Mohon tunggu...
Dwi Zakiyyah
Dwi Zakiyyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - dwizakiyyah

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Contoh Keragaman Anak di Kelas

2 Oktober 2023   16:05 Diperbarui: 2 Oktober 2023   16:13 3516
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi

Ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa  Pembelajaran  berdiferensiasi  yaitu pembelajaran yang   mengakomodir   kebutuhan   siswa   dalam   kegiatan   belajar, Wahyuningsari (2022). Hal ini juga sejalan dengan pendapat Firdaus (2022) yang mengemkakan bahwa  pembelajaran berdiferensiasi merupakan upaya yang dilakukan guru untuk memenuhi kebtuhan guru dan harapan murid.Guru memperhatikan ciri khas siswa yang berbeda-beda, sehingga  siswa yang mempunyai ciri berbeda tidak akan diperlakukan sama. Dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi, guru harus mengambil langkah-langkah yang wajar untuk mengakomodasi perbedaan karakteristik siswa. Pembelajaran yang dibedakan bukan berarti memberikan perlakuan yang berbeda kepada setiap siswa atau membedakan antara siswa yang pandai dan kurang pandai.Penerapan pembelajaran yang berdiferensiasi perlu mendorong anak menyerap informasi secara maksimal dalam  pembelajaran. Dampak penerapan pembelajaran yang berdiferensiasi antara lain: seluruh siswa dengan  karakteristik yang beragam merasa diterima dan dihargai, guru mengajar untuk keberhasilan dan pertumbuhan siswa, kebutuhan belajar Pembelajaran siswa difasilitasi, misalnya dengan bentuk pembelajaran yang benar-benar adil, melibatkan kolaborasi antara guru dan siswa . Untuk mendorong fleksibilitas pembelajaran yang berbeda, hasil awal yang ditetapkan setiap tahun akan diubah menjadi hasil pembelajaran berbasis tahapan yang disusun sesuai dengan tahapan perkembangan siswa. Perubahan tersebut berasal dari pentingnya fleksibilitas, tujuan pembelajaran yang tidak terlalu padat, dan perlunya merancang pembelajaran yang tepat sesuai dengan tingkat  belajar siswa (teaching at the right level). Rancangan hasil belajar berdasarkan tonggak sejarah didasarkan pada pemahaman bahwa meskipun pada usia yang sama, tingkat prestasi akademik siswa tidaklah seragam.Wulandari (2022) mengemukakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah  pembelajaran  yang  mengakomodir, melayani,dan  mengakui  keberagaman  siswa  dalam  belajar  sesuai dengan  kesiapan,  minat,dan  preferensi  belajar  siswa.

 

Contoh Keberagaman 

Kasus yang ada di kelas  :

Anak-anak seumuran yang bersekolah bersama belum tentu memiliki tinggi badan yang sama, minat yang sama, kepribadian yang sama, kesukaan atau ketidaksukaan yang sama. Kemampuannya pun berbeda-beda, ada yang mungkin paham banyak namun ada pula yang tidak paham apa-apa. Mereka mempunyai hal yang berbeda, karena anak-anak ini adalah manusia dengan banyak hal  berbeda tentang dirinya. Mereka berasal dari keadaan, budaya dan kebiasaan yang berbeda-beda, sehingga hal ini akan sangat mempengaruhi segala sesuatu tentang anak. Ruang kelas yang bercirikan keragaman budaya dan bahasa memerlukan beragam strategi untuk membedakan pengajaran guna memenuhi kebutuhan siswa yang beragam.Hal ini sejalan dengan Firdaus (2022) yang mengemukakan  bahwa kelas  yang  beragam  dengan memberikan kesempatan dalam meraih  konten,  memproses  suatu  ide dan  meningkatkan  hasil  setiap  murid, sehingga  murid-murid akan bisa  lebih belajar dengan efektif.


Begitu menurut dari diskusi kelompok 2 semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Nama Kelompok 2 : 

1. Chandra Mawarti Wijayanti

2. Daud Tegar Wahyudi

3. Desika Lestari

4. Dwi Zakiyyah

5. Edi Suranto 

Tugas kelompok diskusi mata kuliah Pembelajaran Berdeferensiasi  Topik 1 Demonstrasi Kontekstual

Referensi

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529-535.

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 682-689.

Firdaus, A. M., & Bakhtiar, A. M. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENGATASI KEBERAGAMAN TINGKAT KETANGGAPAN SISWA--SISWI DI UPT SDN 25 GRESIK. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2135-2147.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun