Mohon tunggu...
Dwi Retno Rahayu
Dwi Retno Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Siber Asia

Prodi Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Social Media Marketing: Fast Pass Peningkatan Brand Awareness

3 Agustus 2023   03:34 Diperbarui: 3 Agustus 2023   03:43 342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halo, guys! Siapa sih yang nggak kenal dengan sosial media? Semua orang pasti udah punya akun di Facebook, Instagram, Twitter, atau TikTok. Nah, tau nggak sih, ternyata sosial media nggak cuma buat update status atau pamer foto-foto kece. Iya, bener banget, sosial media juga bisa jadi senjata andalan buat ngembangin Brand Awareness!

Nah, kalau kamu punya bisnis atau jualan online, jangan remehin peranan sosial media marketing, ya! Makin lama, makin pesat aja perkembangannya. Salah satunya yang dilakuin brand LACOCO nih, yuk kita bedah gimana cara kerja social media marketing khususnya melalui instagram marketing Lacoco bekerja !

1. Menciptakan konten menarik

Lacoco bisa menggunakan konten yang informatif, inspiratif, atau menghibur untuk menarik perhatian pengguna media sosial. Ini dapat berupa gambar, video, infografis, atau teks dengan gaya dan pesan yang sesuai dengan target audiens mereka.

Instagram : @lacoco.id
Instagram : @lacoco.id

2. Menggunakan hashtag dan tren: Lacoco dapat memanfaatkan hashtag populer dan tren terkini di platform media sosial untuk meningkatkan visibilitasnya. Dengan menggunakan hashtag yang relevan, mereka dapat memperluas jangkauan dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Contohnya ketika trend Barbie the movie muncul, Lacoco menghighlight kembali salah satu produk kolaborasinya dengan Barbie, atau juga dengan adanya norebang/karaoke bersama event Taylor Swift.

Instagram:@lacoco.id
Instagram:@lacoco.id

 

3. Berinteraksi dengan audiens: Menanggapi komentar, pertanyaan, dan pesan dari pengikut adalah cara yang efektif untuk membangun koneksi dengan audiens dan menunjukkan bahwa Lacoco mendengarkan dan peduli terhadap konsumennya. Dalam hal ini lacoco membawa konsep casual dalam interaksi dengan followersnya. hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan istilah yang sedang trend dan bahasa non formal, tidak lupa panggilan minco yang sangat akreb dengan followers.

Intagram:@lacoco.id
Intagram:@lacoco.id

4. Kontes dan giveaway: Mengadakan kontes atau giveaway di media sosial dapat menarik perhatian dan mendorong partisipasi dari pengikut. Dalam prosesnya, Lacoco dapat meminta pengikut untuk berbagi konten, mengundang teman, atau mengisi survei, yang dapat membantu dalam meningkatkan brand awareness. nih salah satu contohnya, lcoco berkolaborasi dengan salah satu brand jewellery lokal Aurum Lab, untuk mengadakan giveaway.

Instagram:@lacoco.id
Instagram:@lacoco.id

5. Influencer marketing: Melibatkan influencer yang relevan dengan industri atau niche Lacoco dapat membantu meningkatkan brand awareness. Para influencer ini dapat memperkenalkan produk atau layanan Lacoco kepada pengikut mereka yang mungkin belum mengenal merek tersebut sebelumnya. Metode ini terbuktu sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness, salah satunya lacoco memilih beauty influencer  @blackxugar di instagram dengan branding dirinya untuk mencintai warna kulit sawo matangnya. So, value ini sangat sesuai dengan tagline dari lacoco sendiri " Flawless skin doesnt exist ".

Instagram:@lacoco.id
Instagram:@lacoco.id

6. Iklan berbayar: Menerapkan kampanye iklan berbayar di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau YouTube dapat membantu meningkatkan jangkauan dan meningkatkan brand awareness Lacoco di antara audiens yang ditargetkan.

Meta Ads Library
Meta Ads Library

7. Konten live dan cerita: Lacoco dapat menggunakan fitur konten live dan cerita di platform media sosial untuk memberikan konten instan dan lebih personal kepada pengikut mereka. Konten live dapat mencakup sesi tanya jawab, tutorial, atau acara khusus, yang semuanya dapat membantu membangun keterlibatan dengan audiens. Khususnya nih, lacoco yang memang menawarkan layanan konsultasi melalui beauty app, juga ingin memperluas  jangkauannya melalui live instgram loh, untuk lebih mempermudah konsumen untuk mendapatkan jawaban secara realtime.

Instagram:@lacoco.id
Instagram:@lacoco.id

Nah, gimana nih, udah faham kan, pentingnya sosial media marketing dalam mengembangkan Brand Awareness? Dengan power dari sosial media marketing, brand kamu bisa makin populer dan dikenal banyak orang. Jadi, jangan ragu lagi deh, jadikan sosial media sebagai senjata ampuh buat naikin awareness bisnis atau jualan kamu. Bisa juga nih contek strategi dari brand lacoco untuk bisnis kamu !.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun