LAPORAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN
Â
 ( NORMA DAN KEADILAN)
Oleh :
Dwi Ponco Wati, S.H.
NIP. 197810102022212015
Â
Â
Â
Â
SMP NEGERI 3 SRAGI
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PEKALONGAN
2022
HALAMAN PENGESAHAN
Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala SMP Negeri 3 Sragi menyatakan bahwa Media Pembelajaran "Alat Peraga Sederhana" adalah benar-benar karya yang dibuat oleh:
Nama             : Dwi Ponco Wati, S.H.
NIP Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 197810102022212015
Pangkat/Golongan : Penata Muda / IX
Unit Kerja         : SMP Negeri 3 Sragi
NUPTK` Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 9342756658300013
Telah diterima dan disahkan sebagai karya inovatif dalam kegiatan pembelajan mata pelajaran Pendidikan Pancaasila Kelas VII SMP Negeri 3 Sragi.
Sragi, Â 24 Agustus 2022
Kepala Sekolah,
Arifin, S.Pd., M.A.P.
NIP. 19680515 199412 1 005
HALAMAN PERNYATAAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa: Nama                : Dwi Ponco Wati, S.H.
NIP Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 197810102022212015
Pangkat/Golongan      : Penata Muda / IX
Unit Kerja             : SMP Negeri 3 Sragi
NUPTK` Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 9342756658300013
Telah membuat dan mempergunakan alat peraga "Alat Peraga Sederhana Norma dan Keadilan" dalam proses belajar mengajar di kelas.
Sragi, 24 Agustus 2022
Yang membuat pernyataan,
Dwi Ponco Wati, S.H.
NIP.197810102022212015
KATA PENGANTAR
Â
Puji Syukur bagi Allah Subhanahu wata'ala yang telah melimpahkan segala karunia dan rahmat-Nya sehingga penulis berkesempatan dapat menyelesaikan laporan karya inovasi yang berjudul "Alat Peraga sederhana ( Norma Dan Keadilan )". Laporan ini disusun untuk pengembangan profesi guru yaitu penerapan keterampilan guru dalam meningkatkan mutu belajar mengajar, dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pendidikan dan kebudayaan.
Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam kelancaran pembuatan media pembelajaran dan penulisan laporan ini, yakni kepada: Kepala SMP Negeri 3 Sragi yang selalu memberi semangat kepada penulis untuk mengembangkan diri dengan belajar dan terus belajar untuk masa depan. Dan teman sejawat sebagai kolaborator yang telah memberikan dukungan moral dan motivasi dalam penyelesaian laporan karya inovasi.
Akhir kata, penulis menyadari bahwasanya laporan ini tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, karena tidak ada sesuatupun di dunia ini yang lebih sempurna melainkan Allah Subhanahu wata'ala.
Sragi, 24 Agustus 2022
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN................................................................ 2
HALAMAN PERNYATAAN................................................................ 3
KATA PENGANTAR............................................................................... 4
DAFTAR ISI............................................................................................. 5
Nama Alat Peraga.............................................................................. 6
Latar Belakang.................................................................................. 6
Tujuan Pembuatan Alat Peraga......................................................... 6
Manfaat Pembuatan Alat Peraga....................................................... 7
Desain Alat Peraga............................................................................. 7
Prosedur Pembuatan Alat Peraga...................................................... 7
Cara Penggunaan Alat Peraga........................................................... 9
Refleksi Penggunaan Alat Peraga      9
ALAT PERAGA
Â
- Nama Alat Peraga : Alat Peraga Sederhana ( Norma Dan Keadilan )
Latar Belakang
Materi Norma yang berlaku didalam Masyarakat banyak dianggap peserta didik materi yang sulit dipahami. Dimana peserta didik harus benar benar memahami konsep dasar tentang norma dan mampu membedakan jenis jenis norma yang ada didalam masyarakat. Berdasarkan pembelajaran yang telah berlangsung pada materi norma yang berlaku didalam masyarakat, banyak ditemukan peserta didik belum mampu membedakan norma agama, norma, kesopanan, norma kesusdilaan, dan norma hukum. Â Sehingga dengan masalah tersebut, akan sangat menghambat peserta didik untuk memahami materi norma yang berlaku didalam masyarakat pada jenjang berikutnya seperti contoh contoh dalam penerapan kehidupan sehari hari.
Oleh karena itu, melalui alat peraga sederhana ( norma dan keadilan )ini diharapkan peserta didik dapat lebih mudah memahami konsep dasar Norma yang berlaku didalam masyarakat, Jenis jenis Norma, Contoh contoh norma dalam kehidupan sehari hari serta sanksi untuk pelanggaran dalam norma tersebut.
Tujuan Pembuatan Alat Peraga
Tujuan pembuatan alat peraga Alat Peraga Sederhana ( Norma Dan Keadilan )adalah sebagai berikut:
- Untuk mengoptimalkan proses penyampaian materi yang dilakukan oleh guru
- Untuk memudahkan peserta didik dalam menghafal Pengertian Norma
- Untuk membantu peserta didik dalam membedakan Jenis jenis Norma
Untuk menignkatkan motivasi belajar peserta didik dalam materi Norma yang berlaku didalam Masyarakat.
Manfaat Pembuatan Alat Peraga
Manfaat yang dapat diperoleh dari pembuatan media pembelajaran adalah sebagai berikut:
- Bagi Guru
- Dapat dijadikan alat dalam pembelajaran sehingga lebih menarik.
- Dapat lebih mudah dalam menjelesakan konsep materi Norma yang berlaku didalam Masyarakat kepada peserta didik
- Bagi Peserta Didik
- Lebih mudah memahami konsep Norma
- Lebih menarik untuk dipelajari sehingga peserta didik dapat lebih bersemangat
- Bagi Guru Lain:
- Dapat dijadikan rujukan dalam pembuatan alat peraga pembelajaran
Desain Alat Peraga
 Prosedur Pembuatan Alat Peraga
- Tahap Persiapan
Mempersiapkan alat dan bahan berupa:
- 1 lembar papan Sterofoam
- 1 Lembar karton warna Pink
- 1 lembar Bufallo berwarna biru
- 1 lembar HVS berwarna Pink
- 1 lembar HVS berwarna Hijau
- 1 lembar HVS berwarna Kuning
- 1 lembar HVS berwarna Biru
- Lem dan doubletip
1 spidol hitam
- Tahap Pembuatan
- Pasangkan karton berwarna pink di atas sterofoam hingga sterofoam tertutupi oleh karton seluruhnya bagian depan
- Membuat 4 amplop dari kertas hvs warna pink, biru, kuning, hijau kemudian setiap amplop di tulis angka 1,2,3, dan 4
- Tempelkan amplop yang sudah ditulis angka di atas sterofoam
- Menempel Jenis-jenis norma di atas kertas bufalo, dan selanjutnya digunting kemudian ditempel di atas karton
- Membuat kertas undian yang di tulis angka kemudin digulung,Â
- Lalu pasang tepat undian yaitu gelas bekas air mineral menggunakan dobel tip di bagian pojok baawah sebelah kanan
- Cara Penggunaan Alat Peraga
Cara penggunaan cukup mudah.
- Siswa untuk mengambil satu undian yang disediakan
- Selanjutnya kerjas undian dibuka untuk melihat angka yang di dapat.
- Kemudian pilih amplop sesuai dengan nomer undian yang dipilih, ambil isi yang ada di dalam amplop
- Siswa menempel
Refleksi Penggunaan Alat Peraga (Kelebihan dan Kelemahan)
Kelebihan:
- Memudahkan guru dalam mengenalkan kepada siswa dalam memahami norma-norma.
- Memudahkan siswa dalam memahami norma-norma
- memudahkan guru dalam mengajarkan tentang norma-norma di lingkungan kita
Kelemahan:
- Karena bahan yang digunakan menggunakan kertas,, sehingga amplop  di atas karton pink cenderung mudah sobek
- Hanya dapat mengenal beberapa norma
- Norma yang dicantumkan hanya noram agama, kesopanan, kesusilaan dan hukum.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H