Assalamualaikum wr. wb.
Salam guru hebat!
Guru Penggerak, Tergerak, Bergerak, Menggerakkan!
Materi modul 1.3 Visi Guru Penggerak yang sudah saya pelajari dan semoga saya dapat menerapkannya dalam keseharian saya sebagai guru di sekolah. Saya menuliskan refleksi dari pembelajaran kali ini dengan menggunakan model Segitiga.
Setelah pembelajaran ini saya mampu ...
Setelah pembelajaran modul visi guru penggerak saya mampu merumuskan visi yang berpihak pada murid. Untuk dapat mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan proses perubahan, maka perlu sebuah pendekatan atau paradigma. Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan. Pendekatan yang digunakan adalah Inkuiri Apresiatif (IA). IA dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. IA menerapkan konsep BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi).
Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran modul ini ...
Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran modul ini, saya merasa senang karena saya menjadi tahu bagaimana cara seharusnya merumuskan visi yang berpihak kepada murid. Dalam merumuskan visi ternyata tidak asal, karena harus sesuai dengan kondisi lingkungan murid dan sekolah. Setelah visi terbentuk maka dilanjutkan dengan membuat prakarsa perubahan yang akan dilakukan menggunakan tahapan BAGJA. Pada tahapan ini bagian yang sulit karena memerlukan pemikiran dalam menggali kekuatan positif dari aset sekolah.
Setelah melakukan pembelajaran modul ini terget saya selanjutnya adalah ...
Setelah melakukan pembelajaran modul ini terget saya selanjutnya adalah membuat visi pribadi yang berpihak pada murid yang akan saya terapkan. Visi yang akan saya buat merupakan visi mata pelajaran yang saya ampu. Kenapa visi ini sangat penting, karena saya memiliki impian tentang murid. Saya ingin memiliki murid yang berakhlak mulia, mandiri, dan berprestasi baik akademik maupun non akademik.
Setelah pembelajaran modul ini saya memahami bahwa ...
Setelah pembelajaran modul ini saya memahami bahwa visi merupakan bagian penting dalam suatu organisasi. Pendidikan merupakan kegiatan yang memiliki tujuan penting. Tentunya harus dibuat visi yang berpihak pada murid. Saya memahami visi harus dijalankan dengan misi-misi yang akan dilakukan. Dalam menentukan misi dilakukan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) dengan model tahapan BAGJA. IA menekankan pada kekuatan positif pada aset sekolah.
Demikian refleksi yang saya sampaikan. Terima Kasih