Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pesan Whatsapp Mahasiswa, "Selamat Hari Guru, Bapak."

30 November 2020   18:12 Diperbarui: 30 November 2020   20:16 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi mahasiswa belajar  mandiri (worldofwp.com)

Ujian Tengah Seester (UTS) sudah saya persiapkan. Pada semester ini saya memegang dua mata kuliah di empat kelas di sebuah perguruan tinggi negeri. Mata kuliah Pendidikan Pancasila dan mata kuliah Komunikasi Pembangunan. Jadi, UTS sekaligus untuk keempat kelas itu.

Sebelum menggelar ujian, saya sempat berembug dengan para ketua kelas/korti  keempat kelas menyangkut media apa yang akan kami pergunakan saat ujian tersebut. Kami pun sepakat menggunakan google form.

Setiap materi ujian berisi lima pertanyaan, semuanya esai, menjelaskan. Dengan model soal esai, saya berharap bisa mengeksplorasi pengetahuan mahasiswa terhadap setiap soal yang tersedia.

Sembari  mempersiapkan soal ujian, saya membayangkan mahasiswa yang selama ini belajar melalui daring, tanpa luring. Sungguh saya khawatir akan pemahaman mereka tanpa melalui tatap muka secara intensif seperti kami lakukan sebelum Covid-19.

Lima Pertanyaan

Akhirnya, dari lima pertanyaan yang saya susun, ada dua soal yang jawabannya ada di dalam power point yang saya sampaikan kepada mereka dalam proses pembelajaran. Tinggal mereka mengembangkankan jawaban dengan bahasa sendiri.

Tiga lainnya adalah pertanyaan tentang pendapat mereka mengenai suatu permasalahan: "Apa pendapat Saudara tentang..."  Begitulah kurang-lebih.

Saya berikan tenggat waktu mengumpulkan jawaban melalui google form sampai dengan 2 hari. Tetapi, belum sampai dua hari, semua mahasiswa sudah bisa menyelesaikan jawaban dan mengirimkannya.

Ucapan Selamat Hari Guru

Ilustrasi mahasiswa di kampus (flickr.com) 
Ilustrasi mahasiswa di kampus (flickr.com) 
Di awal perkuliahan kami sudah membuat whatsapp group. Para ketua kelas atau korti menjadi admin-nya. Melalui WA group inilah kami saling berkomunikasi ikhwal perkuliahan.

Tiba-tiba, sehari menjelang dan tepat pada Hari Guru Nasional, 25 November 2020, melalui WA group tersebut, saya dapatkan banyak pesan yang disampaikan oleh para mahasiswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun