannya.

Sudah jadi kebiasaan, saat bulan puasa, sebagai minoritas, saya biasanya menurun ketinggian bangku saat akan minum. Atau membalik badan agar rekan-rekan yang berpuasa tidak merasa tersinggung. Sebisa mungkin benar-benar dihindari memberi ujian tambahan, apalagi saat matahari lagi nyengat-nyengatnya.

Sayangnya, rahasia tersebut -- jika itu dapat dikatakan sebagai rahasia -- tidak diberi tahu pada semua orang yang menganut agama lain.

Es Sirup Siapa?

Saat itu saya ke pantry berencana mengambil air dingin. Di sana ada seorang rekan kerja juga yang memang tidak ikut melaksanakan ibadah puasa karena tak berasal dari agama yang sama. Tahu sedang apa? Yes! Menyeduh sirup lalu diberi es batu karena memang kondisinya saat itu sangat panas.

Saya pikir, ya wajar. Kan, memang tidak puasa. Lagi pula minumnya jauh dari lokasi rekan-rekan yang berpuasa kok. Jadi tidak ada satu orangpun yang akan terganggu. Silahkan saja kalau mau minum sepuasnya.

Ah, saya yang ngga berpuasa saja ngiler, bagaimana yang berpuasa? Tentu lebih ngiler lagi kan ya.

Usai mengisi botol minum saya, saya kembali ke meja kerja dan meninggalkan orang tersebut sibuk menimbang-nimbang tentang rasa sirup tersebut sesuai seleranya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun