Mohon tunggu...
Edrizal Wahdi
Edrizal Wahdi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya mahasiswa institut tazkia bogor, kuliah di fakltas ekonomi dan bisnis syariah, prodi management bisnis syariah. #belajaruntuknegrimembangunperadabanislami

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi The Concept of Bussines-Level Strategy at Kopi Kenangan

29 Desember 2023   14:59 Diperbarui: 29 Desember 2023   15:22 163
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dorongan persaingan antar perusahaan bisnis telah memasuki masa persaingan yang
semakin ketat. Dengan majunya perkembangan teknologi dan pengetahuan saat ini, cepat
atau lambat perusahaan harus mengubah pola manajemen strateginya. Pada hal ini
perusahaan harus siap mencocokkan manajemen strateginya dalam berkompetisi dengan
perusahaan lain. Dalam perusahaan yang sukses terdapat kemampuan dan kebijakan
manajemen strategik yang tepat dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis ini.
Menurut Pearce dan Robinson (2013), strategi bisnis adalah "rencana permainan"
perusahaan. Strategi menggambarkan persepsi perusahaan tentang bagaimana, kapan dan
di mana perusahaan harus bersaing dengan para pesaingnya, dan dengan tujuan dan
sasarannya apa.

Proses manajemen strategi menjelaskan manfaat yang berkaitan dengan kepuasan para
pelanggan dari sudut pandang pesaing. Dengan berpusat pada kepentingan pelanggan,
beberapa perusahaan besar mewujudkan posisi persaingan mereka dengan memberikan
pelayanan terbaik kepada pelanggan dan bermitra dengan pemasoknya. Tanpa posisi ini
perusahaan akan berada dalam kesulitan untuk bertahan dari kompetisi antar perusahaan.

pada tahun 2017, kopi Kenangan, perusahaan kopi minuman yang bergerak di bidang "new retail", didirikan oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa.

Ide ini mula ketika pendirinya memiliki misi untuk menyebarkan pasion mereka terhadap kopi kualitas tinggi dari Indonesia ke Asia. Kopi Kenangan adalah perusahaan ritel kopi O2O di Indonesia yang didirikan pada tahun 2017. Perusahaan ini memiliki model bisnis "new retail" yang menggabungkan toko fisik dan online. kopi di industri minuman saat ini, kopi kenangan menerapkan level strategi perusahaan yang
tepat yaitu strategi differentiation
Strategi differentiation yaitu strategi yang mendorong suatu perusahaan untuk
mencari keunikan pada produk mereka sendiri di pasar sasaran. Kopi kenangan  menggunakan
differentiation untuk menciptakan citra yang baik di mata customer. Hal tersebut
memberikan minat pada pelanggan dimana kopi kenangan  berbeda dengan kopi lainnya dan
dapat dinikmati seiring pelayanan serta kenyamanan yang diberikan.

Beberapa aspek penting dari Kopi Kenangan meliputi:

Penggunaan model "new retail" yang menggabungkan toko fisik dan online

  • Mengurangi ukuran toko hingga 10-20% dibandingkan dengan kafe bisnis asli, sehingga biaya per toko dapat dipangkas
  • Mempersiapkan produk dan layanan yang unik dan menarik, seperti Es Kopi Kenangan Mantan dan produk lokal seperti Cerita Roti dan Chigo
  • Memiliki sistem backend yang kuat untuk melacak inventaris secara real-time dan memotong pemborosan hingga hampir nol
  • Membangun rekayasa konsumen yang kuat dan terus berinovasi dalam produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

Dalam beberapa tahun terakhir, Kopi Kenangan telah menarik investasi dari berbagai modal ventura, seperti Sequoia Capital, Arrive, Serena Ventures, dan Alpha JWC Ventures.

Perusahaan ini telah berhasil mencapai status unicorn dengan mengumpulkan lebih dari $240 juta dari investor berkualitas tinggi.
Analisis Tipe Level Strategi Bisnis pada kopi kenangan
Tipe level strategi bisnis pada Kopi Kenangan melibatkan beberapa aspek penting yang membantu perusahaan ini berkembang dan menjajaki pasar. Berikut adalah beberapa tipe level strategi bisnis yang dapat ditemukan pada Kopi Kenangan:

1. Expansi Pasar: Kopi Kenangan memiliki strategi marketing yang memungkinkan perusahaan ini untuk mengembang ke pasar global[1]. Dengan memiliki representasi di setiap daerah yang ada, Kopi Kenangan dapat menemukan pasar dan mengajarkan produk mereka ke pelanggan di luar Indonesia.

2. Pemasaran Online: Kopi Kenangan telah memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan dan menjual produk mereka. Hal ini memungkinkan perusahaan ini untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan daya saing di pasar.

3. Produk Lokal: Kopi Kenangan memiliki produk lokal seperti Es Kopi Kenangan Mantan, Cerita Roti, dan Chigo. Dengan menawarkan produk lokal yang menarik, perusahaan ini dapat menjawab kebutuhan pasar dan meningkatkan posisi mereka di pasar.

4. Pembaruan Produk: Kopi Kenangan telah terus mengembangkan produk yang mereka tawarkan. Hal ini memungkinkan perusahaan ini untuk menjawab kebutuhan pasar yang berkembang dan meningkatkan daya saing mereka di pasar.

5. Pengelolaan Biaya: Kopi Kenangan meminimalkan biaya per toko dengan mengurangi ukuran toko hingga 10-20% dibandingkan dengan kafe bisnis asli. Selain itu, perusahaan ini memiliki margin bruto yang tinggi karena memiliki sistem backend yang kuat untuk melacak inventaris secara real-time dan memotong pemborosan hingga hampir nol.

6. Omni-Channel: Kopi Kenangan telah membangun pengalaman belanja yang menggabungkan online dan offline, yang memungkinkan mereka untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan daya saing mereka di pasar.

Dalam keseluruhan, tipe level strategi bisnis pada Kopi Kenangan melibatkan pemasaran global, pemasaran online, produk lokal, pembaruan produk, pengelolaan biaya, dan omni-channel untuk membantu perusahaan ini berkembang dan menjajaki pasar.

Analisis Penerapan SWOT pada Starbucks
SWOT merupakan kepanjangan dari Strength (kekuatan), Weakness(kelemahan),
Opportunity (peluang), dan Threat (ancaman). SWOT
merupakan salah satu strategi dalam keberlangsungan bisnis untuk penentuanmasa depan.
Dengan adanya SWOT, perusahaan dapat mengetahui tingginyatingkat persaingan pasar
pada bisnis, perusahaan dapat memprioritaskan apasaja yang harus diprioritaskan, selain
itu, para petinggi perusahaan juga dapatmengetahui kondisi dari faktor internal maupun
faktor eksternal perusahaan.Berikut ini ada analisis penerapan SWOT pada kedai kopi
kenangan, antara lain:
Berikut adalah analisis SWOT pada kopi kenangan:

Kelebihan (Strength)

- Kopi kenangan memiliki aroma dan rasa yang menarik.

- Kopi kenangan memiliki kandungan koffein yang tinggi.

- Kopi kenangan dapat menghidupkan kesehatan Anda dengan membantu mengatasi keberlanjutan, ketombe, dan ketidakpapuan.

- Kopi kenangan dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

- Kopi kenangan dapat membantu menghidupkan ketombe dan kesehatan pencernaan.

Kekurangan (Weakness)

- Kopi kenangan memiliki citarasa yang kuat dapat mempengaruhi perasaan tetap pencernaan Anda jika Anda membutuhkan cukup air.

- Kopi kenangan memiliki efek pembengkakan pada sistem saraf.

- Kopi kenangan memiliki risiko pembuluh darurat jika Anda mengonsumsi terlalu banyak.

Peluang (Opportunity)

- Kopi kenangan memiliki kandungan koffein yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

- Kopi kenangan dapat membantu menghidupkan ketombe dan kesehatan pencernaan.

- Kopi kenangan memiliki aroma dan rasa yang menarik.

Ancaman (Threat)

- Kopi kenangan memiliki efek pembengkakan pada sistem saraf.

- Kopi kenangan memiliki risiko pembuluh darurat jika Anda mengonsumsi terlalu banyak.

- Kopi kenangan memiliki citarasa yang kuat dapat mempengaruhi perasaan tetap pencernaan Anda jika Anda membutuhkan cukup air.

 Dari analisis SWOT ini, kopi kenangan memiliki beberapa kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman. Sebagai konsumen, Anda perlu mempertimbangkan efek positif dan negatif dari kopi kenangan dan mencari keseimbangan antara manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi kenangan.

SIMPULAN
kopi kenangan adalah perusahaan yang berkomitmen pada bisnis kopi lalu menawarkan
kopi siap minum, dengan berbagai rasa. Dengan pesatnya kopi di industri minuman saat ini,
kopi kenangan menerapkan level strategi perusahaan yang tepat yaitu strategi differentiation.
Strategi differentiation yaitu strategi yang mendorong suatu perusahaan untuk mencari
keunikan pada produk mereka sendiri di pasar sasaran.

 Dari analisis SWOT pada kopi kenangan, dapat disimpulkan bahwa kopi kenangan memiliki kelebihan berupa aroma dan rasa yang menarik, kandungan koffein yang tinggi, serta manfaat bagi kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung. Namun, kopi kenangan juga memiliki kekurangan seperti efek pembengkakan pada sistem saraf dan risiko pembuluh darah jika dikonsumsi secara berlebihan.

Meskipun demikian, terdapat peluang bagi kopi kenangan untuk terus dikembangkan, terutama dalam hal pemasaran dan inovasi produk. Ancaman terhadap kopi kenangan meliputi efek negatif kesehatan akibat konsumsi berlebihan. Oleh karena itu, konsumen perlu bijak dalam mengonsumsi kopi kenangan dan memperhatikan manfaat serta risiko yang terkait.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun