Menurut Michael Rappa, model bisnis dalam eCommerce dibagi menjadi 8, yaitu:
- Brokerage
- Advertising
- Infomediary
- Merchant
- Manufacturer
- Affiliate
- Community
- Subscription
Pada sebuah strategi situs web terkadang kombinasi antar beberapa model bisnis digunakan untuk menghasilkan keuntungan bagi organisasi.
- Brokerage
- Membawa pembeli dan penjual pada satu tempat yang sama dan menjadi fasilitator transaksi.
- Model penghasilannya terutama dari biaya persen per transaksi yang terjadi.
2. Advertising
- Merupakan pengembangan dari model broadcasting (penyiaran) tradisional.
- Dalam hal ini yang menjadi broadcaster (penyiar) adalah situs web yang menyediakan content (isi) dan services (layanan) dikombinasikan dengan advertising message (iklan) yang terletak di banner.
- Model penghasilannya terutama dari biaya pemasangan banner.
- Model ini hanya bisa berjalan apabila traffic dari situs web broadcaster (penyiar) cukup besar / sering dikunjungi.
3. Infomediary
- Data mengenai pembeli dan kebiasaan membeli mereka sangat penting, data tersebut kemudian digunakan sebagai bahan analisis.
- Hasil analisis tersebut dijual ke pihak ketiga yang memerlukan.
4. Merchant
- Model bisnis ini merupakan bentuk elektronis dari penjualan barang secara grosir maupun eceran (retail).
- Penjualan bisa melalui harga yang ada maupun melalui lelang
5. Manufacturer
- Perusahaan brick and mortar, yang sudah mempunyai basis industri sendiri, membuat web untuk beberapa tujuan :
- Memperpendek rantai distribusi produk dengan akses langsung ke pemakai.
- Meningkatkan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelangan secara langsung.
6. Affiliate
- Model bisnis yang memungkin afiliasi antar situs web eCommerce untuk melakukan promosi / penjualan di Internet
7. Community
- Berbasiskan pada kepuasan pengunjung situs, pada beberapa kasus pengunjung merupakan penyumbang isi dan pendapatan dari situs web tersebut.
8. Subscription
- Pengunjung membayarkan sejumlah uang pada saat akan mengakses situs tersebut. Isi dari situs tersebut merupakan informasi yang bernilai tinggi.
- Pengunjung dikenakan biaya berdasarkan dengan banyaknya fasilitas yang diakses pada situs web tersebut. Umumnya situs web untuk payment gateway untuk kartu kredit.
Anggota Kelompok
1. Muhammad Askari - 30109479
2. Achmad Maulana Aditya - 30109047
3. Margareta Erni - 30109336
4. Yuni Ekasari - 30109197
Politeknik Telkom
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H