Mohon tunggu...
Dongeng Kopi
Dongeng Kopi Mohon Tunggu... Pramusaji - Berbiji baik, tumbuh baik!

Kedai Kopi yang terintegrasi dengan Taman Baca Alimin, serta Rumah Sangrai yang menghasilkan aneka kopi biji dan bubuk. Ruang paling pas untuk buku, kopi dan komunitas. Hadir di Umbulmartani, berada di kaki Merapi, dan Sasana Krida Dongeng Kopi Roastery di Tirtomartani, 700 meter dari Candi Kedulan, 5 Kilometer dari Candi Prambanan. Keduanya ada di Sleman Jogjakarta

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dongeng Kopi Bersama Komunitas Kopi Nusantara Edukasi Kopi di Teladan Expo

19 Desember 2022   03:37 Diperbarui: 19 Desember 2022   06:54 602
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berfoto Bersama Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang juga salah satu Alumnus SMA 1 Teladan Yogyakarta/dokpri

Berlangsung 4 hari dari Rabu sampai Sabtu, 14 -17 di Teladan Expo, Dongeng Kopi terlibat sebagai tim edukasi kopi Komunitas Kopi Nusantara (KKN). Menghadirkan Renggo Darsono, dan Ayuri Murakabi dari Dongeng Kopi, Agus Prasetyo Dosen Prodi Seni Kuliner Akademi Kesejahteraan Sosial Yogyakarta, Yopi delumpang dari Yopi Kopi, Andri dari Lintring Kopi, menambah semarak acara yang dipuncaki dengan reuni akbar tepat di akhir pekan. 

Wisnu Birowo, ketua Komunitas Kopi Nusantara mengungkapkan bahwa partisipasi KKN di agenda ini adalah jawilan dari Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY), bagian dari turut mangayubagya sekaligus ruang sosialisasi kopi kepada khalayak banyak. 

Sebab, tidak hanya edukasi kopi, di tiap harinya kami juga membagikan kopi ratusan untuk bisa dinikmati semua orang. Mulai dari siswa, alumnus maupun pengunjung rangkaian acara yang juga menampilkan berbagai booth UMKM dalam perayaan Lustrum 13 SMA 1 Teladan Yogyakarta.

Sesi Uji Cita Rasa yang diampu oleh Agus Prasetyo/dokpri
Sesi Uji Cita Rasa yang diampu oleh Agus Prasetyo/dokpri

Ada tiga sesi pelaksanaan edukasi kopi diantaranya adalah sesi uji cita rasa yang diampu oleh Agus Prasetyo, sesi Manual Brew yang digawangi oleh Ayuri Murakabi, serta sesi Dasar Espresso yang disampaikan oleh Yovie. 

Selama tiga hari berlangsung antusiasme peserta banyak didapati adalah para siswa yang jumlahnya mencapai 864 siswa. Sesi yang dimulai dari pukul 14:00 WIB berhasil menyedot animo pengunjung untuk mengenal soal kopi berikut tekniknya, sekaligus mencicip aneka produk kopi nusantara yang terpampang di etalase samping meja bar.

Sesi Kelas Bersama Ayuri Murakabi/dokpri
Sesi Kelas Bersama Ayuri Murakabi/dokpri

Renggo Darsono mengungkapkan, bahwa etalase yang terpajang itu adalah kopi kopi terbaik hasil dari kompetisi kopi nusantara yang berlangsung saat Jogja Coffee Week 2022 agar bisa dinikmati oleh khalayak banyak. Selama proses edukasi, kopi-kopi tersebut disajikan dan dibagikan serta digunakan untuk latihan para peserta. Pada acara puncak, kopi-kopi kemasan 100 gram tersebut tandas diborong para alumni sebagai buah tangan. 

Suasana Edukasi Kopi Saat Reuni Akbar di Hari Sabtu, 17 Desember 2022/dokpri
Suasana Edukasi Kopi Saat Reuni Akbar di Hari Sabtu, 17 Desember 2022/dokpri

Tentu ini menjadi satu apresiasi yang bagus terkait kopi Indonesia dengan banyaknya para alumnus yang memborong, sekaligus tanda bahwa minat kopi murni mulai meningkat, tandas Andri di sela-sela acara saat duduk di angkringan Sellie yang berada di sayap kiri aula SMA 1 Teladan Yogyakarta. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun