Mohon tunggu...
Early Kusumaningtyas
Early Kusumaningtyas Mohon Tunggu... Human Resources - HR Enthusiast/Technical Recruiter/Writer/Teacher/Breast Cancer Warrior

Saya seorang HR Enthusiast yang punya hobi menulis cerpen dengan genre horor dan juga suka menulis artikel tentang persiapan karir untuk Fresh Graduate. Saya juga mengajar Fresh Graduate dan Non Fresh Graduate terkait persiapan menghadapi interview dan tes kerja. Saya juga sebelumnya mengajar di homeschooling dan mengajar Bahasa Inggris untuk Employee dan anak-anak.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

The Tren of the Rise of Nomadic Workspaces: Transforming Coffee Shops into Offices

4 Agustus 2024   12:25 Diperbarui: 4 Agustus 2024   12:32 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Own Design by Canva Pro

Pendahuluan

Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan dalam budaya kerja, konsep "nomadic workspaces" semakin populer. Istilah ini merujuk pada tren bekerja dari tempat-tempat unik seperti coffee shop, perpustakaan, atau bahkan taman, di luar lingkungan kantor tradisional. Artikel ini akan mengeksplorasi fenomena ini, mengapa semakin banyak orang memilih untuk bekerja dari tempat-tempat tersebut, dan bagaimana hal ini memengaruhi produktivitas serta kesejahteraan karyawan.

Mengapa Memilih Nomadic Workspaces?

Fleksibilitas dan Kebebasan

  • Salah satu alasan utama orang memilih nomadic workspaces adalah fleksibilitas yang ditawarkan. Tanpa batasan ruang dan waktu, pekerja dapat memilih tempat yang sesuai dengan mood dan kebutuhan mereka.

Lingkungan yang Inspiratif

  • Bekerja di lingkungan yang berbeda dapat merangsang kreativitas dan memberikan perspektif baru. Sebuah coffee shop dengan desain artistik atau perpustakaan yang tenang dapat menjadi sumber inspirasi yang tak terbatas.

Koneksi Sosial

  • Meski bekerja dari rumah memiliki keuntungannya, banyak yang merindukan interaksi sosial. Coffee shop dan ruang publik lainnya menawarkan kesempatan untuk bertemu orang baru atau hanya sekadar menikmati suasana ramai.

Efisiensi Biaya

  • Dengan bekerja dari coffee shop atau perpustakaan, seseorang dapat mengurangi biaya transportasi dan kebutuhan akan ruang kantor pribadi. Banyak coffee shop juga menyediakan Wi-Fi gratis dan minuman dengan harga terjangkau.

Dampak pada Produktivitas

1. Peningkatan Fokus dan Konsentrasi

  • Lingkungan yang baru dan berbeda dapat membantu meningkatkan fokus. Suara latar belakang yang lembut di coffee shop, misalnya, sering dianggap sebagai "white noise" yang membantu konsentrasi.

2. Pengaturan Waktu yang Lebih Baik

  • Dengan bekerja dari tempat-tempat unik, karyawan dapat memanfaatkan waktu lebih efisien. Misalnya, mereka bisa memilih untuk bekerja lebih awal atau lebih larut sesuai dengan jam operasional tempat tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun