Mohon tunggu...
Dwi Agustina
Dwi Agustina Mohon Tunggu... Guru - Pembelajar Sepanjang Hayat

Alumni Pendidikan Masyarakat - Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Instagram : dwiia33 Berlisensi Metode Baca AHE, Hitung ASE dan Brainy English.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mendulang Cuan dari Rumah ala Buminaritaa

25 November 2022   18:39 Diperbarui: 27 November 2022   22:29 363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Instagram Buminaritaa

Seiring berkembangnya teknologi, istilah konten kreator sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Karena peluang menjadi konten kreator sangat terbuka lebar untuk para mahasiswa dan masyarakat yang tertarik menggandrungi profesi tersebut.

Konten kreator merupakan sebutan untuk pembuat konten di media sosial. Seorang konten kreator dituntut untuk memiliki keahlian khusus, terutama keahlian untuk menjadikan platformnya sebagai ladang bisnis, personal branding dan yang lainnya. Selain itu, keseriusan dan ketekunan dalam mengembangkan kualitas konten pun tentu sangat penting untuk menggaet banyak penonton (audiens). Sehingga, popularitas yang tinggi bisa menghasilkan cuan yang sangat menggiurkan lho.

Hal ini dirasakan oleh Rita Karlina, seorang konten kreator di Instagram dengan akun @buminaritaa yang terkenal dengan konten ide bekal kreatif, konten review kotak bekal serta pernak pernik perbekalan dari berbagai macam merk.

Berawal dari hobinya main Instagram, pemilik akun @buminaritaa mulai mencoba peruntungan sebagai konten kreator di tahun 2019. Hingga pada akhirnya ibu dari dua orang anak ini menyadari bahwa penghasilan yang didapatkanya sebagai konten kreator bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dengan benefit flexsibilitas area dan waktu kerja. Kegiatan ini juga sangat didukung oleh sang suami dan anak-anaknya.

"Biasanya persiapan bahan untuk ngonten bekal itu dilakukan dari Ba'da magrib atau bada isya sambil menemani anak-anak belajar. Nah, start masak itu abis subuh dengan menu-menu yang mudah aja. " Ucap pemilik akun @buminaritaa

Demi menghadirkan konten yang berkualitas dan memberikan manfaat untuk pengikutnya. Ia mulai rajin mengunggah postingan video, story dan reels di Instagram yang bukan hanya sekedar menghibur akan tetapi memberi inspirasi product review & inspirasi  ide bekal. 


Barang-barang yang digunakan untuk ngonten biasanya dibeli dari platform e-commerce, kemudian ia ulas secara lengkap mengenai tampilan, harga hingga kegunaan ia jelaskan dalam video. Yang kemudian ia bergabung dengan program Shopee Affiliate.

Sebagai informasi, Shopee Affiliate merupakan program dari e-commerce (Shopee) yang menawarkan penghasilan tambahan untuk para konten creator yang mempromosikan berbagai macam produk Shopee di media sosialnya seperti Instagram, Facebook, Youtube dan Tiktok. Program ini memberikan kebebasan kepada setiap konten kreator untuk ngonten sesuai dengan kreativitas masing-masing selama masih memenuhi syarat dan ketentuan Shopee.

"Semenjak bergabung dengan shopee affiliate, aku rajin menggunggah konten-konten promosi barang yang bisa dibeli di Shopee. Konten yang dibuat harus kreatif sehingga bisa menarik netizen untuk mengklik tautan produk yang aku promosikan" Ucap Rita


Rita pun menambahkan bahwa dirinya sangat bersyukur dengan adanya Shopee Affiliate karena setiap orang yang mengklik lalu membeli produk melalui tautan yang dipromosikan, ia berhak mendapatkan komisi 2,5 - 5%. karena itulah dirinya bisa menghasilkan ratusan sampai jutaan rupiah dari program tersebut. Selain Shopee Affiliate, ia juga mendapatkan banyak penawaran endors dari beberapa produk untuk di posting di akun miliknya. 


Menurutnya, walaupun banyak sekali lika liku menjadi seorang konten kreator. Ia harus semangat dan terus mengevaluasi setiap konten dari segi angle, linghting dan lainnya demi memberikan tontonan yang nyaman dan insipiratif untuk masyarakat. Aplikasi VN masih menjadi aplikasi andalannya untuk mengedit video. Tak lupa, ia juga rutin mengadakan diskusi sesama konten kreator untuk meningkatkan kualitas konten yang diberikan. 

Hingga saat ini, Rita masih terus mengembangkan konten-kontennya agar menjadi lebih kreatif untuk menggaet lebih banyak netizen. Akun instagramnya pun semakin ramai untuk dikunjungi dengan pengikut sebanyak 49,1 rb.

Sumber : IG buminaritaa
Sumber : IG buminaritaa

Tidak hanya sekedar ngonten, ia juga menjadi pelopor akun @duniabekal yang bertujuan sebagai wadah silaturahmi ibu-ibu kreatif untuk selalu semangat berbagi inspirasi dengan yang lain. Untuk saat ini member dari dunia bekal baru 10 orang dan akan terus bertambah. Harapannya, dunia bekal ini menjadi komunitas yang terdapat di beberapa daerah. Program yang berjalan saat ini ialah Challange seru setiap hari Rabu

Instagram Duniabekal
Instagram Duniabekal

Kemudian, Setiap hari jum'at juga ia mengadakan agenda Jum'at berkah bertujuan untuk membantu mempromosikan usaha apapun (yang penting HALAL) melalui story instagramnya secara GRATIS lho. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun