Mohon tunggu...
DWI RISTINI
DWI RISTINI Mohon Tunggu... Guru - GURU SEJARAH

HOBI SAYA MEMBACA DAN MEMASAK

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

6 Maret 2024   08:00 Diperbarui: 6 Maret 2024   10:41 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penerapan Project Based Learning dengan Media Canva Materi Kerajaan – Kerajaan Islam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam 

BEST PRACTICE

Kondisi : yang menjadi latar belakang masalah: mengapa best practice (praktik baik) ini penting dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab mahapeserta didik PPG Daljab. 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah : 1.Rendahnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran 2.Pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif yang belum maksimal Kondisi tersebut juga disebabkan oleh gaya penyampaian (performance) guru pada saat mengajar menggunakan metode pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton (lebih banyak ceramah kurang komunikatif dengan siswa). Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena banyak guru yang mengalami permasalahan seperti saya, sehingga praktik ini selain diharapkan dapat memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan guru lain. Peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah sebagai guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa dapat tercapai sesuai sesuai yang diharapkan 

Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut, siapa saja yang terlibat. Tantangan saat pelaksanaan praktik adalah * Peserta didik belum pernah membuat infografis menggunakan aplikasi canva dalam pembelajaran * Peserta didik sangat jarang melakukan pembelajaran praktik. * Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam diskusi kelompok dan kurang percaya diri dalam malakukan presentasi * Pemanfaatan TPACK yang masih rendah. . Siapa saja yang terlibat : 1. Guru : memberikan beberapa saran untuk dijadikan solusi dalam menghadapi tantangan atau permasalahan yang ditemukan 2. Rekan sejawat : rekan guru yang diajak bertukar pikiran dalam menemukan solusi permasalahan, desain yang menarik serta mendiskusikan model dan pendekatan pembelajaran apa yang sebaiknya diambil dalam pelaksanaan PPL 3. Peserta didik sebagai subjek utama dalam proses pembelajaran yang membantu dalam mewujudkan suasana pembelajaran yang kondusif 4. Tim IT sekolah yang berperan sebagai dokumentasi dalam kegiatan tersebut

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut, strategi apa yang digunakan, bagaimana prosesnya, apa saja sumber daya/materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi tersebut. 

Langkah -- Langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut 

1. Guru mempersiapkan perlengkapan dalam pembelajaran 

2. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang disesuikan dengan sintak model pembelajaran yang dirancang dalam modul ajar 

3. Menumbuhkan motivasi dan apresiasi kepada peserta didik agar percaya diri dan aktif dalam pembelajaran 

4. Menyajikan materi melalui video yang menyenangkan dan menarik bagi paserta didik 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun