Mohon tunggu...
Dony Azhari Editor
Dony Azhari Editor Mohon Tunggu... Mahasiswa - Profil Singkat

Edukasi Bagi Anak Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Kepada Generasi Z di Rumah Inspirasi Cahaya Hati

26 Desember 2022   15:56 Diperbarui: 26 Desember 2022   16:01 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dalam Optimalisasi Produk Usaha Melalui Multimedia Digital

            Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi S-1 Manajemen Universitas Pamulang, dengan tema pengabdian " Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Kepada Generasi Z Di Rumah Inspirasi Cahaya Hati Dalam Optimalisasi Produk Usaha Melalui Multimedia Digital" pada  pengurus Rumah Inspirasi Cahaya Hati Komplek Inkopad Blok F12 No. 15 Rt 13 Rw 09 Kec. Tajur Halang Kab. Bogor selama 2 hari yaitu pada tanggal 19 sampai dengan 20 November 2022.

           Pengabdian ini diketuai oleh Susilawati, S.E., M.M., adapun anggota pengabdian terdiri dari 2 anggota yaitu Abdul Azis, S.E., M.M., dan Fathan Arif, S.E., M.M. sebagai pemateri dalam kegiatan pegabdian, serta mahasiswa Unpam membantu dalam bagian dokumentasi, dan kelengkapan lainnya dalam menunjang proses berjalannya pengabdian ini.

         Kegiatan PKM yang dilakukan tim Pengabdian dosen dan mahasiswa Unpam bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta pemahaman kepada para Remaja di Rumah Inspirasi Cahaya Hati Komplek Inkopad Blok F12 No. 15 RT 13 RW 09 Kec. Tajur Halang Kab. Bogor agar dapat memahami pemanfaatan media sosial dalam optimalisasi produk usaha melalui multimedia digital dan memahami kendala yang terjadi serta solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang timbul dalam penggunaan media sosial tersebut. Pemberian materi dilakukan oleh narasumber dari Unpam yaitu Susilawati, S.E., M.M., Abdul Azis, S.E., M.M., dan Fathan Arif, S.E., M.M.

Dalam Optimalisasi Produk Usaha Melalui Multimedia Digital
Dalam Optimalisasi Produk Usaha Melalui Multimedia Digital

         Sebagai pembuka kegiatan sekaligus mewakili dosen untuk memberikan sambutan pada kegiatan PKM ini, Fathan Arif, S.E., M.M dalam awal sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dede Iwanah, M. Pd selaku Pimpinan Rumah Inspirasi Cahaya Hati (RICH) karena kesempatan yang diberikan dalam penyelenggaraan Pengabdian Masyarakat, dan berharap agar ilmu yang disampaikan oleh pemateri nantinya bermanfaat bagi peserta didik dan seluruh remaja di sekitar Rumah Inspirasi Cahaya Hati (RICH).

        Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun, secara umum program ini dirancang untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kita akan memahami bahwa diri kita adalah orang yang luar biasa ketika kita mendedikasikan diri untuk membuat orang lain menjadi luar biasa. Kemudian sambutan ditutup dengan pemberian cenderamata oleh Fathan Arif, S.E., M.M kepada Ibu Dede Iwanah, M. Pd sebagai kenang-kenangan.

       Dalam penyampaian materi Susilawati, S.E., M.M. menyampaikan bahwa Information and Communication Technology (ICT) yang berkembang pesat telah menyentuh seluruh aspek dalam kehidupan kita saat ini dan sangat mempengaruhi proses serta gaya komunikasi kita. Dari perspektif komunikasi, sosial media berperan bukan hanya sebagai media komunikasi tetapi mampu membentuk publisitas dan pencitraan individu. Oleh karena itu, maka generasi Z harus dapat memanfaatkan ICT dalam dunia usaha dan bisnis serta dapat lebih bijak dalam penggunaan media sosial.

Dalam Optimalisasi Produk Usaha Melalui Multimedia Digital
Dalam Optimalisasi Produk Usaha Melalui Multimedia Digital

       Sementara itu Abdul Azis, S.E.,  M.M., menyampaikan bahwa dalam perkembangan bisnis di era Industry 5.0 saat ini sudah sangat berkembang, bahkan banyak dari semua kalangan masyarakat yang sudah berani terjun ke dunia bisnis, tidak terkecuali anak - anak muda, yang sekarang dinobatkan menjadi generasi Z. Dengan perkembangan teknologi di bidang multimedia, seperti: tablet, smartphone, media sosial dan TV layar datar, anak muda Gen Z sudah terbiasa berinteraksi dan berkomunikasi di dunia yang terkoneksi setiap saat. Gen Z sekarang ini sudah mendominasi jumlah penduduk yang ada di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sebanyak 27,94%, jumlah Generasi Z yang berada di Indonesia dan angka ini merupakan yang terbesar dari jumlah generasi lainnya. Mendominasi-nya kalangan Gen Z di Indonesia ini dapat mempengaruhi pertumbuhan negara, salah satunya dibidang ekonomi. Berdasarkan penjelasan mengenai Gen Z dapat kita ketahui bahwa ada peluang besar bagi generasi ini untuk memulai suatu bisnis dan mengoptimalkan produk usahanya, dengan kedekatannya terhadap teknologi, yaitu dapat dilakukan dengan memulai dari usaha kecil atau yang di sebut juga small business.

      Tahapan PKM selanjutnya adalah melaksanakan diskusi, Tanya Jawab dan Bimbingan konsultatif terkait pemanfaatan media sosial, optimalisasi produk usaha melalui multimedia digital dan kendala yang terjadi di dalam penggunaan media sosial terkait optimalisasi produk usaha melalui multimedia digital. Dalam kesempatan ini Abdul Azis, S.E.,  M.M dan Susilawati, S.E., M.M. juga memberikan bingkisan kepada beberapa peserta PKM yang sangat antusias dan mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.

      Kegiatan PKM oleh dosen Prodi S-1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang dapat membuahkan hasil yang positif, hal ini terlihat dari respon peserta yang sangat baik dalam kegiatan ini. Terlihat ketika pemateri menanyakan penerapan dan sosialisasi pemanfaatan media sosial kepada generasi Z di Rumah Inspirasi Cahaya Hati dalam optimalisasi produk usaha melalui multimedia digital, seluruh peserta PKM Rumah Inspirasi Cahaya Hati berlomba-lomba dalam memberikan respon yang cepat dalam menangkap dan dengan mudah menerima pengetahuan dari materi tersebut.

     Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan dan wawasan peserta PKM dalam pemanfaatan media sosial terkait optimalisasi produk usaha melalui multimedia digital. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pemahaman serta melatih peserta dalam menelaah untuk dapat memecahkan setiap masalah yang ada didalam dunia usaha, meningkatkan pemahaman dalam pemanfaatan media sosial  dalam rangka membentuk perilaku serta memotori berwirausaha sehingga menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Penulis

 

Abdul Azis, S.E., M.M. 

( Dosen Program Studi S-1 Manajemen, Universitas Pamulang)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun