Mohon tunggu...
Dzkr
Dzkr Mohon Tunggu... Mahasiswa - Nama Samaran

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Muhammad Raheem Bawa Muhaiyaddeen

2 April 2022   12:35 Diperbarui: 2 April 2022   12:47 812
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Muhammad Raheem Bawa Muhaiyaddeen merupakan sosok seorang sufi yang berasal dari Sri Lanka dan tiba di Amerika Serikat pertama kalinya pada tanggal 11 Oktober 1971. Beliau memiliki pengikut ayng menyebar di seluruh Amerika Serikat dan Kanada hingga Australia dan Inggris. Mereka mendirikan sebuah perkumpulan di Philadelphia, Amerika Serikat dengan nama Bawa Muhaiyaddeen Fellowship (BMF). Beliau juga memiliki banyak murid di Sri Lanka sebelum Beliau hijrah ke Amerika Serikat. Beliau wafat pada tanggal 8 Desember 1986 Philadelphia, Amerika.

Diambil dari pernyataan seorang muridnya di Sri Lanka, Bawa Muhaiyaddeen sebelum kemunculannya, Beliau datang dari sebuah hutan di Sri Lanka. Pada tahun 1940, Beliau pertama kalu muncul dan sejak saat itu Beliau banyak menghabiskan waktu luangnya di sebuah langar yang diberi nama “Kataragama” di bagian Selatan Sri Lanka. Beliau juga kadang menghabiskan waktunya di subuah kuil yang Bernama Al-Jilani, yaitu sebuah kuli yang didedikasikan untuk Syekh Abd al-Qdir al-Jilani. Beberapa pengikutnya ada yang memanggil Bawa Muhaiyaddeen dengan sebutan Swami atau guru. Mereka adalah orang-orang Hindu yang tinggal di kota Jaffna. Bawa Muhaiyaddeen merupakan seorang sufi dan juga seorang tabib yang ahli dalam menyembuhkan berbagai penyakit medis. Beliau juga bisa menyembuhkan penyakit spiritual seperti kerasukan.

Beberapa tahun berlalu, dan Sebagian pengikutnya yang berada di Kolombo mengundang Bawa Muhaiyaddeen untuk berkunjung ke ibu kota Sri Lanka. Pengikutnya yang berada di Kolombo mayoritas adalah seorang Muslim. Mereka mendirikan sebuah perkumpulan yaitu ‘Lingkaran Studi Sufi Serendib’ pada tahun 1967. Sebelumnya pada tahun 1955, di kota Mankumban yang berada di pantai utara, Bawa Muhaiyaddeen telah menetapkan fondasi untuk mendirikan sebuah masjid di daerah tersebut. Dua decade berlalu dan masjid tersebut telah selesai dibangun. Bawa Muhaiyaddeen mendapatkan bantuan dari para pengikutnya yang datang dari Amerika. Cukup memakan waktu yang sangat lama dalam pembangunannya, tetapi masjid tersebut telah resmi dibuka pada tanggal 17 Februari 1975.

Kisah sang sufi Bawa Muhaiyaddeen berlanjut Ketika Beliau pindah ke Amerika. Beliau menerima undangan untuk datang ke Philadelphia, Amerika Serikat pada tahun 1971, yang pada akhirnya Beliau melanjutkan hidupnya di sana. Bawa Muhaiyaddeen Fellowship (BMF) yang dibentuk oleh pengikutnya yang berada di Philadelphia pada tahun 1973 menjadi wadah legal yang menyelenggarakan pertemuan-pertemuan publik di Amerika.

Pengikut Bawa Muhaiyaddeen tidak hanya berasal dari satu golongan saja, melainkan mereka datang dari latar belakang yang berbeda-beda, dari agama hingga ras. Sehinnga Bawa Muhaiyaddeen diterima di seluruh penjuru Amerika, Kanada, hingga Inggris.

Ajaran Tasawuf Bawa Muhaiyaddeen adalah tentang Tasawuf Akhlak. Hal tersebut menjadi pokok perhatian dari Beliau, dan perhatiannya ini tertaung dalam fatwa-fatwanya (sayings) sebagai bentuk pengajaran secara lisan. Sayings ini merupakan sebuah ekspresi di dunia sufi, di samping talqin (pembisikan) sebagai bagian tradisi tersebut.

Teks asli dari inti ajaran Shaykh Muhaiyaddeen adalah sebagai berikut:

alif lam mim 

alif; Allah, the One 

lam: Muhammad Raheem, the merciful Light of Allah 

mim: Muhaiyaddeen, the Qutb, the silent Voice within, explains the absolute truth—that your soul, His Light, and God is One. 

Only this is Sufi.

Through the Qutb, Muhammad Raheem Bawa Muhaiyaddeen --, that Explanation and the Light came to this world again. This book contains many short sayings by by him, just a taste from the thousands of his discourses. If God is your goal, this book is the place to begin.

“Do not fight holy wars, seeking to kill other creations of Allah because of their religions. Fight a holy war to destroy religious hatred within yourself. That will bring glory to the inner religion spoken of by Allah and the Rasulullah --.” The sheikh says: “My son, any man who is truly willing to help all humanity, wether with his hand or mouth or body, is most exalted among mankind and among all God’s creation. Such aman is a mu’min, a true believer, with the perfect faith of iman.”

“When you plant to seeds of the qualities of God in the flower garden of the heart, the flowers of His grace will bloom and the perfume of the flowers will give fragrance and peace to all lives.”

alif lam mim

alif; Allah, yang Esa

lam: Muhammad Raheem, sang Cahaya kasih Allah

mim: Muhaiyaddeen, sang Qutb, Suara sunyi yang dalam, menjelaskan kebenaran absolut—yang jiwa anda, Cahaya Tuhan, dan Tuhan adalah Satu.

