Mohon tunggu...
Dzulekha Isnawa Arpiya Hanafi
Dzulekha Isnawa Arpiya Hanafi Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Raden Mas Said Surakarta

Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perbandingan Metode Hukum Islam: Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah dalam Menjawab Permasalahan Ekonomi dan Riba

23 September 2024   17:55 Diperbarui: 23 September 2024   17:57 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam paradigma hukum Islam di Indonesia, Nahadatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah merupakan organisasi penting terbesar yang memiliki pengaruh dalam pembentukan fatwa dan ijtihad. Masing-masing memiliki metode yang berbeda dalam merespon persoalan hukum, baik dari segi yuridis normatif maupun yuridis empiris. Meski keduanya berlandaskan Al-qur'an dan Hadist, NU lebih condong mempertahankan pendekatan tradisional yang konservatif dengan metode qowly, meski kini lebih progesif melalui pendekatan manhaji. Sebaliknya, Muhammmadiyah lebih menekankan ijtihad yang dinamis dan progesif, dengan penekanan kuat pada pada prinsip-prinsip rasional berdasarkan latar belakang yang spesifik. Artikel ini akan mengulas lebih dalam perbedaan metodologi serta asas-asas yang digunakan oleh kedua organisasi dalam menjawab isu-isu kontemporer, khususnya pandangan mereka terhadap permasalahan ekonomi dan riba.

A. Nahdlatul Ulama (NU)

1. Yuridis Normatif

a. metode

Pada awalnya menggunakan metode tekstual konservatif (qawli) yang merujuk pada kitab-kitab klasik mazhab dalam mengambil keputusan hukum. Namun, terjadi pergeseran menuju pendekatan yang lebih kontakistual dan progressif, menggunakan metode manhaji (metodologis) dalam memecahkan masalah yang lebih kompleks. Namun, NU tetap mempertahankan tradisi mengikuti mazhab fiqh yang otoritatif, dan baru beralih ke pendekatan progresif ketika metode qawli dan ilhaq tidak memberikan Jawaban hukum yang memadai.

b. asas-asas

1.NU Menghargai tradisi dan mazhab yang ada, terutama dalam mengacu pada kitab-kitab klasik ulama, serta mengutamakan metode qawl dalam pengambilan keputusan.

2. NU menerapkan pendekatan kontekstual dan progresif dalam ijtihad, berusaha menjawab tantangan zaman dengan merujuk pada prinsip maqid al-shar'ah.

3.Keputusan hukum diambil secara kolektif melalui forum Bahtsul Masail, memperhatikan konsensus ulama dan keadaan masyarakat.

2. Yuridis Empiris

Lembaga Bahtsul Masall (LBM) NU memutuskan bahwa bunga bank dianggap riba yang bertentangan dengan prinsip syariah. Keputusan ini didaasarkan pada analisis empiris terhadap praktik skonomi yang ada di masyarakat.

b. Asas-asas

1.NU awalnya mengandalkan metode qawl (teksual-konservatif), namun telah mengalami pergeseran menuju pendekatan kontekstual. Ini menunjukkan adanya respons terhadap perubahan sosial dan ekonomi yang tidak selalu dijelaskan dalam teks-teks klasik.

2.NU menggunakan metode ilq untuk menyamakan masalah baru dengan hukum yang sudah ada, serta menerapkan pendekatan manhaj yang lebih fleksibel dan aplikatif dalam penerapan hukum.

3.Proses pengambilan keputusan di NU sering melibatkan dialog antara ulama untuk mencapai konsensus, yang mencerminkan usaha untuk mengadaptasi pemikiran klasik dengan konteks modern.

B. Muhammadiyah

1. Yuridis Normatif

a. metode

Mengembangkan pemikiran hukum talam yang cenderung progresif dengan menggunakan metode ijtihad yang lebih dinamis dan terbuka. Metode tarjih yeng mereka gunakan didasarkan pada Al-Qur'an dan Hadis, serta lebih fokus pada penafsiran yang independen. Mereka menolak taklid (mengikuti tanpa kritik) dan mengutamakan ijtihad sebagai alat untuk menjawab tantangan zaman.

b. asas-asas

1.Muhammadiyah menekankan pentingnya kembali kepada sumber-sumber utama Islam, yaitu Al-Quran dan Sunnah, sebagai landasan dalam mengambil keputusan hukum.

2.Mengutamakan ijtihad yang bebas dan rasional, mendorong keaktifan dalam mencari pemahaman baru yang relevan dengan konteks zaman.

3.Menerapkan prinsip-prinsip modern dalam kehidupan sosial dan ekonomi, termasuk dalam bidang hukum, dengan tujuan untuk mencapai keadilan dan kemajuan.

2. Yuridis Empiris

a. Metode

Muhammadiyah menganggap bunga Bank sebagai riba tetapi dengan pendekatan dinamis yang mempertimbangkan konteks ekonomi modern, sehingga fatwa dapat lebih fleksibel dalam penerapannya

b. Asas-asas

1.Muhammadiyah menerapkan metode yang bersifat progresif dan dinamis, dengan menggunakan pendekatan bayani, tall, dan istil. Ini mencerminkan keterbukaan terhadap perubahan dan perkembangan dalam konteks sosial dan ekonomi.

2.Muhammadiyah mengedepankan ijtihad yang berfokus pada realitas masyarakat dan isu-isu kontemporer. Pendekatan ini memungkinkan mereka untuk merespons dengan cepat terhadap tantangan yang dihadapi umat Islam, dengan mengacu pada prinsip-prinsip Al-Quran dan Sunnah.

3.Metodologi tarjih dalam Muhammadiyah telah berkembang menjadi multidisipliner, mencakup berbagai metode dan pendekatan untuk menjawab isu-isu aktual.

Kelompok 6

1. Dzulekha Isnawa Arpiya Hanafi 222111011

2. Wulan Lailatun Nisak 222111021

3. Caesar Habib Al Amin 222111023

4. Ayssyah Syfa Azzahra 222111073

5.  Fitri Amalia Wiryani 222111380

#uinsaidsurakarta2024

#muhammadjulijanto

 #prodihesfasyauinsaidsurakarta2024

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun