Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Belajar Filsafat dari Sebuah Novel Ternyata Sangat Mengasyikkan!

22 Agustus 2020   07:40 Diperbarui: 22 Agustus 2020   15:42 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: novel dunia shophie (dok. pribadi).

Membaca buku adalah kegembiraan saya di sela-sela pekerjaan utama. Setiap  hari saya selalu usahakan sisihkan waktu membaca sebagaimana juga kegiatan menulis untuk kompasiana. Menyenangkan sekali melakukan dua kegiatan ini, membaca dan menulis, begitu silih berganti.

Creative Writing

Seperti pernah saya sampaikan sebelum ini, ada sebuah buku bagus yang saya baca. Judulnya: Creative Writing. Buku tersebut pada intinya memberikan gambaran kepada pembaca tentang apa dan bagaimana menulis kreatif. Di dalamnya ada teknik membuat karakter, membuat plot, dialog, adegan, dan konstruksi; sesuatu yang sangat diakrabi oleh para penulis kreatif.

Saya membaca buku setebal 197 halaman tersebut sampai dua kali. Tidak puas membaca sekali, saya membacanya kembali secara pelan-pelan. Ternyata buku terbitan Banana ini tak hanya baik buat pengarang fiksi, bahkan juga untuk para penulis pada umumnya.

Betapa tidak! Di dalamnya terdapat sejumlah anjuran dan motivasi yang sangat berharga untuk dijadikan panduan dalam menulis dan untuk menyalakan dan mengobarkan semangat menulis. Jadi, dapat ilmunya dan dapat pula lecutan semangatnya.

Untuk menyebut beberapa saja,  misalnya: pentingnya berlatih menulis secara kontinu;  mengkonkretkan konsep-konsep abstrak;  mengurai sebuah topik dengan melibatkan sebanyak mungkin indera;  menunjukkan, bukan menceritakan; berdisiplin dalam menulis; dan pentingnya membaca untuk bisa terus menulis.

Saking senangnya membaca buku ini, sampai-sampai beberapa bagian pentingnya saya garis-bawahi untuk membantu mengingat bagian tersebut kelak.

Dunia Sophie

Usai membaca buku Creative Writing karya A.S Laksana itu, lalu saya ingat dengan sebuah novel yang belum tuntas saya baca. Sekarang ingin saya lanjutkan membacanya. Kok tiba-tiba? Gara-gara A.S Laksana menganjurkan pembacanya agar rajin membaca, secara spontan saya teringat novel tersebut dan tergerak untuk meneruskan menikmatinya.

Saya membeli novel itu 5 Desember 2010. Jadi, sudah hampir sepuluh tahun yang lalu. Lama sekali buku itu saya letakkan di dalam rak buku setelah membacanya di bagian-bagian awal. 

Perlu waktu untuk membacanya, demikian saya pikir saat itu. Karena sudah lupa isinya, maka saya putuskan kembali membaca novel  ini dari awal lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun