Hallo, perkenalkan saya Dwi Cahya Ningsih mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang yang melaksanakan Asistensi Mengajar di SMKN 1 Turen.
Pada tanggal 6 Februari 2023, mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang diantarkan menuju awal baru untuk berlatih menjadi seorang calon pendidik yang sesungguhnya. Saya dan rekan-rekan mahasiswa dari Pendidikan Akuntansi, Tata Niaga, dan Tata Busana disambut baik oleh pihak SMKN 1 Turen dan tentunya penuh harapan untuk bisa menjalankan Program Asistensi Mengajar ini dengan maksimal. Kesempatan berharga bagi saya dan rekan-rekan dapat melaksanakan asistensi mengajar di SMKN 1 Turen ini, karena SMKN 1 Turen ini merupakan salah satu SMK Unggulan di Jawa Timur yang didalamnya banyak sekali guru-guru yang hebat dan mampu mencetak siswa yang berkompeten pada setiap bidang keahliannya.
Asistensi Mengajar di satuan pendidikan sendiri merupakan sebuah aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa secara kolaboratif dengan guru di berbagai satuan pendidikan dalam sub sistem pendidikan formal, nonformal, dan informal. Partisipasi kegiatan Asistensi Mengajar mengarahkan pada mahasiswa yang dapat menghadapi maupun memecahkan persoalan nyata terutama dalam satuan Pendidikan yang sesungguhnya secara professional. Â Asistensi Mengajar menjadi salah satu bentuk dalam menyongsong keberlanjutan dunia pendidikan yang mana hal ini tentunya selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) - Pendidikan Bermutu
Selama melaksanakan kegiatan Asistensi Mengajar di SMKN 1 Turen tentunya banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan. Pengalaman berharga mulai dari membangun komunikasi dengan warga sekolah, menyiapkan pembelajaran, mengajar di dalam kelas, dan berkolaborasi dengan rekan-rekan lain dalam melaksanakan sebuah kegiatan. Hal ini selaras dengan jenis kegiatan yang ada di Asistensi Mengajar ini, selain kegiatan akademik, kegiatan lain yang harus dilakukan saat Asistensi Mengajar adalah terlibat dalam kegiatan administrasi sekolah, ekstrakulikuler, maupun adaptasi teknologi dalam pembelajaran.
Menjadi seorang calon pendidik merupakan sebuah tantangan yang besar bagi saya, program Asistensi Mengajar apalagi melaksanakannya di SMKN 1 Turen sangat membantu saya untuk jauh mengenal bagaimana menjadi seorang pendidik yang baik dari apa yang saya pikirkan. Mengajar di dalam kelas yang terdiri dari banyak siswa tentunya bukanlah hal yang mudah, terlebih di dalam kelas yang selalu bersifat heterogen dengan keberagaman watak, karakter, maupun kemampuan. Tiap siswa mempunyai minat dan bakatnya masing-masing dan belum tentu di dalam kelas tersebut suka dengan apa yang kita ajarkan. Namun, seiring berjalannya waktu tantangan itu bisa saya hadapi berkat pembelajaran berharga dari guru-guru yang ada di SMKN 1 Turen. Saya dan rekan-rekan saya sangat bersyukur mendapatkan Guru Pamong serta Guru Pembimbing yang sangat telaten dalam membentuk karakter saya sebagai seorang pendidik.
Beliau selalu memberikan saya pembelajaran dan pengetahuan baru dalam dunia pendidikan yang mana sebelumnya tidak pernah saya dapatkan di perkuliahan. Pengajaran tentang cara memahami siswa secara telaten dan memahami setiap karakter mereka membuat saya membuka mata, jika menjadi seorang pendidik janganlah berkacamata kuda. Selalu ingat konsep pembelajaran Ki Hajar Dewantara "Menghamba pada Sang Anak", konsep yang selalu saya ingat dan saya berusaha terus terapkan ini memang terbukti cukup efektif dan menunjang pembelajaran yang bermakna, dinamis, akrab, dan menyenangkan.
Selain itu, dalam kegiatan asistensi mengajar sendiri, konsep pembelajaran berdiferensiasi harus bisa diterapkan hal ini dikarenakan berdasar pada konsep diferensiasi setiap siswa sehingga selaras dengan program yang dilaksanakan untuk mengimplementasikan SDGs di bidang pendidikan adalah memastikan pendidikan inklusif dan berkualitas setara, mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua, mempromosikan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.
Saat melaksanakan Asistensi Mengajar di SMKN 1 Turen saya mendapat amanah untuk memegang mata pelajaran Dasar Program Keahlian Akuntansi untuk kelas X Akuntansi 2. Dalam satu minggu, saya mengajar dalam kelas sebanyak 3 kali pertemuan yaitu pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Masing-masing pertemuan selama 4 jam pelajaran (4 x 45 Menit). Dalam pengajaran Dasar Program Keahlian Akuntansi, materi yang saya ajarkan meliputi CP Proses Bisnis, CP Perkembangan Teknologi dan Standar Akuntansi, CP Penggunaan Aplikasi Pengolah Angka/ Spreadsheet, dan CP Profil pekerjaan /profesi dan peluang usaha bidang akuntansi dan keuangan lembaga. Mendapatkan Guru Pembimbing Akuntansi yang sangat luar biasa ini memberikan saya pengetahuan lebih mendetail tentang pembuatan perangkat pembelajaran seperti halnya dalam kurikulum merdeka adalah Modul Ajar yang baik, selaras dengan kurikulum dan dapat diterima oleh siswa. Saya belajar begitu banyak hal yang menyiapkan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun dalam evaluasi pembelajaran. Sehingga dari hal tersebut saya mengetahui bagaimana cara menyiapkan segala hal sebelum melakukan proses belajar mengajar dan juga pengelolaan dalam kelas.
Dalam kegiatan menyiapkan pembelajaran dalam kelas di SMKN 1 Turen saya dituntut untuk menguasai materi yang akan diajarkan. Persiapan-persiapan yang saya lakukan biasanya menyiapkan Modul Ajar atau biasanya menyiapkan Handout, LKPD untuk penilaian siswa. Selain itu saya juga menyiapkan model, strategi, maupun metode pembelajaran yang baik dan tepat agar para siswa tertarik dengan apa yang akan saya ajarkan nantinya. Banyak sekali model pembelajaran yang sudah saya terapkan, seperti halnya pembelajaran berbasis game, praktik, maupun tutorial.
Kemudian dalam mengajar di dalam kelas, saat pertama mengajar saya sedikit merasa grogi karena praktek di dalam kelas sangat berbeda dengan praktek di kampus. Namun dengan kegiatan arahan dan masukan guru pembimbing, dengan seiring berjalannya waktu, saya sudah tampil percaya diri dan lebih bisa menguasai pengelolaan di dalam kelas. Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, saya biasanya selalu melakukan evaluasi dengan guru pembimbing saya. Kegiatan evaluasi ini menilai bagaimana kinerja saya selama di pembelajaran dalam kelas yang telah dilakukan. Tentunya dalam evaluasi ini saya selalu diberi masukan dan hal apa yang harus diperbaiki kedepan-nya. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah memperhatikan kesiapan belajar siswa (dalam hal ini apersepsi sangat dibutuhkan untuk menambahkan kesiapan siswa dalam belajar), kemudian kedisiplinan guru, dan juga lingkungan belajar yang menyenangkan.
Selain kegiatan Akademik, selama Asistensi Mengajar kita juga mendapatkan pengalaman di bidang Non Akademik. Dalam bidang Non Akademik saya mendapatkan pengalaman dalam bidang administrasi sekolah selain itu juga dalam bidang ekstrakulikuler. Dalam bidang administrasi sekolah kami diwajibkan untuk melaksanakan piket bidang administrasi sekolah. Adapun piket yang ada meliputi piket bidang kesiswaan, kurikulum, perpustakaan, humas & TU, bimbingan konseling, dan bursa kerja khusus.
Piket bidang kesiswaan merupakan program kegiatan Asistensi Mengajar yang mana setiap pagi, kami mahasiswa Asistensi Mengajar melakukan kegiatan jaga pagi dan pendampingan do'a pagi di hanggar SMKN 1 Turen. Hal ini tentunya memberikan pengalaman pada kami untuk menanamkan nilai kedisiplinan dan nilai agamis baik pada guru maupun siswa.
Kemudian untuk piket kurikulum yang mana setiap paginya sesuai dengan jadwal piket, kegiatannya yaitu melakukan presensi keliling seluruh kelas untuk mengecek kehadiran siswa pada hari yang bersangkutan. Kemudian setelah presensi selesai mahasiswa bisanya juga diberi pengalaman untuk menggunakan aplikasi master sekolah yang berfungsi untuk meng-input jumlah kehadiran maupun ketidakhadiran siswa yang nantinya akan tertera pada rapor.
Pada piket bidang perpustakaan di SMKN 1 Turen atau lebih dikenal dengan "Perpustakaan Bintara", pekerjaan yang didapatkan adalah pekerjaan-pekerjaan seorang pustakawan yang tentunya hal ini menambah pengalaman mahasiswa Asistensi Mengajar dalam bidang perpustakaan. Pekerjaan yang dilakukan bisanya seperti peng-inputan data buku, pengarsipan dan sejenisnya.
Kemudian untuk piket humas dan tata usaha bisanya pekerjaan yang didapatkan meliputi kegiatan yang berhubungan dengan resepsionis, dan untuk piket bidang bimbingan konseling serta bursa kerja khusus mahasiswa dilibatkan dalam event-event yang berhubungan dengan bidang-bidang tersebut.
Selain piket dalam beberapa bidang tersebut, mahasiswa Asistensi Mengajar di SMKN 1 Turen ini juga terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka yang mana saya dan rekan-rekan melakukan pendampingan bersama kakak pembina Pramuka pada siswa kelas X dan pelaksanaannya di hari Sabtu, pada kegiatan Pramuka ini pengalaman yang kami dapatkan adalah bagaimana cara membentuk kedisiplinan dan juga kepemimpinan seseorang.
Dalam kegiatan Asistensi Mengajar ini selain kegiatan Akademik maupun Non-Akademik, saya dan rekan-rekan juga menyusun beberapa program kerja yang tentunya program kerja ini kami dedikasikan sebagai bentuk pengabdian kami di sekolah. Pengalaman yang kami dapatkan ketika melaksanakan program kerja di SMKN 1 Turen adalah bagaimana kita harus menyusun program secara matang dan berkualitas serta membangun komunikasi yang baik antar pihak. Apalagi yang kamu pelajari di SMKN 1 Turen acara-acara yang diadakan sangatlah interaktif dan bermutu tinggi.
Jika dipaparkan lebih jauh, banyak sekali hal-hal yang akan kita bahas bersama. Namun pada intinya diberi kesempatan Asistensi Mengajar di SMKN 1 Turen adalah sebuah kebahagiaan bagi saya karena bisa kembali "ke rumah" setelah sekian lama. Pengalaman berharga yang saya dapatkan ketika melaksanakan Asistensi Mengajar disini mulai dari pengalaman dalam pembelajaran tentunya, administrasi sekolah, hubungan sosial, hingga manajemen waktu membuat saya melangkah lebih dari apa yang saya pikirkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H