Hanya inilah Sufi.

Melalui sang Qutb, Muhammad Raheem Bawa Muhaiyaddeen --, penjelasan dan Cahaya itu hadir lagi ke dunia ini. Buku ini berisi banyak fatwa singkat olehnya, hanya sebersit rasa dari ratusan pengajarannya. Jika Tuhan adalah tujuan anda, maka buku ini adalah tempat untuk memulai.

“Jangan berperang pada peperangan suci, yang bermaksud membunuh makhluk-makhluk lain ciptaan Allah karena agama mereka. Berperanglah pada sebuah perang suci untuk menghancurkan kebencian keagamaan dalam diri anda sendiri. Itu akan membawa kemuliaan kepada agama yang sejati sebagaimana difirmankan oleh Allah dan disabdakan oleh Rasulullah --.”

“Shaykh berkata: Wahai anakku, setiap orang yang sungguhs ungguh ingin membantu semua manusia, apakah dengan tangan, lisan, atau tubuhnya adalah sangat mengagumkan di antara manusia dan di antara makhluk Tuhan. Seperti seorang manusia sebagai mu’min, seorang mu’min sejati, dengan keyakinan iman yang sempurna.”

“Ketika anda menumbuhkan bibit-bibit dari sifat-sifat Tuhan di taman bunga hati, maka bunga-bunga keanggunan (pesona) Tuhan mekar dan parfum bunga-bunga itu akan memberi aroma wangi dan kedamaian terhadap semua kehidupan.”

Kalimat tersebut menjelaskan tentang prinsip hakikat wujud, ajaran memerangi hawa nafsu, dan Tasawuf sebagai akhlak sosial dan akhlak Ilahiah untuk konteks kehidupan secara luas. Bawa Muhaiyaddeen menjelaskan penafsirannya terhadap huruf-huruf al-Qur’an, alif lam mim di antaranya dapat ditemui di awal surat al-Baqarah, bahwa alif berarti simbolik Allah, yang Esa lam berarti simbolik Muhammad Raheem, sang Cahaya kasih Allah, dan mim berarti simbolik Muhaiyaddeen, sang Qutb, Suara sunyi yang dalam, menjelaskan kebenaran mutla yang jiwa anda, Cahaya Tuhan, dan Tuhan adalah Satu.

Bawa Muhaiyaddeen menjelaskan bahwa “the absolute truth—that your soul, His Light, and God is One”, yang berarti bahwa jiwa manusia, Nur Ilahi, dan Tuhan adalah Satu sebagai kebenaran absolut. Penjelasan ini berinti “prinsip hakikat wujud,” bahwa hakikat wujud hanya Satu, yakni Tuhan sebagai Wajib al-Wujud. Wujud-wujud selain Allah adalah wujud-wujud semu, bukan absolut.

Ajaran Bawa Muhaiyaddeen tentang “memerangi hawa nafsu” untuk konteks tasawuf adalah

“Do not fight holy wars, seeking to kill other creations of Allah because of their religions. Fight a holy war to destroy religious hatred within yourself. That will bring glory to the inner religion spoken of by Allah and the Rasulullah --.”

“Memerangi hawa nafsu” dalam tasawuf merupakan syarat pokok dan pertama kali yang harus dipenuhi oleh seseorang yang berkehendak untuk memasuki dan menekuni bidang laku tasawuf. Hal ini didukung oleh sejumlah referensi yang menjelaskan bahwa tasawuf adalah usaha untuk menuju Tuhan yang Maha Suci. Dalam hal ini tasawuf mesti terkait dengan intinya yang meliputi dua hal pokok, yakni kesucian jiwa untuk menghadap Tuhan sebagai Zat Yang Maha Suci, dan upaya pendekatan diri secara individual kepada Tuhan. Dengan demikian, pada intinya, tasawuf adalah usaha untuk menyucikan jiwa sesuci mungkin dalam usaha mendekatkan diri kepada Tuhan, sehingga kehadiran Tuhan senantiasa dirasakan secara sadar dalam kehidupan.

Ajaran Bawa Muhaiyaddeen tentang “tasawuf sebagai akhlak sosial” dinyatakan dengan bahasa larangan dan perintah. Bahasa larangannya adalah “Do not fight holy wars, seeking to kill other creations of Allah because of their religions.” Sedang bahasa perintahnya adalah “Fight a holy war to destroy religious hatred within yourself. That will bring glory to the inner religion spoken of by Allah and the Rasulullah.”

Ajaran tersebut menghendaki terciptanya harmoni atau ekuilibrium sosial, bukan saja dalam kehidupan sesama muslim, tetapi juga dalam hubungan komunitas muslim dengan non-muslim. Dengan hal ini, konsep perjuangan diarahkan pada “jihad al-nafs”, bukan jihad fisik atau perang melawan non-muslim, meskipun dalam jihad fisik yang disebut holy war.

“When you plant to seeds of the qualities of God in the flower garden of the heart, the flowers of His grace will bloom and the perfume of the flowers will give fragrance and peace to all lives.”

Ajaran ini berisi penanaman bibit-bibit dari sifat-sifat Tuhan ke dalam “taman bunga hati” Dengan penanaman ini, bunga-bunga keanggunan Tuhan akan menjelma menjadi suasana yang dapat menciptakan ketentraman dan kedamaian dalam seluruh kehidupan.

Berikut adalah karya-karya dari Syekh Muhammad Raheem Bawa Muhaiyaddeen.

Islam, Jerusalem, and World Peace (1987)

The Golden Words of a Sufi Sheikh (1982)

Skeikh and Disciple (1982)

Come to the Secret Garden: Sufi Tales of Wisdom (1985)

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun