Mohon tunggu...
Dyah Ayu Novitasari
Dyah Ayu Novitasari Mohon Tunggu... Guru - Change your words. you change the world

Seorang ibu rumah tangga yang minat dengan dunia parenting dan dunia anak serta suka menulis di blog https://www.roemahaura.com/ dan https://www.ummipedia.com/

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Peluang Digitalisasi UKM dengan Layanan Bisnis Internet

29 Juli 2024   20:55 Diperbarui: 29 Juli 2024   21:47 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai penganut gaya hidup cashless, bertransaksi di tempat usaha yang menggunakan kasir digital adalah sebuah kebahagiaan tersendiri bagi saya. Maklum saja, saya dan suami merupakan pasangan yang memang sangat jarang membawa uang tunai saat berpergian dan berbelanja apalagi dalam jumlah banyak.

Entah kenapa rasanya ribet harus membawa uang berlembar-lembar di dompet. Belum lagi urusan uang kembalian yang sering kali gak ada atau bahkan diganti dengan permen. Iya kalau cuma sekali. Lah kalau berkali-kali dikasih permen sebagai pengganti uang kembalian, lama-lama saya bisa diabetes. Betul gak?

Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi ketika bertransaksi di tempat usaha yang menggunakan sistem kasir digital. Transaksi keuangan jadi lebih mudah, aman dan cepat. Lagi pula menurut saya, saat ini penggunaan kasir digital memang sangat penting bagi para pelaku usaha, khususnya UKM. Kenapa demikian?

Hal ini dikarenakan dalam interaksi sehari-hari dengan kasir, seringkali saya melihat berbagai tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha, seperti kesalahan input data, waktu transaksi yang lama, serta manajemen stok yang kurang efisien. Maka dengan hadirnya sistem kasir digital, saya yakin semua problem tersebut bisa diminimalisasi.

Dengan menggunakan kasir digital, proses transaksi menjadi lebih cepat, akurat, dan efisien. Pengusaha dapat dengan mudah mengelola laporan penjualan harian, memantau stok barang, serta mengatur promo dan program loyalitas dalam satu platform. Salah satu sistem aplikasi kasir digital yang banyak direkomendasikan adalah Moka POS yang terintegrasi dengan layanan Indibiz.

Layanan internet bisnis dari Indibiz Telkom tidak hanya memberikan konektivitas yang andal, tetapi juga menyediakan berbagai fitur yang mendukung operasional bisnis. Sistem Point of Sale (POS) yang dihadirkan oleh Moka POS menggunakan teknologi komputasi awan atau yang dikenal juga dengan sebutan cloud, yang memungkinkan semua data transaksi tersimpan secara real-time dan akurat. Hal ini tentunya sangat penting bagi pelaku usaha yang membutuhkan informasi terkini untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Kerja Sama Indibiz dan Moka, Transformasi Digital UKM

Kerja sama antara Indibiz dan Moka POS merupakan langkah strategis untuk mempercepat digitalisasi UKM di Jabodetabek. VP Enterprise Business Orchestration Telkom, Tanto Suratno, menyatakan bahwa kerja sama ini akan dijalankan secara bertahap hingga mencakup seluruh wilayah Indonesia. Namun saat ini, fokus utama adalah wilayah Jabodetabek, dengan rencana perluasan ke Jawa-Bali dan seluruh nusantara.

Indibiz Telkom terus berkomitmen untuk menjalin sinergi dengan berbagai startup dan developer, guna membantu akselerasi digital bisnis UKM di berbagai daerah. Kerja sama dengan Moka POS merupakan bagian dari langkah nyata Indibiz untuk meningkatkan daya saing bisnis UKM melalui teknologi digital.

Kerja sama ini memberikan manfaat yang luas bagi berbagai sektor bisnis UKM, termasuk F&B, pertokoan, perhotelan, dan layanan kesehatan. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Moka POS memudahkan pengelolaan pesanan, laporan penjualan, stok barang, dan perhitungan pajak. Selain itu, pelaku usaha dapat memanfaatkan dashboard manajemen, manajemen cabang, CRM, dan survei pelanggan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan.

Dengan sistem kasir yang terintegrasi dan multifungsi, pelaku usaha memiliki kontrol penuh atas bisnis mereka. POS dari Moka POS memungkinkan semua proses transaksi dan operasional bisnis tercatat secara akurat dan real-time. Teknologi cloud yang digunakan memastikan data selalu tersedia kapan saja dan di mana saja, sehingga pemilik usaha dapat memantau dan mengelola bisnis mereka dengan lebih mudah dan efektif.

Maka dari itu, tentu tidak mengherankan jika kerja sama antara Indibiz dan Moka POS ini disambut positif oleh pelaku UKM di Jabodetabek. OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani, menyatakan bahwa kolaborasi ini mendapat respon yang sangat baik dari pelaku usaha di daerah. Ini menjadi bukti bahwa posisi Indibiz semakin kuat sebagai ekosistem solusi digital di pasar business to business (B2B) Telkom di Indonesia.

"Kami sangat menyambut baik kerjasama ini. Harapan kami, pemilik bisnis di berbagai sektor di Indonesia dapat memanfaatkan peluang ini untuk mengakselerasi digital bisnis mereka," ujar Reni Yustiani.

Peluang Bisnis yang Terbuka Lebar

Saat ini digitalisasi bisnis bukan hanya tentang mengikuti tren saja, tetapi juga tentang memanfaatkan peluang bisnis untuk berkembang lebih cepat dan efisien. Layanan internet bisnis dari Indibiz Telkom, dikombinasikan dengan solusi kasir digital dari Moka POS, membuka peluang besar bagi UKM khususnya di Jabodetabek untuk tumbuh dan bersaing di era digital.

Dengan sistem yang terintegrasi dan dukungan teknologi terbaru, pelaku UKM dapat fokus pada pengembangan bisnis mereka tanpa harus khawatir tentang manajemen operasional yang kompleks. Selain itu, adanya fitur-fitur tambahan seperti CRM dan survei pelanggan membantu pelaku usaha untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka dengan lebih baik, sehingga dapat memberikan layanan yang lebih memuaskan.

Masa Depan Digitalisasi UKM di Indonesia

Kerja sama antara Indibiz dan Moka POS merupakan salah satu contoh nyata bagaimana teknologi dapat membantu transformasi digital UKM di Indonesia. Dengan langkah-langkah yang diambil secara bertahap, diharapkan digitalisasi ini dapat merata ke seluruh wilayah Indonesia, memberikan peluang yang sama bagi semua pelaku usaha untuk berkembang.

Teknologi digital bukan hanya tentang efisiensi, tetapi juga tentang membuka peluang baru, meningkatkan daya saing, dan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. Oleh karena itu, dengan dukungan dari Indibiz Telkom dan Moka POS, saya berharap masa depan bisnis UKM di Indonesia bisa lebih cerah dan menjanjikan. Dan tentu hal ini juga akan memberikan kemudahan bagi para pelanggan dalam bertransaksi.

Jika berminat berlangganan layanan ini, kamu dapat langsung mendaftarkan diri di myIndibiz.co.id. Proses pendaftaran dirancang sederhana dengan memastikan keamanan data melalui verifikasi e-mail dan menjaga kerahasiaan OTP. Setelah itu, pelaku usaha klik tombol "Hubungi Sales" dan mengisi formulir yang disediakan untuk mendapatkan informasi produk dan bantuan lebih lanjut dari Indibiz.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun