Mohon tunggu...
Dwi Klarasari
Dwi Klarasari Mohon Tunggu... Administrasi - Write from the heart, edit from the head ~ Stuart Aken

IG: @dwiklara_project | twitter: @dwiklarasari

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Puisi untuk Ibuku Mewujud Lagu

5 Juli 2020   23:24 Diperbarui: 6 Juli 2020   14:53 606
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kehilangan orang terdekat yang paling kita cintai tentu menjadi pukulan berat dan meninggalkan duka sangat mendalam, bahkan nyaris tak berkesudahan. Demikian halnya ketika saya kehilangan sosok ibu.

Saya sependapat bila ada yang mengatakan bahwa kesedihan dan kegalauan berpotensi melahirkan puisi. Walaupun tentu saja tidak selalu terjadi kepada setiap orang. Namun, pernyataan tersebut menjadi relevan pada diri saya karena kebetulan saya suka menulis, termasuk menulis puisi.

Entah sudah berapa puisi saya tulis untuk mengenang almarhumah ibu. Bukan hanya puisi malah, tetapi juga cerita pendek dan kisah-kisah kenangan yang menghadirkan sosok ibu dalam berbagai pengalaman hidup saya. 

Beberapa yang saya bagikan lewat akun kompasiana, adalah Resep yang Kucuri dari Ibu; Puisi Merindu Ibu; Di Batas Waktu; Rujak Cingur dan Kenangan Akan Ibu; Terima Kasih Bu Tutik; Kasih Ibu kepada Beta; Ibu, Aku, dan Selimut.  

Saya bahkan sempat terobsesi untuk membuat lagu tentang ibu.

Namun, keinginan tersebut memang terlalu berlebihan. Keterampilan saya bermusik boleh dibilang nol besar. Meskipun sempat belajar bermain pianika dan memegang seruling dalam grup marching band, itu hanyalah kenangan masa kecil. Berlatih gitar pun tak pernah sampai tamat.  

Beruntung saya memiliki seorang adik sepupu jebolan jurusan musik Universitas Satya Wacana, Salatiga. Saya tahu adik saya, Yafet Arie Nugroho ini punya kelompok musik; kerap pula menciptakan lagu dan merekamnya; bahkan sempat memenangkan kompetisi mencipta lagu anak dan pembuatan jingle produk; dan sebagainya.

Suatu kali saya bertanya mungkinkah bila sebuah puisi digubah menjadi lagu.

Ketika Yafet mengatakan 'bisa', tanpa menunggu lama saya pun segera mendaulat dia untuk menggubah puisi saya tentang almarhumah ibu menjadi sebuah lagu. Lagu sederhana tentang kehangatan kasih ibu serta doa terindah bagi kedamaian jiwanya di surga.

Segera saya kirimkan puisi berjudul "Kupinta Surga Bagimu" yang saya tulis untuk mengenang ibu. Dengan sukarela sepupu yang ganteng serta baik budi itu merelakan waktunya untuk menggubahnya menjadi lagu. Kebetulan dia pun memiliki relasi sangat dekat dengan ibuku, yang tak lain adalah budhenya. Tak perlu waktu terlalu lama, Yafet mengirimkan lagu Kupinta Surga Bagimu; dia sendiri yang menyanyikan dengan iringan gitar. Yuk, simak lagunya lewat video berikut!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun