Mohon tunggu...
Dwi Lestarii
Dwi Lestarii Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya Mahasiswi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan dan Vokasi Universitas Lancang Kuning yang berada di kota Pekanbaru

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembelajaran Biologi Inovatif Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan TGT pada Siswa Kelas X di SMAN 16 Pekanbaru

31 Mei 2024   18:42 Diperbarui: 31 Mei 2024   20:53 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PEMBELAJARAN BIOLOGI INOVATIF PADA MATERI PERUBAHAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN TEAM GAMES TOURNAMENT

Pekanbaru_Mahasiswa program studi pendidikan biologi, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning. Video ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran biologi inovatif yang disusun oleh Dwi Lestari dan Suriya Fitriyanti dengan Dosen Pembimbing Rahmat Ramadhansur,M.Pd
Kegiatan ini dilakukan di SMAN 16 Pekanbaru pada siswa kelas X, Pada materi pembelajaran biologi tentang perubahan dan pencemaran lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Games Tournament (TGT).

dokpri
dokpri

Model pembelajaran problem based learning ini bertujuan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan suatu permasalahan. Selain itu model pembelajaran ini  juga membantu siswa menjadi pembelajar yang mandri dan otonom.
Pembelajaran ini dilakukan dengan metode diskusi kelompok terkait permasalahan yang diangkat oleh masing – masing kelompok dan dituliskan pada lembar LKPD lengkap dengan solusi dari permasalahan yang telah diangkat. Hasil diskusi kelompok tersebut dipresentasikan secara bergantian.

dokpri
dokpri

Team games Tournament (TGT)  merupakan model pembelajaran yang melibatkan belajar kelompok para siswa dengan menerapkan strategi kelompok dengan metode bermain games. Model pembelajaran ini bertujuan untuk memberikan konsep, pemahaman, kemampuan, dan pengetahuan yang dibutuhkkan siswa agar mereka dapat berkontribusi pada kelompoknya. 

Model pembelajaran ini juga melatih siswa agar punya rasa tanggung jawab, rasa percaya diri, dan menghargai perbedaan pendapat dari siswa lain, dan yang paling penting adalah menumbuhkan rasa kerja sama dan tolong menolong dalam kelompoknya.

dokpri
dokpri


Pembelajaran ini dilakukan sesuai dengan sintaks model pembelajaran Problem based learning dan Team games Tournament. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan pembukaan, inti pembelajaran dan penutup.
Treatment/Storyline

No
Adegan
Durasi

1.Opening
17 detik

2.Pendahuluan Kegiatan Pembelajaran
(Pembukaan, Berdoa, Presensi) 2 menit 30 detik

3.Ice Breaking 1 menit

4.Apersepsi 15 detik

5.Pertanyaan Mendasar 30 detik

6.Pemberi Acuan Peserta didik 14 detik

7.Kegiatan Inti
(Pembagian Kelompok) 2 Menit 42 detik

8.Penjelasan Materi oleh Guru 1 menit

9.Guru memberikan LKPD Kepada Setiap Kelompok 20 detik

10.Diskusi Kelompok 5 menit

11.Siswa Mempresentasikan Hasil Diskusinya
5 menit

12.Guru Menganalisis dan Memberikan penguatan  materi terkait hasil diskusi siswa
44 detik

13.Guru membacakan soal terkait materi dengan metode cerdas cermat
2 menit

14.Evaluasi pembelajaran 1 menit

15.Penutup 6 detik

Naskah
No
Adegan
Audio

1.Opening
Judul video “Pembelajaran Biologi Inovatif Pada materi perubahan dan pencemaran lingkungan kelas X”

2.Kegiatan Pembelajaran
Dimulai dari pendahuluan berupa salam, berdoa, presensi dan menanyakan kabar
Guru  : “Assalamualaikum, Selamat pagi Semua”
Siswa : “Waalaikumsalam, Pagi buk”
Guru  : “Sebelum memulai pembelajaran silahkan ketua kelas nya menyiapkan kelasnya dan berdoa”

Ketua kelas menyiapkan kelas dan memimpin doa dilanjut dengan guru mengisi absensi dilanjut dengan guru menanyakan kabar siswa

Guru  : “Apa kabar nya hari ini?”
Siswa : “Baik buk”

3.Icee Breaking
Ice breaking bertujuan mengembalikan konsentrasi dan semangat siswa dikelas

