Mohon tunggu...
EDROL
EDROL Mohon Tunggu... Administrasi - Petualang Kehidupan Yang Suka Menulis dan Motret

Penulis Lepas, Fotografer Amatir, Petualang Alam Bebas, Enjiner Mesin, Praktisi Asuransi. Cita-cita: #Papi Inspiratif# web:https://edrolnapitupulu.com/

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Vario 150, Sahabat Berkendara Sejati yang Sempurna

4 Mei 2016   06:55 Diperbarui: 4 Mei 2016   07:40 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sahabat Berkendara Sejati yang Sempurna ( gambar ilustrasi, editing foto sumber situs www.lovehonda.com)

Berlalu lintas di kota metropolitan Jakarta menggunakan sepeda motor memberikan pengalaman tersendiri pada pengendaranya, entah itu resiko bahaya celaka hingga kepuasan dan sensasi menikmati fitur kuda besi yang ditungganginya.

Tak dapat dipungkiri jalanan aspal di ibukota Jakarta mewakili kondisi jalan seluruh daerah di Indonesia. Jalanan aspal beragam kualitas dan kontur ada di sini mulai dari jalanan berlubang kecil dan besar, jalanan kasar berkerikil, jalanan menyembul bak kontrol, jalanan beralur-alur dan bergunduk-gunduk, hingga jalanan nyaris hilang lapisan aspalnya dan menjadi jalanan berlumpur saat hujan tiba bahkan parahnya menjadi jalanan bersungai bila hujan deras menguyur. Merasakan kondisi jalanan tersebut, seorang pengendara motor yang matang di jalan Jakarta sudah pasti paham rasanya arti ketidak pemerataan pembangunan.

Chandra (29 tahun), seorang pekerja transportasi berbasis aplikasi online mengenang kecelakaan yang pernah menimpanya saat mengantarkan penumpangnya ke daerah perkantoran di daerah Cempaka Mas, Jakarta Pusat.  Pagi itu, dia melajukan sepeda motor bebek 135 cc berwarna merah bersama dengan penumpang melintasi jalanan aspal mulus dengan jarum kecepatan pada speedometer bergerak antara angka 40 ke 50.  Tiba-tiba terjatuh sebuah kardus karton mie instant sekitar jarak 5 meter dari hadapannya, berasal dari sepeda motor yang mengebut di depannya.  Dengan sigap dia melakukan pengereman  roda depan sambil membelokkan setang sepeda motor ke arah kiri.

Ternyata baru selesainya proyek pelapisan jalanan aspal mulus di daerah tersebut masih menyisakan kerikil kecil yang berhamburan membuat ban sepeda motor menjadi slip tergelincir. Dia mengalami kehilangan keseimbangan. Akibatnya dia dan sepeda motornya hampir rebah ke jalan. Dengan sekuat tenaga dia menahan bobot sepeda motornya agar tidak rebah ke jalan sambil meminta dengan lembut penumpangnya untuk menyelamatkan diri dengan tenang keluar dari jok. Bersyukur bahwa penumpang telah aman dan selamat dari kecelakaan tersebut meskipun Chandra meski mengalami cedera tulang jari dan telapak tangan kanan retak akibat menahan rebahnya motor. Akibat insiden tersebut, dia harus menjalani perawatan selama kurang lebih 2 minggu agar dapat kembali pulih bekerja.

Mengutip informasi dari laman facebook humas Polda Metro Jaya tertanggal 25 November 2015, menurut keterangan dari Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Masdes Arrofi mengatakan, sebanyak 8,7 juta sepeda motor melintas di jalanan Jakarta setiap hari. Berdasarkan data yang diperolehnya dari Polda Metro Jaya, selama tiga tahun terakhir ada sekitar 2.593 kecelakaan lalu lintas. Sebanyak 75 persen dari jumlah tersebut atau 1.944 adalah kecelakaan sepeda motor. Artinya adalah setiap hari ada 19 sampai 20 orang yang tergeletak di jalan karena kecelakaan. Dua dari 19 itu meninggal dunia.

Realita informasi ini tentunya awalnya membuat pengendara sepeda motor ketakutan. Namun selanjutnya pengendara motor dapat menyikapi secara positif tentunya dengan mematuhi aturan berkendara yang aman dan memperlengkapi diri dengan perlengkapan keselamatan seperti helm, sarung tangan, sepatu dan jaket bila perlu serta memastikan kondisi sepeda motor dan pengendara selalu fit sebelum jalan.

Selain dari pada itu yang tak kalah pentingnya bagi penggemar berkendara sepeda motor atau pekerja yang tuntutan kerjanya menggunakan sepeda motor adalah perlu memilih sepeda motor yang superior kemampuannya untuk segala medan jalan dan menjawab kebutuhan kenikmatan berkendara.

Selama sekitar 2 (dua) bulan sejak insiden tersebut, Chandra mulai mencari sepeda motor yang cocok, nyaman serta memudahkannya melayani konsumen sehari-hari. Di antara sela waktu senggang atau istirihat dari pekerjaannya mengendarai sepeda motor bebek merah 135 cc-nya, mulailah dia menjajal berbagai macam sepeda motor matik yang dipinjamnya dari teman, tetangga atau saudaranya untuk mengenal kemampuan dan karakter masing-masing sepeda motor matik tersebut.  Dia akhirnya menyadari betul bahwa perlunya  ke depan merubah tunggangannya yang unggul atau superior dalam menghadapi tantangan medan dan kepadatan lalu-lintas jalanan Jakarta dan juga  memberikan sensasi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Yang tak kalah pentingnya juga adalah harga membeli produk superior tersebut terjangkau dan irit bensin.

Berbicara tentang produk superior dan kenikmatan konsumen mendapat produk tersebut dengan harga terjangkau seumpama menghidupkan kembali filosofi hidup dan berkarya seorang sosok fenomenal dunia otomotif, Soichiro Honda. Beliau pernah mengungkapkan bahwa bila kamu membuat produk superior, masyarakat akan membelinya. Hal ini selaras dengan motto perusahaannya yang dikenal dengan Filosofi 3 Sukacita (3 Joy Philosophy of Soichiro Honda):

  • Sukacita Manufaktur (Joy of Manufacturing) : hanya seorang enjiner dan pabrikan yang dapat menggambarkannya
  • Sukacita Menjual (Joy of Selling) : hal yang diterima oleh promotor dan tim penjualan ketika menjual suatu produk kualitas tinggi/ superior
  • Sukacita Membeli (Joy of Buying) : pahala terbesar Soichiro ketika seorang konsumen puas dengan produk superiornya.

Sukacita membeli (joy of buying) mencerminkannya secara jelas tujuan karya pabrikan Honda untuk konsumennya..

Keunggulan produk dan kepuasan mengendarai sepeda motor Honda membuat Chandra akhirnya jatuh hati pada sepeda motor matik Honda Vario dan akan meminangnya sebagai sepeda motor favorit dan unggulannya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya.

Dia sudah menjajal berkendara dengan honda Vario 150 eSP. Tenaganya yang besar dan akselerasi  yang sangat responsif membuat berkendara bersamanya penuh gairah. Saat menggebernya dengan kecepatan maksimum hingga 100 kilometer per jam di jalanan lurus masih terasa stabil dan nyaman, boleh jadi karena rancangan dimensi Honda Vario 150 Sempurna dengan teknologi mesin pintarnya eSP (enhanced Smart Power) mengusung performa tinggi hasil bentukan tangan-tangan desainer dan enjiner Honda terampil yang selalu mengedepankan filosofi sukacita pertama pendiri Honda (joy of manufacturing).

Belum lagi ditambah dengan penampilan keren dan dinamis Honda Vario 150 eSP yakni lampu depan ganda LED yang berkesan menatap tajam dan lebih terang saat menyala, emblem tiga dimensi yang elegan dan berkelas, panel meter kombinasi analog dan digital yang dinamis dengan lampu warna-warni, desain knalpot dan air-fan yang elegan dan sporty, velg yang tampil agresif dibalut dengan ban tubeless yang lebar, dan mantapnya lagi melekatnya emblem sayap mengapak (wing) perak khas Honda yang konon merefleksikan simbol kebebasan utama (ultimate freedom).

Luar biasanya lagi dari produk Honda Vario 150 eSP, helm untuk penumpang dan barang bawaan lainnya dapat muat disimpan di bagasi seluas 18 liter dan botol minuman atau pouch dapat ditaruh di rak dalam di bawah setang juga tersedia  gantungan untuk tas atau kantong belanjaan. Tak selesai sampai di situ, fitur unggulan lainnya seperti tombol remoteanswer back system” pada kunci sepeda motor Honda Vario 150 eSP yang memudahkan mencari posisi motor di tempat parkir. Lebih hebatnya lagi, teknologi combi- brake yang meciptakan pengereman seimbang dan responsif supaya mencegah insiden yang dialami Chandra berulang, telah ditambahkan dengan brake-lock yang mencegah motor lompat saat menghidupkan mesin juga mana dan nyaman saat parkir atau berhenti di tanjakan. Luar biasanya Honda Vario 150 esP ini adalah tambahan keselamatan dilekatkan pada standar samping yaitu “side switch stand”, untuk mengingatkan pengendara yang sering lupa menaikkan standar samping dengan mesin tak dapat dinyalakan bila standar samping masih posisi turun.

Dengan teknologi superior dan fitur luar biasa baik dari segi penampilan, kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara, Honda Vario 150 eSP merupakan perwujudan cinta kasih sempurna. Seperti ada tertulis, di dalam kasih tidak ada ketakutan. Kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan.

Chandra menekan brake-lock sambil mengambil botol minuman dari rak motor Honda Vario 150 eSP kemudian meneguk isi minuman dalamnya dengan derasnya hingga membasahi mulut dan tenggorokannnya. Dengan tersenyum lebar dan bahagia dan mata berair bahagia, dia kini yakin ketakutan atau trauma insiden yang pernah dia alami telah lenyap karena sahabat berkendara Honda Vario 150 Sempurna selalu siap menemaninya.

Tiba-tiba pundak kirinya ditepuk oleh seseorang dari belakang diiringi oleh suara agak keras berkata,” Hei, ngapain lo duduk di motor gua... dah gitu pake ngabisin minuman herbal gua lagi!”.

Chandra segera terbangun dari lamunannya dan bersegera menaruh botol minuman kembali ke raknya. Kemudian segera turun dari motor Honda Vario 150 eSP tersebut sambil menarik bungkusan plastik orderan konsumennya dari gantungan di bawah setang. Dengan menyatukan kedua telapak tangan saling menekan di depan dadanya dan berhadapan dengan orang yang berkata-kata tadi  dia menyahut,” Maaf Bang, saya terkagum-kagum pengen punya motor keren kayak motor Abang ini”.

Abang pemilik motor itu pun langsung tersenyum dan mengangguk tanda maafnya diterima. Chandra pun segera bergegas menuju motor bebek merahnya sambil agak tersedak dan mata masih berair efek dari minuman ramuan herbal si abang itu. Sembari duduk menenangkan diri di jok motornya, dia mengepalkan tangan kanan didepan dada dengan hentakan keyakinan dan berdoa dalam hati, yakin impiannya memiliki sahabat berkendara sejati (the one and only) yang sempurna, honda Vario 150 eSP tercapai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun