Resume (summary) adalah ringkasan atau rangkuman dari suatu materi atau tulisan. Dapat juga diartikan sebagai langkah untuk memendekkan suatu pembahasan atau cerita dengan mengambil intisarinya saja.
Apabila kita mengikuti pelatihan maka kita juga dapat membuat ringkasan dari materi yang diberikan oleh narasumber.
Membuat ringkasan dari materi pelatihan bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat, terutama jika kita ingin membagikan pengetahuan dan wawasan yang Kita peroleh kepada pembaca blog pribadi kita.
Namun dalam penulisaanya, kita perlu memastikan dulu apakah ringkasan yang kita buat tersebut menjadi tulisan yang informatif dan menarik.
Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tulisan kita bisa menjadi tulisan yang informatif dan menarik, yaitu:
1. Pahami Materi Pelatihan
Pelajari materi pelatihan dengan seksama. Pahami inti dari setiap bagian dan identifikasi poin-poin penting yang ingin disampaikan dalam ringkasan.
2. Identifikasi Tujuan
Tentukan tujuan dari ringkasan yang kita buat. Apakah Kita ingin memberikan gambaran umum, menggali beberapa poin kunci, atau memberikan wawasan mendalam tentang topik tertentu?
3. Rangkuman dengan Singkat dan Jelas.
Sederhanakan informasi menjadi poin-poin utama.
Hindari informasi yang tidak relevan atau terlalu rinci. Pastikan ringkasan Kita mudah dipahami oleh pembaca.
4. Gunakan Bahasa yang Menarik
Gunakanlah bahasa yang menarik dan mudah dipahami. Hindari istilah-istilah yang bersifat teknis yang mungkin tidak dimengerti oleh pembaca yang tidak terbiasa dengan topik tersebut.
5. Sertakan Contoh dan Ilustrasi
Hal ini berguna untuk menjelaskan konsep-konsep yang kompleks. Memberikan contoh dan ilustrasi membantu pembaca untuk lebih memahami dan mengaitkan informasi dengan pengalaman mereka sendiri.