Kemarin adalah kali ketiga penulis menjadi narasumber mengenai serba-serbi kurikulum merdeka. Penulis diminta untuk membahas mengenai pembelajaran berdifferensiasi.Â
Namun sewaktu di awal, penulis menekankan bahwa hal ini bukan niat untuk menggurui namun sebagai sarana saling belajar bersama. Penulis menjadi narasumber di SMA Negeri 1 Rantau yang sekaligus menjadi tempat pengabdian dan mencari rezeki.
Mengapa IHT (In House Training) mengenai pembelajaran berdifferensiasi ini diadakan ? Mengaca kepada hasil rapot pendidikan SMA Negeri 1 Rantau tahun 2022 maupun 2023 pada aspek metode pembelajaran perlu dibenahi. Penulis sangat setuju dengan adanya rapot pendidikan ini sebagai bentuk evaluasi bersama.Â
Ada isu gembar gembor Ujian Nasional saat ini banyak yang setuju memberlakukannya lagi. Penulis juga setuju mengenai Ujian Nasional diadakan lagi dengan syarat bahwa bukan sebagai penentu kelulusan namun sebagai alat evaluasi pendidikan yang terukur skala nasional. Hal ini selaras dengan penyataan dari salah satu pakar pendidikan di Indonesia Ki Darmaningtyas. Beliau pun menambahkan bahwa sebagai alat evaluasi pendidikan sangat bagus, apalagi yang diuji bukan sample namun seluruh populasi peserta didik yang ditentukan jenjangnya seperti di kelas 4 atau 5 SD, Â kelas 2 SMP sederajat, atau 2 SMA/SMK sederajat.
Pada kali ini sebagaimana pernyataan Bapak Menteri Dasar dan Menengah 2024 Prof Abdul Mu'ti yang penulis kulik dari setiap podcast beliau pada tahun sebelumnya bahwa fokus beliau yang utama adalah mengubah mindset para guru.Â
Sangat mustahil melakukan perubahan yang efektif jika mindset guru itu sendiri tidak berubah kepada lebih baik. Oleh karena itu pada saat penulis menonton catatan demokrasi di salah satu TV swasta yang menghadirkan beliau, ia berkata bahwa tidak terburu buru dalam mengambil kebijakan dan keputusan dengan memperhatikan segala aspirasi dari masyarakat. Minggu depan pun beliau memanggil seluruh kepala dinas pendidikan untuk menyamakan persepsi.
Lalu timbul pertanyaan, dengan bergantinya menteri apakah pembelajaran differensiasi akan ditiadakan? Menurut hemat penulis , pembelajaran differensiasi ini tidak akan dihilangkan dengan apapun kebijakan kurikulum tersebut, mengapa ? Karena menurut Ibu Romlah, salah satu instruktur di BPMP (Balai Penjaminan Mutu Pendidikan) Provinsi Kalimantan Selatan pembelajaran differensiasi merupakan pendekatan yang berpusat pada peserta didik, bukankah itu yang diperjuangkan dari kurikulum KTSP, KBK, maupun K13?
Penulis membuka dengan sebuah video pendek yang penulis dapatkan di suatu buku, video tersebut berjudul " The Everlasting Teacher". Banyak guru yang antusias melihat video tersebut bahkan ketika video tersebut berakhir banyak air mata yang berserakan diruangan IHT.Â
Penulis pun memberikan kesempatan kepada salah satu guru untuk memberikan tanggapan bahwa hal yang menjadi kunci utama dalam mendidik adalah menjadi guru inspiratif. Bagaimana agar dapat menjadi guru inspiratif? Salah satu caranya adalah dengan memahami latar belakang peserta didik.
Setelah itu penulis menampilkan suatu penyataan mengenai pembelajaran differensiasi yang harus dijawab seluruh guru, jika benar maka tepuk tangan, jika salah maka hentakan kaki. Ketika penulis menampilkan pernyataan bahwa "pembagian peserta didik kedalam gaya belajar visual, audiotori, dan kinestetik perlu dilakukan sebagai salah satu bentuk pembelajaran terdifferensiasi". Sontak hampir seluruh guru bertepuk tangan. Setelah itu penulis menampilkan slide berikutnya yang merupakan penjelasan berisi bahwa "tidak, pembelajaran differensiasi tidak perlu dilakukan melalui pembagian gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik". Seluruh guru pun tertawa karena selama ini ternyata mengalami miskonsepsi.