Mohon tunggu...
ECOFINSC UNDIP
ECOFINSC UNDIP Mohon Tunggu... Jurnalis - Kelompok Study Finance FEB UNDIP

ECOFINSC FEB UNDIP adalah organisasi mahasiswa berbentuk kelompok studi yang mengkhususkan diri pada kajian, diskusi, serta penelitian mengenai permasalahan perekonomian maupun keuangan di lingkup nasional maupun internasional. Lebih lanjut mengenai ECOFINSC dapat di akses melalui https://linktr.ee/Ecofinscfebundip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Penutupan Tiktok Shop pada UMKM dan Perekonomian

13 November 2023   20:11 Diperbarui: 14 November 2023   21:45 1142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: Ecofinsc

          Di era digital yang sedang berkembang pesat, platform media sosial telah menjadi pusat aktivitas bagi jutaan pengguna di seluruh dunia. Selain berbagi foto, video, dan berinteraksi dengan teman-teman, pengguna kini juga dapat berbelanja daring melalui platform e-commerce yang terintegrasi dengan media sosial. Salah satu fenomena terbaru dalam hal ini adalah TikTok Shop. TikTok, yang pada awalnya hanya dikenal sebagai platform berbagi video pendek, telah berevolusi menjadi platform e-commerce yang kuat, memungkinkan pengguna untuk langsung membeli produk melalui aplikasi tersebut.

     TikTok Shop merupakan fitur belanja online yang memungkinkan pengguna melakukan jual beli barang secara langsung di aplikasi TikTok. Fitur ini diluncurkan pada 17 April 2021 di Indonesia, sebagai bagian dari platform distribusi video singkat TikTok. TikTok Shop memberikan kesempatan kepada para penjual, pembeli, dan kreator untuk menyediakan pengalaman berbelanja yang lancar, menyenangkan, dan nyaman. Pada peluncuran perdananya, TikTok Shop menggandeng artis Nagita Slavina untuk mengadakan program live shopping di "Toko Mama Gigi" secara live di TikTok. Nagita menampilkan berbagai produk, mulai dari masker, perlengkapan kecantikan hingga alat-alat elektronik dengan berbagai promo menarik dan berhasil menjangkau 1,4 juta penonton.

     TikTok Shop mengusung konsep seluruh kegiatan transaksi dilakukan di dalam aplikasi. Mulai dari pengenalan produk, pemilihan produk, proses transaksi, komunikasi dengan penjual, pengiriman dan penilaian produk dilakukan langsung pada aplikasi TikTok. Fitur ini berbeda dengan Instagram Shopping dan Facebook Shop yang mengarahkan pengguna pada situs penjual untuk bertransaksi. Adanya fitur TikTok Shop tersebut tentunya memiliki beberapa pengaruh terhadap seluruh aspek, baik positif maupun negatif. Berikut adalah beberapa di antaranya:

     Pengaruh Positif

  • TikTokShop telah menjadi platform yang populer untuk pengusaha kecil dan menengah, memungkinkan mereka mencapai audiens yang lebih luas daripada yang bisa mereka capai melalui toko fisik atau situs web mereka sendiri. Hal ini menyebabkan pertumbuhan bisnis dan lapangan pekerjaan baru.

  • TikTok Shop memengaruhi perilaku konsumen. Melalui video-videonya, seller dapat memberikan informasi yang jelas tentang produk, yang dapat membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang lebih informasi. Ini juga memengaruhi tren pembelian, terutama di kalangan generasi muda yang lebih akrab dengan platform TikTok.

  • TikTok Shop juga memberikan kesempatan bagi para kreator konten untuk berkolaborasi dengan penjual dan mempromosikan produk. Ini memungkinkan para kreator untuk menghasilkan pendapatan tambahan dan memperluas jangkauan mereka, menciptakan sinergi positif antara industri kreatif dan bisnis.

     Pengaruh Negatif

  • Tiktok Shop dapat mengancam keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tidak menggunakan dan memanfaatkan fitur tersebut, karena kalah bersaing dengan produk-produk yang dijual sangat murah melalui Tiktok Shop. 

  • Masalah regulasi, seperti perlindungan konsumen, hak cipta, pajak, dan lain-lain. Banyak produk yang dipasarkan melalui Tiktok Shop tidak memiliki izin resmi, yang tidak sesuai dengan standar kualitas, atau bahkan produk yang dipasarkan palsu. Oleh karena itu, Tiktok Shop dapat merugikan konsumen dan negara.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5
    6. 6
    7. 7
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun