Dewasa ini kita di Indonesia, sudah sering mendengar kampaye "Saatnya jadi pengusaha". Bila di tinjau dari kampaye atau seminar motivasi untuk menjadi pengusaha, sangat menyenangkan jadi pengusaha dan tersa mudah. Apalagi bila sudah melihat profil entrepreneur-entrepreneur muda yang telah berhasil. Kita kadang melupakan perjuangan keras mereka. Selain usaha dan kerja keras sebagai pengusaha, ada baiknya perlu di ketahui juga kualitas pribadi/personality yang harus dibangun oleh seorang pengusaha.
Sama pentingnya dengan masalah-masalah umum yang dimiliki oleh semua pengusaha adalah kualitas pribadi pengusaha dirinya sendiri. Kualitas yang perlu dimiliki :
=> Passion
Seorang pengusaha sebaiknya memiliki gairah yang kuat untuk ide atau konsep, karena begitulah seorang pengusaha sehingga pekerjaan mereka adalah permainan mereka. Jika kita tidak menyukai apa yang kita lakukan, kita tidak akan bertahan ketika ada tantangan datang.
=> Curiosity
Seorang pengusaha perlu memahami bagaimana hal-hal untuk bekerja. Mereka mengajukan banyak pertanyaan. Karena itu memicu rasa ingin tahu dan berinovasi.
=> Spons
Seorang pengusaha di ibaratkan seperti spon. Maksudnya mereka melahap informasi tentang industri dengan muncul tren dan teknologi, tidak hanya diindustri khusus mereka tetapi dalam industri yang terkait erat. Ini akibat dari kebiasaan lingkungan yang sumber mempunyai kaya akan penemuan peluang baru. Pengusaha diharapkan bisa mencari pasar baru, aplikasi, produk atau berputar pada
konsep tua.
=> Optimisme
Seorang pengusaha menganggap masalah sebagai peluang untuk perbaikan dan datangnya ide-ide baru.
=> Terus mencari
Seorang pengusaha tidak pernah puas dengan status quo dan selalu proaktif mengukir masa depan mereka.
=> Sikap terhadap uang
Pengusaha berhati-hati dengan uang. Mereka memiliki perusahaan dengan memahami hal-hal apa saja terhadap biaya dan nilai bisnisnya. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengenali dan menilai barang.
=> Kompetitif
seorang pengusaha secara alami kompetitif , mempunyai pepatah "jangan biarkan rumput tumbuh di bawah kaki mereka".
=>Sadar waktu
Seorang pengusaha tahu nilai waktu dan bagaimana menggunakannya denga baik. Kita tidak akan menemukan pengusaha menghabiskan banyak waktu untuk kegiatan non produktif. Mengatakan,
pengusaha biasanya juga mengakui nilai downtime dan waktu bersama keluarga dan faktor akan kegiatan-kegiatan ini ke dalam jadwal mereka.
=> Risk taker
Seorang pengusaha tidak takut mengambil dihitung risiko. Mereka biasanya percaya firasat mereka dan bertindak atas firasat tersebut.
=> Energi yang tinggi
Seorang pengusaha mempunyai rencana dan visi dan mereka bekerja untuk itu. Pengusaha sering kali sadar kesehatan juga, mengakui bahwa mereka lebih bugar, lebih baik pikiran mereka bekerja. Sehingga pengusaha akan mengambil waktu dari jadwal mereka untuk rekreasi / olahraga dan mencari makanan yang sehat.
=> Fleksibel
Seorang pengusaha responsif terhadap perubahan. Meskipun mereka menghargai pentingnya memiliki rencana dan bekerja untuk rencana itu, mereka membiarkan diri mereka memiliki ruang untuk bereaksi dan merespon peluang yang mungkin tiba-tiba muncul.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H