4.Apersepsi
Guru menanyakan suatu peristiwa yang berkaitan dengan materi perubahan dan pencemaran lingkungan
Guru  : “Tadi ketika dijalan menuju kesekolah ada tidak melihat sampah yang berserakana dijalan?”
Siswa  : “ Ada buk”
Guru  :“Menurut kalian kenapa sampah tersebut bisa berserakan disempanjang jalan?”
Siswa  : “Karena banyak yang membuang sampah sembarangan buk”
Siswa   : “Karena sampahnya tidak dapat terurai buk”

5.Pertanyaan Mendasar
Guru melatih kemampuan dasar dan pengetahuan dasar siswa mengenai materi perubahan dan pencemaran lingkungan

6.Pemberi Acuan Peserta Didik
Guruu memberi acuan kepada siswa terkait semua kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dan materi  yang akan diajarkan hari ini
Guru : “Oke hari ini kita akan membahasa mengenai perubahan dan pencemaran lingkungan”’

Guru menjelaskan sedikit tentang sub materi pembelajaran hari ini

7.Kegiatan Inti
Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok dan siswa mengamati sebuah video terkait materi pencemaran dan perubahan lingkungan

Guru  : “Oke ibu mau bagi kalian dalam 4 kelompok”

Setelah kelompok dibagi

Guru  : “Silahkan amati video berikut ini dan setiap kelompok nantii berikan pendapatnya mengenai video tersebut”
Siswa mengamati video dilanjut dengan menyampaikan kesimpulan dari masing maisng kelompok terkait video tersebut.

8.Penjelasan Materi oleh Guru
Guru menjelaskan materi tentang apa itu perubahan dan pencemaran lingkungan dan apa saja penyebab terjadinya perubahan dan pencemaran lingkungan itu

9.Guru membagikan LKPD
LKPD yang diberikan oleh guru kepada setiap kelompok nantinya akan di presentasikan oleh perwakilan setiap kelompoknya berdasarkan dengan hasil diskusi kelompok masing masing
Guru  : “Oke ibu akan membagikan LKPD silahkan diskusikan dalam kelompok kalian,ibu beri waktu 5 menit dan pilih perwakilan kelompok untuk dapat mempresentasikan hasil diskusi kali”

10.Diskusi Kelompok
Siswa diberi waktu 5 menit untuk mendiskusikan terkait permasalahan yang ada disetiap LKPD nya dan dilanjut dengan mempresentasikan hasil diskusinya secara bergantian
Guru  : “Oke udah 5 menit yaa…Silahkan kelompok mana dulu yang mau mempresentasikan hasil diskusinya?”
Siswa  : “Kelompok 4 buk”
Guru  : “ Oke silahkan berdiri dan baca kan hasil diskusi kelompok kalian”

11.Presentasi Kelompok
Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil diskusinya

12.Menganalisis dan Memberi Penguatan Materi
Guru menganalisis hasil diskusi kelompok yang sudah dipresentasikan dan kemudian guru memberi penguatan materi terkait permasalahan yang teelah didiskusikan oleh setiap kelompok.
Guru  : “Nah,benar ya dari apa yang sudah dijelaskan oleh setiap kelompok terkait macam macam bentuk pencemaran lingkungan dan penanganan yang kalian berikan juga bagus,semoga dapat kalian jalankan pada diri kalian sendiri”
Guru   : “Masing-masing kita sekarang sudah mengetahui ya pencemaran lingkungan itu”

13.Guru membacakan soal terkait materi dengan metode cerdas cermat

14.Evaluasi Pembelajaran
Guru memberi kesimpulan dari materi yang telah disampaikan dan didiskusikan oleh siswa
Guru  : “Baik itu tadi jenis jenis dan faktor penyebab terjadinya perubahan dan pencemaran lingkungan,ssemoga setelah pembelajaran ini nantinya anak anak semua dapat memilah sampah dengan baik dan mengurangi penggunaan sampah yyang dapat menyebabkan pencemarann lingkungan”

15.Penutup
Guru menutup kelas dengan  mengucapkan terimakasih dan salam penutup
Guru  : “Baik sekian pembelajaran kita pada pagi hari ini,Lebih dan kurangnya ibu mohon maaf,ibu ahiri..Assalamualaikum wr wb.”
Siswa  : “Waalaikumsalam wr wb,Terimakasih buk”

Hasil dari video dengan naskah tersebut adalah sebagai berikut :
https://youtu.be/VBcF3nJpt7c?si=VdJAPXMvu778ECYn

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun