Mohon tunggu...
Dora Anggraini
Dora Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Pendidikan Matematika Unissula 2021

Mahasiswi Pendidikan Matematika Unissula 2021 Dosen Pengampu : Nila Ubaidah, S. Pd. M. Pd Nama Mahasiswa : Dora Anggraini ( 34202100025)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengulik Fakta Matematika Kontemporer

28 Desember 2022   00:00 Diperbarui: 28 Desember 2022   00:03 520
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dunia pendidikan menjadi topik pembahasan yang sangat menarik sehingga tidak ada habisnya untuk diulik lebih dalam. Pendidikan merupakan tonggak utama untuk menjalani kehidupan. Sehingga, tidak heran kita sudah dikenalkan dengan dunia pendidikan sejak kecil pada Lembaga pendidikan yang kita sebut dengan sekolah.  Kualitas suatu negara dapat dilihat dari bagaimana pendidikan itu berjalan di negara tersebut. Maka dari itu hampir semua negara berlomba- lomba untuk memperbaiki kualitas pendidikannya.

Dalam dunia pendidikan tentu tidak akan terlepas dari peran seorang guru. Guru menjadi sosok yang berperan sebagai transfer of knowlage and value. Disadari atau tidak di era modern dengan berbagai perkembangan yang diciptakan seperti ini guru dapat memanfaatkan perkembangan tersebut dalam pembelajaran. Namun, pada kenyataannya tidak semua guru mau dan mampu untuk memanfaatkan perkembangan yang ada karena, sebagian diantaranya sudah nyaman menggunakan sistem pendidikan zaman dulu akibat malas untuk berinovasi. Inovasi dalam pembelajaran merupakan cara yang digunakan agar anak- anak dapat menikmati, mendalami, dan menjiwai pembelajaran tersebut.   

Salah satu mata pelajaran yang menarik untuk dibahas adalah matematika.Ya, siapa yang tak kenal dengan mata pelajaran yang sering ditakuti kebanyakan siswa ini. Mata pelajaran yang identik dengan rumus, hafalan dan perhitungan yang membosankan. Stigma negatif yang tertanam lama pada matematika tersebut harus mulai dihilangkan, karena nyatanya matematika dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan. Apalagi dengan teknologi yang semakin canggih dapat dijadikan sebagai terobosan baru dalam menciptakan pembelajaran matematika yang mengasyikkan. Untuk itu guru dituntut untuk kreatif, adaptif, dan inovatif dalam melakukan pembelajaran menggunakan media, metode dan strategi pembelajaran. Karena inovasi pembelajaran menjadi bukti profesionalitame seorang guru. Banyak sekali media- media yang ada di internet yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pembelajaran dengan lebih menarik. Beberapa diantara nya adalah quiziz, menti meter, kahoot, padlet dan lain- lain.

Matematika menjadi penting di era modern ini, dikarenakan perannya yang tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Matematika di era modern berfungsi sebagai landasan dasar cara pikir manusia dalam memecahkan masalah, matematika dapat dijadikan tolak ukur kecepatan seseorang menyelesaikan suatu permasalahan dengan logis dan teliti.

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dengan mempelajari matematika diantaranya, melatih pikiran kita untuk kritis dalam memecahkan masalah, melatih kelogisan kita dalam berpikir, melatih ketelitian, kedisiplinan, kesabaran dan melatih keobjektifan berpikir dalam menyelesaikan permasalahan berdasarkan fakta yang ada. Skill penting yang harus dimiliki manusia khususnya di era indutri ini adalah problem solving. Untuk menghadapi zaman modern ini, kemampuan pemecahan masalah, baik masalah besar maupun  kecil. Problem solving dapat mulai diajarkan pada bangku sekolah dengan cara pengajarannya yang dapat disesuaikan dengan usia dan lingkungan mereka.

Salah satu negara tetangga kita yaitu Singapura yang menjadi salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik didunia khusunya matematika. Salah satu metode pembelajaran matematika yang terkenal disana adalah Singapore Math. Singapore Math berfokus pada pembangunan keterampilan matematika dasar.Siswa yang diajarkan untuk berfokus pada konsep kunci secara lebih mendalam menggunakan tiga langkah pendekatan belajar yaitu konkret, bergambar, dan abstrak. Konsep kunci ini diajarkan kepada siswa dengan harapan agar mereka dapat menguasai bagaimana konsep ini bekerja dan mengapa konsep ini digunakan.

Dalam sistem Matematika Singapura terdapat dua konsep kunci yaitu konsep keseluruhan dan bagian, dan konsep perbandingan. Konsep keseluruhan dan bagian, dengan konsep ini seseorang akan diajarkan untuk memahami konsep " bagian ", dan bahwa jumlah bagian- bagian tersebut menjadi "keseluruhan". Konsep keseluruhan dan bagian ini dapat digunakan dalam pertambahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. Selanjutnya Konsep Perbandingan yang mana konsep ini dapat digunakan untuk penjumlahan, pengurangan, pembagian,dan perkalian.

Harapannya anak nyaman menggunakan konsep ini. Nah, setelah siswa nyaman menggunakan dua konsep tersebut untuk menyelesaikan soal-soal matematika dasar, mereka juga dapat mengunakannya untuk memecahkan soal mengenai pecahan, rasio, dan desimal.

Sama halnya dengan Singapore Math, Matematika Kontemporer atau Matematika Modern juga menekankan pada pembelajaran struktur matematika secara keseluruhan. Siswa di didik dan di ajarkan supaya mengetahui dan memahami sifat- sifat yang berlaku pada sistem Matematika, sistem bilangan, dan lain lain. Metode pengajarannya yaitu metode modern yang mana materi yang diajarkan banyak yang baru.

Matematika Kontemporer adalah proses transisi dari matematika tradisional, karena adanya ketidak puasan terhadap matematika tradisional, yang membuat Amerika tertinggal jauh dari Rusia ( Dimana saat itu terjadi perang dingin antara keduanya). Perang dingin ini diawali oleh Amerika yang mengadakan revolusi pendidikan, salah satunya perbaikan kurikulum matematika, dengan memasukan teori bilangan, metode numerik, modelling mathematic, dan statistika, ditambah lagi penemuan terbesarnya yaitu komputer. Yang mana fungsi dari komputer itu sendiri adalah untuk mempermudah perhitungan dan pemungutan simulasi dari setiap permasalahan.

Berikut dapat kita lihat apa saja pembelajaran baru yang kita dapatkan dari matematika kontemporer :

  • Mengikuti perkembangan zaman atau contructivism
  • Matematika dipelajari sesuai dengan kebutuhan dalam pengaplikasiannya dalam kehidupan
  • Menekankan pada pemahaman konsep matematika
  • Memanfaatkan teknologi
  • Siswa diajarkan konsep dasar dengan dibarengi mengerjakan permasalahan matematika
  • Menekankan pada mengapa masalah itu diselesaikan ini juga sebagai jalan untuk mengajarkan siswa cra berpikir kritis
  • Siswa diajarkan untuk menyelesaikan masalah dengan berpikir matematis
  • Pembelajaran dilakukan dalam bentuk penelitian, kerja kelompok, penemuan, dan guru dijadikan sebagai fasilitator.
  • Pendekatan materi yang digunakan pada matematika kontemporer adalah matematika deduktif

Dalam mempelajari matematika kontemporer kita akan mempelajari juga Teori Pembelajaran Matematika. Mengapa mempelajari teori pembelajaran matematika penting ?, Untuk dapat menyiapkan pembelajaran yang efektif, tentu kita butuh pemahaman tentang bagaimana siswa belajar matematika. Karena kenyataannya, pemahaman dan keyakinan guru terhadap matematika dan tujuan dibalik praktik pembelajaran lebih penting dari pada praktik pembelajaran itu sendiri. Hal ini bukan tentang bagaimana cara guru mengajar di kelas, tapi keyakinan guru untuk mengajarkan cara pikir yang kritis. Dimana peran teori ini sebagai latar belakang pratktik pembelajaran matematika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun