Aksi nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak kegiatan aksi nyata digunakan sebagai implementasi dari rencana manajemen perubahan yang telah dibuat dengan pendekatan Inquiry Apresiatif (IA) untuk menumbuhkan murid yang memiliki Profil Pelajar Pancasila.
Latar belakang saya melakukan aksi Nyata berdasarkan tujuan pendidikan KHD yaitu menuntun segala kodrat pada anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya, baik sebagai anggota masyarakat maupun sebagai manusia.
Sebagai calon guru penggerak saya berperan untuk menuntun dan menumbuhkan kepemimpinan murid-murid yang memiliki Profil pelajar pancasila melalui pengajaran dan pembiasaan yang disesuaikan dengan kondisi murid maupun situasi disekolah, kemudian melalui pendekatan Inquiry Apresiatif (IA) saya sebagai calon guru penggerak merumuskan Visi murid impian yaitu terwujudnya tamatan cerdas, terampil, kreatif berakhlak mulia, berwawasan lingkungan dan mampu bersaing di era globalisasi dan berkarakter profil pelajar pancasila.
Dari Visi tersebut, kemudian saya mengejewantahkan salah satu aspek visi (berkarakter) melalui prakarsa perubahan diri, yaitu berupaya untuk mewujudkan kepemimpinan siswa melalui pendekatan rasa percaya diri ( Sub element dimensi mandiri profil pelajar pancasila).
TUJUAN AKSI NYATAÂ
Yaitu bertujuan untuk mewujudkan  siswa berkarakter Profil pelajar Pancasila khususnya pada dimensi mandiri (Sub element percaya diri). Â
Tahapan aksi NyataÂ
Persiapan
Pelaksanaan
Refleksi
PERSIAPAN
Pada tahap persiapan, saya melaksanakan perencanaan strategi penerapan Aksi Nyata kemudian melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan kepala sekolah dan rekan sejawat untuk pelaksanaannya, hal- hal yang saya koordinasi berkaitan  dengan kegiatan pengajaran dan pembiasaan yang dapat meningkatkan rasa percaya diri.
PELAKSANAAN
Pada tahap pelaksanaan saya mengimplementasikan prakarsa perubahan diri yang telah saya rencanakan dengan tahapan BAGJA, yaitu kegiatan-kegiatan yang tertuang dalam kegiatan belajar mengajar  dan pembiasaan yang dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa diantaranya Berdoa, menjadi petugas Upacara dan persentase dikelas.
 REFLEKSI
Pada tahap refleksi saya menuliskan pada jurnal refleksi mengenai pengalaman penerapan dan pembelajaran apa yang saya dapatkan selama proses aksi nyata. Saya juga membuat rencana tindak lanjut mengenai apa yang akan saya perbaiki dan saya tingkatkan dari aksi nyata yang telah saya laksanakan, Kritikan, Saran, dan masukan dari rekan sejawat serta siswa juga akan saya tampung dan perbaiki diri dimasa sekarang dan mendatang.
Terima kasih Salam Guru Penggerak
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H