Bon adalah salah satu istilah yang identik dengan berutang. Kita mengambil barang dari sebuah tempat usaha tertentu seperti kios atau toko, dan kita membayarnya di kemudian hari. Pastinya, ada kesepakatan yang mengikat kedua belah pihak.
Praktik ini sendiri tidak begitu ramah untuk pelaku usaha bisnis, terutama usaha bisnis kecil. Bagaimanapun, pelaku bisnis ingin agar usaha mereka berjalan seturut prosedur yang lancar. Makanya, tulisan "Di sini tidak melayani bon!" kerap terpampang di tempat usaha tersebut. Tujuannya, menjauhi kencenderungan masyarakat agar tidak mengebon.
Saya masih memerhatikan tulisan ini di beberapa kios di Manggarai, Flores. Biasanya ditempatkan di tempat yang strategis agar memungkinkan orang untuk melihat dan membacanya.
Atau juga, tujuannya untuk menyadarkan masyarakat tentang bagaimana berbisnis. Prinsipnya, transaksi bisnis bergerak jika ada uang. Kalau tidak ada, transaksi ditangguhkan. Â
Praktik bon bukan hal yang baru di tengah masyarakat. Ini sudah menjadi hal yang familiar dan bahkan sangat praktis untuk dijalankan, terlebih khusus untuk kehidupan rumah tangga. Â
Pas kita membutuhkan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti gula dan garam tetapi kita tidak mempunyai persediaan uang yang pas, kita bisa datang untuk mengebon ke kios terdekat. Jika sudah ada uang, kita bisa membayarnya.Â
Keluarga kami juga sangat akrab dengan praktik bon. Ada sebuah keluarga dari Pulau Jawa yang bermigrasi ke Manggarai di tahun 90-an. Mereka membangun usaha kecil seperti kios dan bisnis penjualan baju.
Rumah mereka berdekatan dengan rumah kami. Kalau ada barang baru seperti baju model baru, keluarga ini selalu memberitahu kepada orangtua kami. Karena ini, keluarga itu menjadi dekat dengan orangtua kami.
Kedekatan tersebut membuat keluarga kami pun dipercayai untuk mengebon barang di kios mereka atau juga mengebon baju-baju baru.
Saya masih ingat sewaktu saya dan saudara-saudara saya merasakan sistem bon. Kami biasanya diutus oleh orang tua pergi ke kios dari keluarga ini.
Biasanya, sebelum kami menunjukkan barang yang dibutuhkan, kami selalu menyampaikan bahwa orangtua mau mengebon. Setelah diiakan, kami pun menyebutkan barangnya.
Kepercayaan keluarga ini mungkin hadir karena kedua orangtua kami adalah pegawai negeri sipil. Jaminannya ada. Paling tidak setiap akhir bulan, bon yang diambil di kios mereka bisa dibayar.
Maka dari itu, kios ini tidak menerapkan aturan bon untuk semua keluarga yang berada di sekitar mereka. Hanya untuk beberapa keluarga saja.
Menariknya, di depan kios itu tertulis bahwa mereka tidak melayani bon atau berutang. Namun, faktanya mereka masih memberlakukan sistem bon pada keluarga tertentu saja. Dua sisi yang berbeda dengan pendekatan yang berbeda. Tujuannya tetap sama yakni agar roda bisnis terus berjalan.
Faktanya, sistem bon kerap menjadi ancaman serius yang bisa menghancurkan usaha bisnis. Apalagi jika di balik berutang itu tidak ada jaminan tertentu yang memungkinkan untuk pembayaran. Tidak heran, pemilik usaha bisnis kerap merengut jika mendengar kata bon atau berutang.Â
Jangan salahkan pemilik bisnis apabila keinginan mengebon tidak dikabulkan. Ini bisa terjadi karena merasa cemas jika utang itu tidak dibayar. Maka dari itu, perlu mendapat kepercayaan dari pemilik bisnis jika ingin berutang dan mengebon.Â
Kepercayaan itu bisa terlahir dengan membayar utang tepat waktu dan memiliki jaminan yang terpercaya, seperti pendapatan tetap. Tetapi kalau tidak, pelaku bisnis pasti ragu untuk mengiakan permintaan untuk bon atau berutang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H