Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

5 Jenis Pertanyaan untuk Menguji Kemampuan Membaca Siswa

5 April 2023   05:34 Diperbarui: 10 April 2023   12:43 6166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
5 Jenis Pertanyaan untuk Mengasah Kemampuan Membaca Siswa ( Ilustrasi: Pixabay.com)

Pertanyaan interpretatif  ini akan menguji pemahaman siswa pada tataran berpikir "memaknai" dan "mengidentifikasi" teks yang dibacanya.

Guru dapat memberi pertanyaan interpretatif kepada siswa tentang informasi yang berada di balik kalimat atau paragraf. Jenis pertanyaan interpretatif menuntut kecermatan siswa, dalam menghubungkan makna informasi tersurat dengan makna informasi yang tersirat dalam teks yang dibacanya.  Sebab, jawaban dari pertanyaan ini berisi informasi yang tidak dinyatakan secara langsung oleh penulisnya di dalam teks.

Contoh pertanyaan interpretatif dapat guru gunakan pada pembelajaran membaca teks cerpen, misalnya sebagai berikut:


a.  Maksud pernyataan tokoh utama dalam kutipan dialog berikut adalah?
b. Kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan tokoh ayah kepada tokoh anak pada cerita tersebut yaitu ...
c. Suasana tegang pada cerita tersebut terbangun dalam narasi yang terdapat pada paragraf ke ...

3. Pertanyaan Integratif

Pertanyaan integratif dapat digunakan untuk menguji pemahaman komprehensif siswa. Jenis pertanyaan ini memiliki kesamaan dengan interpretatif, yaitu menuntut siswa untuk memahami informasi tersurat kemudian menghubungkannya dengan informasi tersirat.


Jenis pertanyaan integratif ini menguji kemampuan siswa dalam "menyimpulkan" dan "merefleksikan" informasi berdasarkan informasi yang dibacanya. 

Dalam konteks pembelajaran cerpen, guru dapat memberi pertanyaan integratif untuk menguji apakah siswa memahami cerita secara holistik, yaitu memahami keseluruhan unsur-unsur yang membangun cerpen.  

Pertanyaan ini akan menuntut jawaban berupa informasi yang diperoleh tidak sepotong-potong, sehingga siswa mampu menghubungkan informasi satu dengan informasi yang lain pada teks yang dibacanya.

Contoh pertanyaan integratif dalam pembelajaran cerpen yang dapat digunakan oleh guru misalnya sebagai berikut:

a.      Penulis menceritakan tentang fenomema apa dalam cerpen tersebut ?
b.      Apa pesan moral yang hendak disampaikan pengarang dari cerpen tersebut?
c.       Bagaimana kritik sosial yang terkandung pada  cerpen tersebut ?

4. Pertanyaan kritis
 
Pertanyaan kritis dapst digunakan untuk menguji pemahaman membaca  pada tingkat yang lebih tinggi, baik dari pertanyaan literal maupun interpretatif dan integratif. Pertanyaan kritis menguji pemahaman siswa pada tataran "analisis" dan "evaluatif."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun