PENGERTIAN ERA DIGITAL
Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, memahami dan berkomunikasi dengan cara yang benar menjadi sangat penting. Meskipun dunia digital menawarkan berbagai kemudahan untuk berkomunikasi dan mengakses informasi, juga membawa tantangan tersendiri, seperti pelanggaran privasi, ujaran kebencian, dan penyebaran informasi palsu. Saat ini, masyarakat membutuhkan media sosial karena media sosial adalah cara untuk mendapatkan atau menyampaikan informasi kepada masyarakat umum dari mana saja dan kapan saja tanpa batasan waktu atau ruang.
Di era digital, cara kita berkomunikasi dan mengakses informasi mengalami perubahan besar. Etika komunikasi massa menjadi semakin penting untuk memastikan komunikasi yang bertanggung jawab, sopan, dan berintegritas. Dengan mengikuti etika ini, kita dapat membantu membangun lingkungan online yang aman, positif, dan bermanfaat bagi semua orang.
Dalam etika komunikasi massa, terdapat hambatan yg melingkupinya, seperti pengambilan keputusan dan dilema. Pengambilan Keputusan, istilah "pengambilan keputusan yang etis" mengacu pada prosedur yang harus diikuti pekerja media massa saat mereka membuat keputusan moral. Dalam menghadapi masalah etis, kode etik wartawan memberikan standar bagi para profesional media. Dilema etis merupakan sebuah situasi dimana ketika seseorang atau organisasi media berita diminta untuk memilih antara dua hasil yang berbeda karena nilai mereka bertentangan dengan  proses atau hasil yang paling etis.
Beberapa hambatan utama dalam literasi etika komunikasi massa. Salah satu contohnya seperti, penyebaran berita palsu karena kemudahan dalam berbagi informasi di era digital sekaran ini , resiko penyebaran berita palsu pun mulai meningkat. Ini juga merupakan tantangan besar bagi etika komunikasi massa.
Pentingnya Edukasi Etika Komunikasi
Secara umum etika dapat di definisikan sebagai norma, pedoman, aturan, dan acuan cara mengarahkan bagaimana melakukan Tindakan sehari-hari. Tanpa adanya etika seseorang tidak dapat memahami batasan perilaku yang baik atau buruk. Oleh karena itu, etika sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat agar setiap tindakan yang dilakukan tidak dipandang kurang baik oleh masyarakat.
Pendidikan etika komunikasi mencakup bukan hanya instruksi tentang cara berkomunikasi dengan benar dan efektif, tetapi juga pemahaman tentang akibat dari tindakan yang dilakukan selama proses komunikasi. Dalam era digital, pesan dapat dengan cepat menyebar dan memiliki efek yang signifikan, baik positif maupun negatif. Etika merupakan ilmu yang mempelajari baik dan buruknya perbuatan manusia, sedangkan moralitas lebih mengarah pada nilai baik dan buruk dari setiap perbuatan manusia itu sendiri. Etika memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan manusia.
Studi Kasus
Tantangan Body Shaming di Media Sosial dan Dampak dari maraknya kampanye body positifty kepada remaja Indonesia
Media sosial telah menjadi platform yang populer bagi remaja di Indonesia untuk mengekspresikan diri, berinteraksi dengan teman, dan mengikuti tren terkini. Body shaming adalah tindakan mengkritik atau menghina penampilan fisik seseorang dengan cara yang negatif. Ini dapat terjadi secara verbal atau non-verbal dan dapat terjadi di mana saja. Di Indonesia, remaja putri sangat rentan terhadap body shaming. Hal ini disebabkan oleh, seperti standar kecantikan yang tidak realistis. Remaja perempuan dapat merasa tidak puas dengan tubuh mereka sendiri dan membandingkan diri mereka dengan orang lain karena hal ini.
Dampak negatif dari body shaming ini, kesehatan mental dan emosional remaja putri Indonesia dapat sangat terpengaruh oleh body shaming. Di antara efek tersebut adalah penurunan harga diri dan perasaan tidak percaya diri remaja putri akibat body shaming. Untuk melindungi remaja putri Indonesia dari efek negatifnya, sangat penting untuk menerapkan etika komunikasi massa yang baik. Untuk menciptakan lingkungan online yang aman dan positif bagi remaja putri Indonesia, orang tua, guru, dan masyarakat harus bekerja sama.
Kesimpulan
Ketika orang berkomunikasi dengan cara yang benar, mereka akan memiliki hubungan yang baik dan harmonis satu sama lain. Dengan memahami pentingnya pendidikan dan literasi etika komunikasi massa, marilah kita membangun masyarakat cerdas di dunia digital yang lebih bertanggung jawab, toleran, dan saling menghormati. Pada akhirnya, literasi etika komunikasi massa adalah kunci untuk membentuk masyarakat cerdas dan bijak dalam menghadapi tantangan dunia digital. Dengan edukasi yang tepat dan upaya kolaboratif dari berbagai pihak, kita dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih dia
Refrensi
Zonyfar, C., Maharina., Sihabudin., & Khusaeri, A. (2022). Literasi Digital: Penguatan Etika dan Interaksi Siswa di Media Sosial. Jurnal Masyarakat Mandiri. 6 (2).
Ambar. (2017). Etika Komunikasi Massa - Pengertian -- Permasalahan. Diakses pada 6 juli 2024. https://pakarkomunikasi.com/etika-komunikasi-massa
Sari, Afna, F. (2020). Etika Komunikasi (Menanamkan Etika Komunikasi Kepada Mahasiswa). Tanjak: Journal Of Education Teaching. 1 (2).
Suryanegara, A., & Rifani, Erlisa, N. (2020). Pentingnya Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial Pada Generasi Z. Diakes Pada 6 juli 2024. (PDF) PENTINGNYA ETIKA KOMUNIKASI DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA GENERASI Z Oleh (researchgate.net)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H