Mohon tunggu...
Mohammad Dori Julianto
Mohammad Dori Julianto Mohon Tunggu... Guru - Guru Matematika SMPN 3 Tegalbuleud Satu Atap Kabupaten Sukabumi

Praktisi Pendidikan yang gemar menulis dan membaca serta olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul 1.3 Jurnal Refleksi Dwi Mingguan

6 Mei 2024   13:25 Diperbarui: 6 Mei 2024   13:34 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum wr. wb.

Salam guru hebat!

Guru Penggerak, Tergerak, Bergerak, Menggerakkan!


Materi modul 1.3 Visi Guru Penggerak yang sudah saya pelajari dan semoga saya dapat menerapkannya dalam keseharian saya sebagai guru di sekolah. Saya menuliskan refleksi dari pembelajaran kali ini dengan menggunakan model Segitiga.

Dokumen Penulis
Dokumen Penulis

Setelah pembelajaran ini saya mampu ...

Setelah pembelajaran modul visi guru penggerak saya mampu merumuskan visi yang berpihak pada murid. Untuk dapat mewujudkan visi sekolah impian dan melakukan proses perubahan, maka perlu sebuah pendekatan atau paradigma. Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan. Pendekatan yang digunakan adalah Inkuiri Apresiatif (IA). IA dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. IA menerapkan konsep BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi).

Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran modul ini ...

Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran modul ini, saya merasa senang karena saya menjadi tahu bagaimana cara seharusnya merumuskan visi yang berpihak kepada murid. Dalam merumuskan visi ternyata tidak asal, karena harus sesuai dengan kondisi lingkungan murid dan sekolah. Setelah visi terbentuk maka dilanjutkan dengan membuat prakarsa perubahan yang akan dilakukan menggunakan tahapan BAGJA. Pada tahapan ini bagian yang sulit karena memerlukan pemikiran dalam menggali kekuatan positif dari aset sekolah.

Setelah melakukan pembelajaran modul ini terget saya selanjutnya adalah ...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun