Mohon tunggu...
echaimutenan
echaimutenan Mohon Tunggu... Penulis - Blogger Mom

www.echaimutenan.com

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Jangan Lupa Stretching Saat Mengejar Khatam Al Quran di Bulan Ramadan

6 April 2023   17:40 Diperbarui: 6 April 2023   17:49 952
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pasti selama bulan Ramadan ini inginnya bisa banyak melakukan ibadah pada Allah kan? Iya, sama saya juga! Tapi mengingat kondisi kesehatan saya tidak seperti dulu lagi, paling tidak cari cara bagaimana tetap bisa beribadah dengan baik meski dalam keadaan sakit.

Hal yang paling sangat saya sesali selama menjadi blogger adalah duduk lama sampai lupa berdiri. Serius, saya bisa itu bisa tahan dari pagi sampai malam duduk di depan komputer lama. Beda banget saat saya masih bekerja jadi kuli kantor dulu, intensitas bertemu banyak orang lebih sering hingga berjalan itu banyak. 

Aktifitas dalam beberapa tahun terakhir itu membuat saya yang memang kena syaraf kejepit atau HNP jadi lumpuh seperti sekarang. Duduk terlalu lama dengan posisi yang sama memang bisa membuat otot punggung, bahu, dan pinggul bekerja lebih banyak sehingga menjadi kaku, pegal, dan nyeri. Tapi menyesal kan sudah tidak ada gunanya, sekarang bagaimana agar tetap sehat dan tetap beraktivitas kembali meski terbatas. 

Baca Juga: Ikhlas dengan Diri Sendiri

Salah satu yang dilakukan di bulan Ramadan adalah tadarus Al Quran. Demi mengejar khatam Al Quran di bulan Ramadan, kadang lupa terus duduk kan? Secara ya membaca Al Quran kan memang duduk, betul tidak? Nah agar badan tetap sehat tanpa ada cedera punggung, alangkah lebih baik melakukan stretching setelah duduk lama saat membaca Al Quran.

Sebenarnya hal ini saya sudah lakukan lama dengan memakai smartwatch yang ada timer getar saat sudah satu jam. Namun lagi-lagi, karena saat itu merasa keasyikan duduk saya memang jarang mengindahkan alarm tersebut. Ditlen nih ditlen!.

Nah, sekarang tidak dan jangan lagi ya! Tidak ada salahnya mulai menjaga badan sendiri, salah satunya dengan melakukan strecthing setelah duduk lama membaca Al Quran. Salah satu manfaat stretching adalah menjaga fleksibilitas otot. Dan ternyata memang harus diselingi peregangan saat duduk terlalu lama, agar terhindar dari penyakit. Yaaa, seperti sakit HNP saya ini contohnya.

Stretching atau peregangan otot merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menjaga otot-otot tubuh tetap lentur, kuat dan, sehat.

Cara Melakukan Stretching Setelah Duduk Lama yang Biasa Saya Lakukan

  1. Menegakkan punggung dan memajukan dada selama 30 detik, istirahat lalu lanjutkan hingga 5 kali

  2. Kaitkan kedua telapak tangan dan angkat tinggi ke atas. Dorong semaksimal mungkin

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Segar Selengkapnya
    Lihat Segar Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun