Mohon tunggu...
Dzulfajri Hadini
Dzulfajri Hadini Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 1 Balla

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Mamasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Filosofi Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran di Kelas

21 Januari 2023   10:50 Diperbarui: 22 Januari 2023   03:19 3463
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berkonsultasi dengan Kepala Sekolah | Sumber: Dok Pribadi

Selama saya mengikuti pendidikan guru penggerak pada Modul 1.1 saya merasakan pembelajaran yang sebelumnya saya lakukan terpusat pada Guru, Pada hal seharusnya pembelajaran tersebut berpusat kepada Murid. Sehingga Murid/anak kurang mengekspor kemampuannya, Kurang mandiri dan tidak memiliki kebebasan dalam berekspresi. 

Setelah saya mempelajari Modul 1.1 tentang Filosofi KHD saya banyak belajar tentang pemikiran-pemikiran KHD, Sehingga dapat memperbaiki pembelajaran yang telah saya lakukan. 

Pembelajaran PGP | Sumber: Dok Pribadi
Pembelajaran PGP | Sumber: Dok Pribadi

Filosofi pendidikan menurut KHD ini menyadarkan saya pentingnya memberikan pendidikan yang menuntun dibanding hanya sekedar mengajar saja. Saya harus memberikan contoh teladan yang baik kepada murid. 

IDE DAN GAGASAN YANG TIMBUL SELAMA PROSES PERUBAHAN YAITU:

Mengubah metode pembelajaran saya yang awalnya TEACHER CENTER menjadi STUDENT CENTER dengan menerapkan nilai-nilai Kolaboratif, Aktif, Mandiri dan Berani.

Praktik baik Aksi  Nyata

Sebelum saya melakukan Aksi Nyata tentang Pemikiran Bapak KHD saya lakukan tahap perencanaan terlebih dahulu yaitu Meminta izin kepada kepala sekolah dan berdiskusi dengan teman sejawat yang sama-sama mengampuh mata pelajaran IPA ataupun Mata pelajaran lain disekolah, Selain itu saya menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan Bahan ajar lainnya.

Berkonsultasi dengan Kepala Sekolah | Sumber: Dok Pribadi
Berkonsultasi dengan Kepala Sekolah | Sumber: Dok Pribadi

Berkonsultasi dengan Teman Sejawat | Sumber: Dok Pribadi
Berkonsultasi dengan Teman Sejawat | Sumber: Dok Pribadi

PELAKSANAAN

  1. Berdoa terlebih dahulu

  2. Mengecek kehadiran siswa

  3. Membuat kesepakatan kelas

  4. Menyampaikan tujuan pembelajaran

  5. Memberikan penjelasan mengenai materi yang akan di bahas

  6. Menyuruh siswa duduk sesuai kelompok

  7. Menyampaikan cara pengerjaan LKPD

  8. Menunjuk siswa untuk persentase

  9. Merefleksi kegiatan dan memberikan apresiasi kepada murid

  10. Memberikan penguatan

  11. Menyuruh anak berdoa/memberi salam kepada bapak/ibu guru pada saat pembelajaran selesai.(penutup).

Dok Pribadi
Dok Pribadi

Dok Pribadi
Dok Pribadi

REFLEKSI (Untuk Guru).

TANTANGAN

  1. Masih ada beberapa murid yang tidak mau bekerjasama dengan temannya, hanya diam saja mengandalkan teman kelompoknya.

  2. Masih ada beberapa murid yang malu-malu saat persentase didepan kelas.

SOLUSI

  1. Melakukan pembimbingan secara personal

  2. Melatih mereka untuk berani berbicara didepan kelas ataupun diluar kelas dengan membiasakan melakukan kegiatan serupa agar terbiasa dalam persentasi.

Video Youtube


Tetap semangat salam dan bahagia bapak/ibu guru Penggerak

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun