Mohon tunggu...
Edward Rico M. Tj.
Edward Rico M. Tj. Mohon Tunggu... -

Profil penulis :\r\nKonsultan Internet Marketing,\r\nKeterangan lengkap kunjungi,\r\nWebsite :\r\n indonesia webhosting

Selanjutnya

Tutup

Money

Bisnis Online, Website, Peningkatan Penjualan Online dan Branding

9 Desember 2014   17:14 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:42 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat ini peningkatan penggunaan website baik untuk kepentingan bisnis online seperti pengadaaan bisnis online store ataupun penetrasi online marketing baik promosi website yang bertujuan untuk peningkatan penjualan atau kebutuhan branding meningkat drastis. Tak pelak, kebutuhan atas penggunaan search engine marketing services saat ini juga bertambah sangat drastis.

Search engine marketing services ?

Layanan search engine marketing adalah  layanan professional yang akan membantu penempatan website anda di halaman yang lebih baik.

Alat ukur diperlukan search engine marketing services ?

Ilustrasi kita berbisnis online toko baju. Maka kita dapat melakukan test sederhana dengan mengetik keyword misalkan toko baju online, dll pada search engines. Apakah website kita berada di halaman 1-3? Bila tidak, tentunya bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan search engine marketing services bila ingin mendapatkan peluang penjualan yang lebih dari sisi penerapan online marketingnya.

Penerapan dari penggunaan search engine marketing services dibagi atas 2 yaitu :

- Organic search atau dikenal juga layanan SEO

- Paid search atau dikenal juga layanan pay per click / ppc

Pada saat saya mencoba mengetik keyword ” layanan seo bersertifikat “ karena didasari menginginkan layanan seo dari konsultan yang bersertifikat dan menampilkan hasil pencarian atas keyword diatas adalah sebesar 346.000 page website  yang  relevan atau keyword " layanan seo " dan menampilkan hasil pencarian atas keyword diatas adalah sebesar 650.000 page website  yang  relevan seperti terlihat pada gambar dibawah ini *).



*) pada kasus keyword lainnya hasil yang ditimbulkan akan berbeda.

Bila melihat hasil yang ditampilkan dari satu keyword diatas, dalam hal memilihnya tentunya akan :

1. Menjadi sumber referensi yang baik karena terdiri dari ratusan ribu sumber bagi yang mencari informasi baik untuk pembelian produk atau jasa. Walapun kenyataannya dalam seleksi pembelian, para calon pembeli pada umumnya hanya menyeleksi sumber yang berada di halaman 1 sampai 4 saja (dari sisi pembeli)

2. Menjadi kalah dalam peluang onlinenya karena bisnis di industri-nya yang sudah sangat kompetitif, akan tetapi informasi hasil yang ditampilkan tidak merujuk pada websitenya/produk/jasa (dari sisi  penjual/perusahaan dan penetrasi ke online marketing) *)

*) Tips untuk yang memiliki website yang ingin menggunakan layanan search engine marketing dalam hal memilih keywords : ” Sangat tidak disarankan untuk memilih keyword berdasarkan nama perusahaan/produk/jasa anda akan tetapi pergunakan keywords yang lebih umum yang sesuai dengan sifat bisnis / produk / jasa anda *)

*) Peluang online dan branding online didapat dari pengguna search engine yang mengetik keyword berdasarkan sifat bisnis / produk / jasa anda.Sebagai ilustrasi bilaanda menggunakan keywords nama perusahaan anda / produk / jasa andakemungkinan berasal dari customer anda yang sudah berjalan saja bahkan besar kemungkinannsudah memiliki kontak nomer anda juga atau untuk perusahaan yang memang brandingnya sudah sangat dikenaldan kasusnya hanya kemungkinan tidak tahu alamat websitenya contoh ilustrasinya adalah perusahaan penerbangan, hampir dapat dikatakan semua orang mengenai maskapainya akan tetapi bila mengetik keyword berdasarkan perusahaan/produk/jasa kemungkinan besar karena ingin mengeksplorasi official websitenya.

Berdasarkan alasan diatas tersebut mengapa penulis juga mengambil tulisan berjudul " Bisnis Online, Website, Peningkatan Penjualan Online dan Branding".

Bila melihat dari hasil diatas maka yang bertanda kuning (ads) baik posisinya di kolom diatas, disamping, di bawah adalah merupakan paid search/ppc dimana setiap iklan yang diklik, pengiklan membayarkan sebesar x. Sedangkan kolom dibawah kolom ads diatas adalah layanan organic search / layanan seo.

Berikut ini saya berikan beberapa tips dalam mempertimbangkan layanan seo dari hasil yang terkait dengan pencarian jasa seo dari sudut pandang lingkup, teknik pengerjaan secara umum seperti terlampir dibawah ini :

1. Faktor kredibilitas dan pengetahuan

a. Konsultan seo bersertifikat

b. Konsultan seo

2. Tersedia tidaknya garansi

a. Bergaransi

b. Tidak Bergaransi

3. Metode dan Teknik yang dipakai para konsultan seo

a. White Hat Technique

b. Black Hat Technique

Artikel lain dapat merujuk pada website kami di www.edricweb.com , www.r2plan.com serta www.indonesia-webhosting.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun