Mohon tunggu...
Edy Susilo
Edy Susilo Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru sejak tahun 1993 menjadi Penyusun soal UASBN 2007,2008,2009,Guru dan kepala Sekolah prestasi, Instruktur Nasional Guru Pembelajar,Tim penilai Siswa Prestasi,Kordinator Penulis soal Olimpiade IPA SD Bengkulu Utara,Ketua KKKS dan PGRI Hulu Palik,Advokasi Kurikulum Merdeka Bengkulu Utara,Pengajar Praktik pada Program Guru Penggerak angkatan 7 Fasilitator PGP 16

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Fasilitasi Cgp Modul 2.2

11 Maret 2023   18:12 Diperbarui: 11 Maret 2023   18:19 5179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL FASILITASI CGP MODUL 2.2

Edy Susilo Pengajar Praktik pada PGP angkatan 7 Bengkulu Utara

1.Uraikan secara singkat bagaimana partisipasi dan pemahaman CGP di kelas Anda untuk modul ini. Berikan contoh untuk memperjelas penilaian Anda.

CGP berpartisipasi dengan aktif dan menunjukkan pemahaman yang sangat baik terhadap modul ini, CGP memahami terkait 5 kompetensi sosial emosional yang harus dikembangkan, memahami konsep pemahaman penuh (Mindfullness) sebagai dasar pengembangan kompetensi sosial emosional, dan bagaimana cara mengaplikasikan pembelajaran sosial emosional di kelas

2.Apa saja pembelajaran (lessons learned) yang Anda dapatkan selama memfasilitasi mereka?

Pembelajaran yang saya dapatkan adalah, semangat yang ditunjukkan oleh CGP menambah amunisi baru untuk saya agar lebih bersemangat lagi membersamai mereka hingga mereka sukses menyelesaikan program guru penggerak

3.Menurut Anda, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pelaksanaan pembelajaran di dalam modul ini? Apa dampaknya terhadap ketercapaian tujuan belajar? 

(Catatan: faktor-faktor dapat berasal dari sisi peserta maupun langkah fasilitasi yang Anda lakukan)

Faktor -- faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran dalam modul ini diantaranya, kemauan yang besar dari CGP Untuk mempelajari modul ini mengingat pentingnya pembelajaran modul ini untuk ketercapaian pembelajaran dikelas lebih baik lagi, materi yang disajikan jelas dan runtut, kegiatan -- kegiatan yang dilakukan juga menunjang kemudahan CGP dalam mempelajari modul ini

4.Menurut Anda, apa saja faktor-faktor yang menjadi tantangan/penghambat pelaksanaan pembelajaran di dalam modul ini? Apa dampaknya terhadap ketercapaian tujuan belajar?

(Catatan: faktor-faktor dapat berasal dari sisi peserta maupun langkah fasilitasi yang Anda lakukan)

Faktor -- faktor yang menjadi tantangan/ penghambat pelaksanaan pembelajaran modul ini diantaranya adalah kestabilan listrik dan jaringan internet, karena pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan moda daring, sehingga ketika listrik mati, maka jaringan juga akan bermasalah, selanjutnya kondisi cuaca juga merupakan salah satu penghambat pelaksanaan pembelajaran, tetapi hal tersebut tidak berdampak terhadap ketercapaian tujuan belajar, karena antusias dan semangat para CGP dalam mendalami pembelajaran pada modul ini sangat baik.

5.Dari fasilitasi yang Anda lakukan di modul ini, apa rencana perbaikan yang akan Anda lakukan untuk modul berikutnya?

Rencana perbaikan yang akan saya lakukan adalah, memberikan fasilitasi lebih baik lagi terhadap CGP pada modul berikutnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun