Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

4 Kemampuan dalam Kecerdasan Emosi

29 April 2023   21:15 Diperbarui: 29 April 2023   21:16 784
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi bersalaman. ( Sumber gambar: Pixabay.com)

3. Memahami emosi, kemampuan memahami perbedaan antara jenis-jenis emosi dan bagaimana emosi tersebut mempengaruhi kita

Kemampuan ketiga yaitu memahami emosi. Hal ini terjadi ketika kita telah memahami perbedaan kompleksitas emosi yang kita rasakan. Kita sudah mampu menganalisis banyak perasaan seperti kesedihan, marah, dan kecemasan, serta memahami bagaimana emosi tersebut mempengaruhi tindakan kita.

Misalnya, ketika kita sedang marah dan kita mampu memahami penyebab serta dampak buruknya bagi kita, maka kita mampu mengambil jarak dari rasa marah tersebut dengan mudah. Sehingga kita akan berupaya berpikir jernih dan mencari jalan keluar untuk perasaan negatif tersebut. 

4. Meregulasi emosi, kemampuan untuk mengelola dan mengatur emosi untuk menyeimbangkan tindakan

Kemampuan yang keempat yaitu kemampuan untuk mengelola dan mengatur emosi atau yang dikenal juga dengan istilah managing dan regulation. Kemampuan ini terjadi ketika kita dapat mengontrol emosi agar tidak mempengaruhi tindakan kita.

Pada kemampuan ini, kita dapat dengan mudah mengendalikan kemarahannya dan berbicara dengan tenang dalam situasi konflik sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan lebih efektif. Kemampuan ini menjadi andalan bagi kita secara otomatis tidak terdampak oleh rasa marah sehingga memaafkan orang lain sangatlah mudah.

Beberapa penelitian populer di dalam kajian psikologi telah mendeskripsikan, bahwa kecerdasan emosi yang terdiri dari empat kemampuan tersebut menunjukan korelasi dengan keputusan seseorang untuk memaafkan orang lain.  Oleh karena itu, jika kita masih sulit memaafkan orang lain maka empat skill tersebut perlu kita pelajari lebih dalam.

Marendra Agung J.W

April 2023. 

Sumber konsep dapat dibaca di: 

Ni Made Taganing K, Memaafkan: Kaitannya dengan Empati dan Pengolaan Emosi, Proceeding PESAT (Psikologi, ekonomi, Sastra, Arsitektur, &Sipil) Vol. 3 Oktober 2009

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun