Semua Ingin ViralÂ
Content Creator menjadi "pekerjaan" baru yang dicita-citakan para generasi Z. Menjadi viral adalah harapan hampir semua orang. Betapa tidak, menjadi terkenal saat ini bisa dilakukan dengan mudah. Dengan membuat konten lalu mengunggahnya di media sosial, kita bisa saja tiba-tiba menjadi sangat terkenal karena viralnya konten tersebut.
Tidak hanya generasi Z, para generasi milenial yang notabene saat ini sudah berusia setengah baya, yang awalnya gagap teknologi pun tidak mau ketinggalan berlomba-lomba membuat konten. Dengan adanya berbagai macam platform media sosial, kemungkinan untuk viral menjadi sangat terbuka lebar. Selain itu juga di dukung dengan kemudahan berselancar di dunia karena jaringan internet yang semakin baik dan luas. Dalam laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), disebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.
Kenapa Orang Ingin ViralÂ
Selain karena akan menjadi dikenal banyak orang, menjadi viral nyatanya mendatangkan banyak keuntungan, di antaranya:
1. Menambah networking
Dengan menjadi viral, kita bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk bekerja sama (collab) dengan para content creator lain atau banyak pihak dari berbagai macam kalangan.Â
2. Mendapatkan cuanÂ
Keuntungan yang paling menyenangkan dari viralnya seseorang adalah kesempatan mendapatkan cuan. Aneka endorsement atau tawaran iklan akan banyak berdatangan.Â
3. Brand awareness
Ketika menjadi viral kita akan lebih mudah untuk menaikkan branding diri/produk/jasa yang kita miliki. Hal ini berarti kesempatan untuk lebih laku akan semakin besar.Â
Begini Caranya Ngonten Viral
Lalu bagaimana caranya membuat konten yang akan menjadi viral? Check this out!Â
1. Angkat tema/topik yang sedang trending menjadi isi konten.Â
Kita bisa mencari tahu topik bahasan yang sedang trend di media massa/ sosial dan mengangkatnya menjadi konten.Â
2. Mengikuti trend di media sosial
Di beberapa platform media sosial biasanya ada trend khusus yang kemudian diikuti oleh banyak orang. Bisa berupa lagu yang dijadikan backsound konten, tarian, efek, atau tema konten.Â
3. Membuat konten yang unikÂ
Jika kita cukup percaya diri dengan keunikan kita, ini menjadi modal besar untuk membuat konten viral. Misalkan konten berbahasa daerah.Â
4. Konten komediÂ
Konten komedi mempunyai peluang lebih besar untuk viral karena bisa diterima oleh semua kalangan. Banyak orang melakukan scrolling di media sosial untuk lepas dari penatnya aktivitas dan konten komedilah hiburannya.Â
5. Sesuaikan konten dengan pengikut media sosial kita
Ketika konten kita related dengan follower kita, maka mereka akan merasa sangat terwakili dan dengan senang hati akan memviralannya.Â
6. Jangan ketinggalan momentum
Semua langkah di atas tidak akan berhasil jika kita kehilangan momentum untuk mengunggahnya di media sosial. Karena sesuatu yang viral atau trend akan terus berganti seiring waktu. Maka kita perlu jaringan internet yang cepat, stabil dan jangkauannya luas.Â
Salah satu internet provider yang terbaik di Indonesia adalah IndiHome. IndiHome menyediakan jaringan internet yang berkecepatan unlimited hingga 300Mbps. Selain bisa mengunggah konten dengan cepat, kita juga bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Karena jaringan Telkom Indonesia sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Plus akses internet yang stabil dan tahan terhadap cuaca.Â
Yuk, segera unggah konten terbaik kamu dengan IndiHome dan nikmati sensasi ngonten bebas tanpa batas. Selamat ngonten, selamat viral!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI