Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

5 Jenis Pertanyaan untuk Menguji Kemampuan Membaca Siswa

5 April 2023   05:34 Diperbarui: 10 April 2023   12:43 6166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 Jawaban dari pertanyaan kritis cenderung "terbuka" karena siswa bukan hanya memahami informasi pada teks namun juga menghubungkannya dengan pengetahuan yang dimilikinya di luar teks yang dibacanya.

 Jenis pertanyaan ini menguji kemampuan siswa bukan hanya dalam membaca tersurat dan tersirat namun juga kemampuan siswa dalam "membaca tersorot". 

Siswa dituntut untuk membaca teks dengan "menyoroti" bagian-bagian penting untuk dinilai lebih dalam. Guru dapat memberikan pertanyaan kritis kepada siswa untuk menguji pemahaman siswa dalam menilai kualitas informasi yang dibacanya.

 Contoh pertanyaan kritis dalam pembelajaran cerpen misalnya sebagai berikut:  

 a.      Ditinjau dari sudut pandang moral, siapakah tokoh yang paling bersalah dalam konflik cerita tersebut?
 b.      Apa kelebihan dan kelemahan cerpen tersebut berdasarkan aspek kebahasaan yang digunakannya?
 c.       Penggunaan kalimat yang tidak efektif terdapat pada cerpen tersebut yaitu pada bagian paragraf yang berbunyi ...

5. Pertanyaan kreatif

Pertanyaan kreatif dapat digunakan untuk menguji pemahaman membaca pada tingkat yang tinggi sebagaimana pertanyaan kritis. 

Jenis pertanyaan kreatif ini menguji pemahaman siswa bukan hanya dalam tataran analisis dan evaluatif namun juga produktif atau membuat. Guru dapat memberikan pertanyaan kreatif untuk menguji daya imajinasi dan logika berpikir siswa. 

Pertanyaan jenis ini akan menutut siswa untuk menghasilkan informasi dan gagasan baru berdasarkan hasil pembacaanya terhadap teks. Sehingga jawaban dari pertanyaan kritis cenderung terbuka namun tetap terikat logika dan relevansi makna.

Contoh pertanyaan kreatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran cerpen misalnya sebagai berikut :

a. Penutup yang tepat untuk kutipan cerita tersebut adalah ?
b. Dialog yang tepat untuk menggambarkan narasi cerita tersebut yaitu ?
C. Buatlah penyelesaian masalah yang tepat dari tokoh Ayah pada cerita tersebut ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun