Mohon tunggu...
Early Kusumaningtyas
Early Kusumaningtyas Mohon Tunggu... Human Resources - HR Enthusiast/Technical Recruiter/Writer/Teacher/Breast Cancer Warrior

Saya seorang HR Enthusiast yang punya hobi menulis cerpen dengan genre horor dan juga suka menulis artikel tentang persiapan karir untuk Fresh Graduate. Saya juga mengajar Fresh Graduate dan Non Fresh Graduate terkait persiapan menghadapi interview dan tes kerja. Saya juga sebelumnya mengajar di homeschooling dan mengajar Bahasa Inggris untuk Employee dan anak-anak.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kenapa Gaji Guru di Indonesia Dihargai Rendah? Terutama Guru PAUD dan TK

6 Agustus 2024   08:26 Diperbarui: 6 Agustus 2024   08:44 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Own Design via Canva Pro

Pentingnya Peran Guru dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Guru adalah pilar penting dalam pembangunan bangsa, terutama dalam pendidikan anak usia dini. Mereka memainkan peran kunci dalam membentuk karakter, pengetahuan, dan keterampilan anak-anak. Namun, di Indonesia, terutama bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK), apresiasi terhadap peran ini masih sangat minim, terlihat dari rendahnya gaji yang mereka terima. Artikel ini akan mengeksplorasi alasan di balik rendahnya gaji guru di Indonesia, khususnya bagi guru PAUD dan TK, serta membandingkannya dengan kondisi di luar negeri.

1. Kendala Anggaran Pendidikan

Salah satu alasan utama rendahnya gaji guru di Indonesia adalah keterbatasan anggaran pendidikan. Meskipun Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan alokasi anggaran pendidikan sebesar 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), implementasinya masih jauh dari harapan. Sebagian besar anggaran ini terserap untuk kebutuhan operasional dan infrastruktur, sehingga alokasi untuk gaji guru, terutama di sektor non-formal seperti PAUD dan TK, menjadi minim.

2. Persepsi Masyarakat terhadap Guru PAUD dan TK

Persepsi masyarakat terhadap pendidikan anak usia dini juga berpengaruh. Banyak yang masih menganggap PAUD dan TK hanya sebagai tempat bermain, bukan sebagai institusi pendidikan yang serius. Padahal, masa ini adalah periode emas dalam perkembangan kognitif dan emosional anak. Rendahnya penghargaan ini tercermin dalam kebijakan gaji dan tunjangan yang tidak memadai.

3. Ketidakseimbangan antara Kualifikasi dan Penghargaan

Di luar negeri, guru PAUD dan TK sering kali harus memenuhi kualifikasi akademik yang tinggi dan pelatihan profesional yang ketat. Di Indonesia, meskipun ada peningkatan dalam persyaratan kualifikasi, penghargaan finansial tidak sebanding. Guru yang sudah berpendidikan tinggi dan berpengalaman sering kali tidak menerima gaji yang layak, yang seharusnya mencerminkan tingkat kompetensi dan tanggung jawab mereka.

4. Kurangnya Perlindungan Hukum dan Jaminan Kerja

Guru PAUD dan TK sering kali bekerja di bawah status kontrak atau tidak tetap, dengan sedikit perlindungan hukum dan jaminan kerja. Hal ini berbeda dengan negara-negara maju di mana guru mendapatkan jaminan pekerjaan yang lebih baik dan perlindungan sosial yang memadai. Di Indonesia, ketidakpastian ini menambah beban bagi guru, yang sering kali harus bekerja dengan kondisi yang tidak stabil.

5. Kebijakan dan Prioritas Pemerintah

Pemerintah Indonesia masih fokus pada pengembangan pendidikan dasar dan menengah, sementara pendidikan anak usia dini sering kali diabaikan. Kebijakan dan prioritas yang tidak seimbang ini berdampak pada alokasi anggaran dan perhatian terhadap guru PAUD dan TK. Di beberapa negara, pendidikan anak usia dini dianggap sebagai investasi penting untuk masa depan, dan guru di sektor ini diperlakukan dengan hormat dan diberikan kompensasi yang layak.

Perbandingan dengan Luar Negeri

Di negara-negara maju, seperti Finlandia, Swedia, dan Jepang, guru PAUD dan TK dihargai tinggi baik dari segi finansial maupun sosial. Mereka dianggap sebagai profesional yang sangat penting dalam pendidikan dan perkembangan anak-anak. Gaji yang layak, tunjangan, dan penghargaan yang memadai mencerminkan peran penting mereka dalam masyarakat. Selain itu, dukungan terhadap kesejahteraan dan pelatihan berkelanjutan membuat profesi guru PAUD dan TK di luar negeri menjadi karier yang dihormati dan diidamkan.

Kesimpulan

Rendahnya gaji guru di Indonesia, terutama bagi guru PAUD dan TK, merupakan cerminan dari kurangnya apresiasi terhadap pentingnya pendidikan anak usia dini. Meskipun guru berperan vital dalam membentuk masa depan bangsa, kebijakan dan prioritas yang ada belum memberikan penghargaan yang layak. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan guru, diperlukan reformasi kebijakan yang komprehensif dan perubahan persepsi masyarakat terhadap profesi guru. Penghargaan yang lebih tinggi, baik dari segi finansial maupun sosial, akan mendorong guru untuk terus berkontribusi dalam menciptakan generasi yang cerdas dan berdaya saing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun