Mohon tunggu...
Dwi Lestarii
Dwi Lestarii Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya Mahasiswi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan dan Vokasi Universitas Lancang Kuning yang berada di kota Pekanbaru

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembelajaran Biologi Inovatif Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan TGT pada Siswa Kelas X di SMAN 16 Pekanbaru

31 Mei 2024   18:42 Diperbarui: 31 Mei 2024   20:53 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PEMBELAJARAN BIOLOGI INOVATIF PADA MATERI PERUBAHAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN TEAM GAMES TOURNAMENT

Pekanbaru_Mahasiswa program studi pendidikan biologi, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning. Video ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran biologi inovatif yang disusun oleh Dwi Lestari dan Suriya Fitriyanti dengan Dosen Pembimbing Rahmat Ramadhansur,M.Pd
Kegiatan ini dilakukan di SMAN 16 Pekanbaru pada siswa kelas X, Pada materi pembelajaran biologi tentang perubahan dan pencemaran lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Games Tournament (TGT).

dokpri
dokpri

Model pembelajaran problem based learning ini bertujuan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan suatu permasalahan. Selain itu model pembelajaran ini  juga membantu siswa menjadi pembelajar yang mandri dan otonom.
Pembelajaran ini dilakukan dengan metode diskusi kelompok terkait permasalahan yang diangkat oleh masing – masing kelompok dan dituliskan pada lembar LKPD lengkap dengan solusi dari permasalahan yang telah diangkat. Hasil diskusi kelompok tersebut dipresentasikan secara bergantian.

dokpri
dokpri

Team games Tournament (TGT)  merupakan model pembelajaran yang melibatkan belajar kelompok para siswa dengan menerapkan strategi kelompok dengan metode bermain games. Model pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan konsep, pemahaman, kemampuan, dan pengetahuan yang dibutuhkkan siswa agar mereka dapat berkontribusi pada kelompoknya. 

Model pembelajaran ini juga melatih siswa agar punya rasa tanggung jawab, rasa percaya diri, dan menghargai perbedaan pendapat dari siswa lain, dan yang paling penting adalah menumbuhkan rasa kerja sama dan tolong menolong dalam kelompoknya.

dokpri
dokpri


Pembelajaran ini dilakukan sesuai dengan sintaks model pembelajaran Problem based learning dan Team games Tournament. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan pembukaan, inti pembelajaran dan penutup.
Treatment/Storyline

No
Adegan
Durasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun